Cara Menggunakan Modem USB 3G/HSDPA dan CDMA/EVDO pada Ubuntu

Modem USB HSDPA Sierra 885 pada netbook saya

Modem USB HSDPA Sierra 885 pada netbook saya

Saya sering mendengar/membaca mengenai para pengguna Ubuntu yang mengeluhkan tentang cara menggunakan modem USB 3G/HSDPA atau CDMA/EVDO pada Ubuntu, terutama di Facebook Page Komunitas Ubuntu Indonesia. Pada tulisan ini, saya akan coba membantu dengan memberikan  panduan umum tentang cara melakukan konfigurasi modem USB 3G/HSDPA atau CDMA/EVDO pada Ubuntu.

Sebelum mulai, ada baiknya anda melihat daftar perangkat modem yang sudah diujicoba oleh pengguna Ubuntu lain. Mungkin ada konfigurasi khusus yang dibutuhkan oleh perangkat modem USB anda di sana.

Panduan berikut ini saya coba pada Ubuntu 10.04 Lucid Lynx menggunakan modem USB 3G/HSDPA Sierra 885 dengan provider Three/Tri dan modem USB EVDO ZTE AC2726 dengan provider Smart Telecom. (Perhatian: saya bukan anggota pemasaran Three maupun Smart ^^)

CATATAN: Saya tidak bertanggungjawab apabila terjadi kerusakan dan/atau kehilangan data pada modem dan sistem anda, serta tagihan ponsel yang melonjak atau pulsa anda habis karena mengikuti panduan ini.

Pertama, jangan colokkan dulu perangkat modem USB anda. Instalasikan dulu paket usb-modeswitch. Apa itu usb-modeswitch? Pada modem USB 3G/HSDPA/CDMA/EVDO yang dirilis belakangan ini, terdapat 2 mode pada perangkat tersebut, yaitu ZeroCD (biasanya berisi driver dan buku panduan instalasi pada Windows) dan modem.

Mode ZeroCD biasanya digunakan oleh vendor untuk memasukkan aplikasi pendukung (misalnya Sierra Wireless Watcher pada modem USB merk Sierra), buku panduan digital, dll. Kalau anda pernah coba mencolokkan modem USB anda pada sistem berbasis Windows, biasanya akan muncul sebuah drive baru, yang dikenali sebagai drive CD-ROM. ZeroCD ini dipakai oleh vendor untuk mengurangi biaya distribusi modem dengan tidak menyertakan CD driver, karena semua firmware dan driver sudah dimuat dalam modem ini sendiri.

Nah, pada saat anda mencolokkan modem USB anda pada Ubuntu (atau distro Linux lainnya), maka mode yang aktif secara otomatis adalah mode ZeroCD. Hal inilah yang biasanya menyebabkan modem USB anda biasanya tidak bisa langsung digunakan pada Ubuntu. Dengan menginstalasikan usb-modeswitch, Ubuntu akan mengaktifkan fungsi modem pada modem USB anda. dengan masuk ke terminal (melalui menu Applications | Accessories | Terminal) dan masukkan perintah berikut:

sudo apt-get install usb-modeswitch

Setelah proses instalasi selesai, kini anda bisa coba colokkan perangkat modem USB anda. Setelah itu, masukkan perintah berikut pada terminal:

lsusb

Apakah perangkat anda tertulis di sana? Kalau iya, kini anda tinggal klik pada ikon Network Manager di sebelah kanan atas, pilih “New Mobile Broadband (GSM/CDMA) connection …“.

Pilih menu ini untuk memulai konfigurasi modem

Pilih menu ini untuk memulai konfigurasi modem

Nanti akan muncul pemandu konfigurasi modem USB seperti berikut:

Tampilan pemandu konfigurasi modem mobile broadband

Tampilan pemandu konfigurasi modem mobile broadband

Pilih INDONESIA

Pilih INDONESIA

Pilihan provider seluler

Pilihan provider seluler

Kalau provider yang anda gunakan sudah tertera pada daftar, silakan langsung pilih provider tersebut. Saya sendiri menggunakan kartu Three/Tri yang tidak ada dalam daftar, sehingga saya memutuskan untuk mengisikan secara manual.

Isikan APN secara manual

Isikan APN secara manual

Saya menggunakan paket Internet Bulanan dari Three dengan setting APN 3data (bisa dilihat di sini). Apabila anda menggunakan provider lainnya, silakan sesuaikan konfigurasi APN ini sesuai dengan yang diberikan provider anda.

Konfirmasi untuk konfigurasi modem USB

Konfirmasi untuk konfigurasi modem USB

Setelah anda mengklik “Apply” pada tampilan di atas ini, Ubuntu akan mencoba untuk membuka koneksi ke APN tersebut. Karena anda belum memasukkan setting username dan password untuk layanan datanya, sebaiknya anda “memutus” koneksi terlebih dahulu dengan cara klik kiri pada ikon Network Manager, lalu pilih “Disconnect.

Putuskan koneksi terlebih dahulu

Putuskan koneksi terlebih dahulu

Setelah itu, klik kanan pada ikon Network Manager ini dan pilih “Edit Connections …“. Pilih tab Mobile Broadband, lalu pilih konfigurasi provider yang tadi anda masukkan, lalu klik “Edit“. Anda akan dibawa ke layar konfigurasi akun provider anda. Pada setting Internet Bulanan Three, saya isikan 3data pada username dan password. Setelah itu klik “Apply” lalu “Close“.

Konfigurasi akun layanan data dari provider

Konfigurasi akun layanan data dari provider

Kini saatnya mencoba melakukan koneksi 3G/HSDPA atau CDMA/EVDO melalui modem USB anda. Klik kiri pada ikon Network Manager dan pilih konfigurasi provider anda pada bagian Mobile Broadband. Selamat berselancar di internet dengan modem USB broadband anda! ^^

TIPS TAMBAHAN

Panduan di atas adalah mengenai cara instalasi atau konfigurasi awal modem USB anda. Untuk pemakaian selanjutnya, berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan modem USB anda:

  1. Colokkan modem USB anda.
  2. Klik kanan pada ikon Network Manager, lalu pilih “Enable Mobile Broadband“.
    Pilih Enable Mobile Broadband untuk mengaktifkan modem

    Pilih Enable Mobile Broadband untuk mengaktifkan modem

    Kalau pilihan ini belum muncul, buka terminal lalu ketikkan “lsusb” dan tunggu beberapa detik (hingga 1 menit), lalu coba kembali klik kanan pada ikon Network Manager dan lihat apakah pilihan tersebut sudah ada. Ulangi terus langkah ini sampai menu “Enable Mobile Broadband” muncul dan pilih menu tersebut.

  3. Klik kiri pada ikon Network Manager, lalu pilih provider yang sudah anda konfigurasikan.

    Pilih provider yang telah dikonfigurasikan

    Pilih provider yang telah dikonfigurasikan

  4. Tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi bahwa sistem sudah terkoneksi dengan sukses. Kalau koneksi gagal dilakukan, ulangi kembali dari langkah 3.
  5. Selamat berselancar dengan modem USB broadband anda!

Semoga panduan dan tips ini bisa membantu anda. Mohon maaf jika ada kesalahan penulisan dan/atau lain sebagainya. ^^

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Internet, Linux, Mobile, Networking, Technology dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

33 Balasan ke Cara Menggunakan Modem USB 3G/HSDPA dan CDMA/EVDO pada Ubuntu

  1. Diah berkata:

    mas, usb_modeswitch yang dipake versi berapa?
    saya pake Ubuntu 9.04, trus nginstall usb_modeswitch 1.0.2 trus colok modem prolink phs100 tapi masih teteap ga kedetect, kira2 kenapa ya? apa usb_moeswitch nya ga cocok sama ubuntu 9.04?
    thx before.. maaf, sy newbie pake ubuntu

    • Anonim berkata:

      Saya sendiri menggunakan Ubuntu 10.04 dengan usb-modeswitch versi 1.1.0-2 (dengan menjalankan “sudo apt-cache showpkg usb-modeswitch” melalui terminal).

      Mungkin anda bisa coba unduh versi terbaru usb-modeswitch atau upgrade Ubuntu anda ke 10.04. Selamat mencoba! ^^

  2. Satria berkata:

    saya mau tanya mas..
    saya memakai sierra compass 885..ubuntu 10.10
    semuanya sudah konek,tpi ko g bsa jalan y koneksinya,saya memakai telkomsel flash,saya pakai diwindows baik” saja.
    bisa dibantu ga mas ??

  3. Satria berkata:

    sudah mas..
    modemnya jg sudah kedetek,sudah konek juga,sudah ada pemberitahuan koneksi established,tpi buat brosing g bsa,pingnya jga g jalan

    • Anonim berkata:

      Apakah anda sudah mengatur setting APN, username, dan password koneksi anda?
      Kalau memang semuanya sudah benar, coba cabut modem anda lalu pasang kembali
      dan coba lakukan koneksi lagi.

  4. Satria berkata:

    apn,username,passwordnya sudah setting bawaan dari ubuntu,saya baca artikel lain juga langsung bisa konek,tpi pnya saya ko tidak bisa, sebelumnya saya memakai hp dengan koneksi bluetooth dan kartu yang sama, dan itu bisa konek dengan lancar, tapi setelah saya ganti ke modem,jadi tidak bisa konek.

    • Anonim berkata:

      Setahu saya, kalau koneksi via bluetooth ponsel(tethering),
      konfigurasi yang digunakan bukan dari bawaan Ubuntu, melainkan setting
      dari ponsel anda sendiri.

      Coba anda setting apn, username dan password koneksi sehingga sama
      dengan setting pada ponsel anda.

  5. Lutfihendarsyah berkata:

    coba modem pakai huawei langsung jalan wuswush hanya huawei yang langsung kedetec sama ubuntu

  6. Ping balik: Berbagi-Pakai (Share) Koneksi Internet pada Ubuntu secara GUI

  7. Dinosaputro berkata:

    mksh infox…!!!
    info ini sudah lama sya cri dan saya akan mencoba
    ke ubuntu yang sya pake,tpi apa bisa di ubuntu 10.10?

  8. Yang Nong berkata:

    Saya mulai belajar pakai Ubuntu Linux 64 bit dari 9.10, terus coba 10.04 dan saat ini 10.10 Maverick Marekaat. Sebelumnya dari google sana sini tidak berhasil install di 10.04 maupuun 10.10. (yg pakai wvdial & gedit conf)

    Setelah baca artikel ini, ternyata berhasil install Modem CDMA Haier CE210.

    sekedar catatan pengalaman instalasi modem di atas:
    Modem tsb harus terpasang ketika start, (malah kalau di pasang setelah desktop gnome ubuntu 10.10 on malah tidak ada reaksi apa2)
    $ sudo apt-get install usb-modeswitch
    saya jalankan, hasilnya modeswitch terbaru sudah terinstall
    $ lsusb
    ada
    Modem USB CDMA Haier CE210 langsung dikenali di Network Manager sbg CDMA.
    trus
    Setting
    Network Manager> Mobile Broadband nya (saya agak lupa di lakukan kemarin malam)
    trus
    Network Manager>VPN Connection> Configure VPN> Mobile Broadband> Edit
    isi dengan username & password.
    setelah itu tinggal click di list yg ada di Mobile Broadband yg di buat…

    Terima kasih banyak…

    • Firman880 berkata:

      mas klau modem haire D1200P
      kirai2 bisa sma ga??.

      mas klau usb-modeswitch itu mesti dowload dulu di sever ubuntu?..

      hlf me..

    • Anonim berkata:

      Silakan dicoba saja instalasikan paket usb-modeswitch tersebut.

      Ya, paket tersebut tersedia pada repositori Ubuntu dan anda butuh koneksi
      internet untuk menginstalasikannya. Tetapi anda bisa coba perintah “sudo
      apt-get install usb-modeswitch”, mungkin sudah terinstalasi pada sistem
      anda.

    • aditia berkata:

      mas mohon step by step nya, saya sudah install usb-modeswitch ketika ngetik $ lsusb modem masih ga mau detect, di network manager pun blum terdetect apa2

      saya sudah coba koneksi pake wvdial juga masih ga bisa, mohon pencerahannya, thanks

    • Anonim berkata:

      Apa merk/model/tipe modem anda? Ada foto atau gambarnya?

    • aditia berkata:

      saya menggunakan modem haier ce 210 dengan provider aha,

    • Anonim berkata:

      Setahu saya, modem Haier memang agak bermasalah pada Ubuntu. Mungkin
      ada yang bisa membantu?

    • parahing blogs berkata:

      “sekedar catatan pengalaman instalasi modem di atas:
      Modem tsb harus terpasang ketika start, (malah kalau di pasang setelah desktop gnome ubuntu 10.10 on malah tidak ada reaksi apa2) ”

      ya iya lah gak ke detetec klo udah desktop gnome pertama masuk system > Administration > Disk Utility
      trus modem akan terdetec sebagai cd room eject deh

  9. Yang Nong berkata:

    menanggapi message dari Firman Id (dan tanggapan dari Animaster)
    Untuk Smart Haier H1200P sudah saya coba berkali-kali dengan berbagai cara tidak berhasil termasuk di atas.
    kalau hp modem USB tsb tidak dicolok, maka
    $ lsusb
    tidak muncul di terminal
    apabila di colok muncul…
    tapi tidak ada di Network Manager

    tulisan di atas berasumsi berhasil (ada), tidak diberikan alternatif apabila TIDAK ada/ berhasil…

    Apakah perangkat anda tertulis di sana? Kalau iya, kini anda tinggal klik pada ikon Network Manager di sebelah kanan atas, pilih “New Mobile Broadband (GSM/CDMA) connection …“.

    terus terang saya belum menemukan cara connect dgn HP Haier modem CDMA D1200P tsb… mungkin ada yg dapat membantu?

    Wasalam

    • Anonim berkata:

      Terima kasih atas responnya. Ya, memang pada tulisan saya tidak ada alternatif solusi apabila perintah “lsusb” tidak menampilkan perangkat modem, karena saya sendiri tidak pernah mengalaminya, jadi saya tidak bisa memberikan solusinya. ^^;

      Saya hanya bisa memberikan arahan untuk menemukan solusinya:
      (1) Coba pantau terus update di halaman ini: https://wiki.ubuntu.com/NetworkManager/Hardware/3G
      (2) Mungkin ada driver Linux untuk modem Haier tersebut

      Semoga membantu.

  10. Yang Nong berkata:

    Saya sudah coba metoda di atas untuk HP Modem Huawei 3.5G HSDPA U9130 berhasil connect dgn baik dgn Simpati operator Telkomsel. hanya Billing Plan saja saya belum pelajari, jadi pakai default dgn hanya speedtest pulsa terpotong cukup signifikan.🙂 Hasil speedtest nya ada di wall Facebook saya.

    Saya coba juga untuk HP Modem LG 3G KU380, spt nya ok, hanya saya belum pindahan kartu operator Matrix 3G, juga belum connect jadi belum tahu hasil nya, yg pasti modem nya terdetect dan bisa digunakan.

    tapi sampai saat ini pun Haier Smart D1200P sudah dicoba, ada di list lsusb, tapi tidak muncul di Network Manager. saya gunakan Ubuntu 10.10 Maverick Meerkat.

    Thanks & Wasalam

  11. gws berkata:

    mas, saya pakai Olive VME110 carrier Aha Esia. Pakai ubuntu netbook 10.10, semua koneksi lancar via network manager GUI. Namun kecepatan hanya mentok di 55-60 kBps atau sekitar 500an kbps. Sedangkan di Windows bisa mencapa 1.x Mbps atau download speed sekitar 100-200an kBps.

    Setelah cari-cari info, katanya ini karena usb serial itu max buffering capacity nya mentok di 500an kbps. Apakah ini benar? Apakah ada solusinya? Thank you.

  12. Denis berkata:

    Terima kasih article nya mas, sangat bermanfaat.. kebetulan saya ada Ubuntu Maverick dan Jolicloud, dengan cara diatas Maverick tidak masalah, namun saya masih belum bisa dengan Jolicloud, mohon pencerahannya. Terima kasih.

  13. Kalau tidak punya WIndows seperti saya ini bagaimana, Master? Saya sudah pakai usb_modeswitch, gagal semua. Saya pakai Prolink P2000 di maverick. Sampeyan uenak sekali,lsusb langsung terdeteksi di NetMan. Saya sampai usbmon-an tidak terdeteksi itu modem. Hasil lsusb tetap05c6:1000 (storage) bukannya 05c6:6000 (modem). Saya maunya yang 6000 biar bisa didial pakai wvdial. Ya,biar muncul di /dev/ttyUSB. Lha,tidak muncul blas, e.

    Mohon bantuannya. Tolong kirim salinan jawabannya ke e-mail saya ya,mas? Terima kasih.

  14. nia berkata:

    kenapa waktu pake modem The PPP link control protocol was terminated

  15. USB 3G berkata:

    Wow… This is great! I can say that this is the first time I visited the site and I found out that this blog is interesting to read. Thanks for this awesome monitor.

  16. USB 3G berkata:

    I and other people need to understand about it. Thank you !

Tinggalkan Balasan

