Proses Banyak Gambar Sekaligus dengan Phatch

Tampilan aplikasi Phatch

Tampilan aplikasi Phatch

Bagi anda yang memiliki hobi fotografi, mungkin anda pernah menjumpai masalah pengaturan ukuran (resize) banyak gambar sekaligus. Biasanya hal ini perlu kita lakukan agar kita dapat mengunggahnya dengan lebih cepat ke berbagai layanan penyimpanan gambar online (Flickr atau Photobucket) atau layanan jejaring sosial (Facebook, Twitter).¬†Tentunya “pekerjaan” ini kurang efektif apabila anda menggunakan GIMP, karena aplikasi tersebut memang tidak ditujukan untuk memproses banyak gambar dengan “pengaturan” (ukuran, efek, dll) yang sama.

Ada beberapa aplikasi yang memang khusus dibuat untuk mengatasi masalah ini dan salah satunya adalah aplikasi cross-platform berbasis Python yaitu Phatch Рsingkatan dari PHoto & bATCH. Apa saja fitur yang ditawarkan oleh Phatch dan bagaimana cara menggunakannya?

Bagi anda yang menggunakan Ubuntu, aplikasi Phatch bisa anda instalasikan melalui Ubuntu Software Center. Telusuri katalog aplikasi dalam kategori Graphics, lalu cari Phatch PHoto bATCH Processor (nantinya Phatch Image Inspector akan otomatis diinstalasikan juga dengan Phatch). Klik pada tombol Install – Free untuk memulai proses instalasi Phatch.

Bagi anda yang menggunakan Archlinux, Fedora, OpenSUSE, atau distro Linux lainnya, atau Windows/ Mac OS X, silakan baca panduan instalasinya di situs resmi Phatch.

Phatch dalam Ubuntu Software Center

Phatch dalam Ubuntu Software Center

Setelah instalasi selesai, anda bisa mengaksesnya melalui menu Applications | Graphics | Phatch PHoto bATCH Processor.

Lalu bagaimana cara menggunakan aplikasi ini? Ternyata situs resmi Phatch sudah menyediakan panduan penggunaannya, lengkap dengan screenshot aplikasi juga. Selamat mencoba. ^^

Iklan

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Linux, Technology dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s