Iron: Alternatif untuk Google Chrome?

Browser alternatif Google Chrome

Browser alternatif Google Chrome

Apakah anda suka menggunakan Google Chrome, namun tidak suka dengan berbagai tool “mata-mata” Google yang terintegrasi dengan browser tersebut? Kini anda bisa mencoba Iron, sebuah browser baru berbasis proyek Chromium – yang juga basis dari Google Chrome. Berbeda dengan Google Chrome, Iron sudah dilengkapi dengan AdBlocker dan bersih dari semua tool “mata-mata” Google. Anda bisa lihat daftar lengkap Chrome vs Iron di sini.

Tertarik untuk mencobanya? Silakan unduh berkas instalasinya atau versi portabelnya di sini. Sayangnya Iron hingga saat ini hanya tersedia untuk Windows XP dan Vista. Saya sudah coba menggunakan WINE pada Ubuntu namun ternyata Iron tidak dapat berjalan dengan “benar” di sana.

Terus terang, ketika saya menggunakan Windows, saya sangat menyukai tampilan dan kecepatan Google Chrome saat memuat halaman web – mengesampingkan tool “mata-mata” Google. Saat ini saya lebih sering menggunakan Ubuntu untuk bekerja, dan saya rindu dengan Google Chome. Saya sudah mencoba Crossover Chromium maupun Chromium versi alpha yang tersedia di repositori Ubuntu, namun keduanya tidak membuat saya puas. Google Chrome juga tidak dapat berjalan dengan baik pada WINE. Hmm ….

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Internet, Linux dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan komentar