Cara Memutar Video H.264 10-bit (Hi10P) dengan MPlayer2 pada Ubuntu

Artefak muncul pada video Hi10P yang diputar pada VLC Media Player 1.1

Artefak muncul pada video Hi10P yang diputar pada VLC Media Player 1.1

Note: Ini sebenarnya catatan pribadi saya sendiri, jadi mohon maaf, saya tidak bisa menjawab pertanyaan anda apabila anda bermasalah pada saat mengikuti panduan ini. Panduan ini sendiri sudah dicoba pada Ubuntu 10.04.3 LTS Lucid Lynx. ^^

Belakangan ini, saya mendapati beberapa video anime yang saya unduh dari internet menggunakan “format” baru dengan sebutan Hi10P, atau sering juga disebut 10-bit, dan video tersebut rata-rata tidak bisa diputar pada pemutar video biasanya. Apa itu Hi10P?

Sebenarnya, Hi10P (singkatan dari High 10 Profile) adalah salah satu profil pada standar kompresi video H.264/AVC, dan bukan sebuah format video baru. Pada dasarnya, profil Hi10P ini menggunakan 10-bit untuk merepresentasikan tingkat kedalaman warna pada setiap frame video. Keuntungannya, ukuran berkas (file) video bisa diperkecil dengan tanpa mengorbankan kualitas video itu sendiri.

Permasalahannya, sebagian besar (kalau tidak semua) pemutar video tidak mendukung profile Hi10P, sehingga ketika video yang diproses dengan profile tersebut akan terlihat pecah-pecah dan muncul artefak di mana-mana, atau kemungkinan terburuknya, video tersebut malah tidak bisa diputar.

Kalau anda ingin tahu lebih lanjut mengenai Hi10P, silakan coba kunjungi halaman ini atau Wikipedia. ^^

OK, sekarang untuk solusinya … ada beberapa cara agar mesin Ubuntu (atau Linux) anda dapat memutar video dengan profile Hi10P. Cara pertama adalah menginstalasikan VLC Media Player versi 1.2 yang statusnya masih eksperimental (tidak stabil), dan cara kedua adalah dengan menginstalasikan MPlayer2, yang merupakan proyek percabangan dari MPlayer. Saya hanya membahas cara kedua pada artikel ini. ^^

Sebelum menginstalasikan MPlayer2, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui:

  • Instalasi MPlayer2 akan menimpa (replace) MPlayer, apabila anda sudah pernah menginstalasikan MPlayer sebelumnya.
  • Sebelum mengikuti panduan ini, sebaiknya uninstall MPlayer terlebih dahulu, apabila anda sudah pernah menginstalasikannya.
    sudo apt-get remove mplayer gnome-mplayer
  • Ada kemungkinan sistem GStreamer pada sistem anda akan “bentrok” dengan MPlayer2 – walaupun saya sendiri tidak mengalaminya.

Ada dua cara untuk menginstalasikan MPlayer2 ini: dengan atau tanpa menggunakan repositori PPA.

Cara 1: Menggunakan Repositori PPA

Buka terminal, lalu masukkan perintah berikut:

sudo apt-add-repository ppa:ripps818/coreavc

Tunggu beberapa saat sampai sistem selesai menambahkan PPA, lalu masukkan perintah berikut:

sudo apt-get update

Tunggu beberapa saat sampai sistem selesai memperbarui data repositori, lalu masukkan perintah berikut:

sudo apt-get install mplayer gnome-mplayer

Setelah proses instalasi selesai, silakan buka Applications | Sound and Video | GNOME MPlayer, dan selamat menonton video Hi10P! ^^

Cara 2: Tanpa Menggunakan Repositori PPA

Masuk ke halaman repositori ini: https://launchpad.net/~ripps818/+archive/coreavc/+build/2830477 lalu cari bagian Built files, dan unduh semua berkas .deb di sana (ada 4 berkas). Setelah selesai mengunduhnya, klik ganda masing-masing berkas dengan urutan sebagai berikut:

  1. mplayer-dbg
  2. mplayer-doc
  3. mplayer-nogui
  4. mplayer_2.0

Setelah proses instalasi keempat berkas tersebut selesai, buka terminal dan masukkan perintah berikut:

sudo apt-get install gnome-mplayer

Setelah proses instalasi selesai, silakan buka Applications | Sound and Video | GNOME MPlayer, dan selamat menonton video Hi10P! ^^

Semoga panduan ini bisa membantu anda dalam memutar video H.264/AVC dengan profile Hi10P.

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Guide, Linux dan tag , , , , . Tandai permalink.