Penjelasan Apple Tentang Masalah Sinyal iPhone 4

Penjelasan masalah sinyal dan antena di situs resmi Apple

Penjelasan masalah sinyal dan antena di situs resmi Apple

Bagi anda yang mengikuti berita IT belakangan ini, tentunya anda pasti tahu tentang masalah penerimaan sinyal yang buruk pada iPhone 4 apabila “dipegang dengan pada bagian tertentu (atau dengan cara tertentu)”. Setelah berdiam diri selama beberapa minggu sejak masalah ini tersebar (bahkan sempat menghantam saham Apple), akhirnya Apple memberikan penjelasan tentang masalah tersebut dalam sebuah konferensi pers di Cupertino kemarin (Jumat malam WIB). Apa saja yang dijelaskan oleh Steve Jobs (CEO Apple)?

Intinya, Steve Jobs mengatakan bahwa masalah penerimaan sinyal yang buruk ini ada pada semua ponsel pintar, termasuk beberapa varian terbaru seperti BlackBerry Bold 9700 (Onyx), HTC Droid Eris, dan Samsung Omnia II, serta iPhone 3GS. Ponsel-ponsel pintar tersebut juga akan mengalami penurunan sinyal apabila “dipegang pada bagian tertentu”. Apple bahkan sudah membuat halaman khusus di situs resminya yang menjelaskan khusus tentang masalah ini.

Apple memberikan 2 pilihan solusi bagi para pemilik iPhone 4:

  1. Sebuah case akan diberikan secara GRATIS bagi SETIAP pemilik iPhone 4.
  2. Pengguna bisa mengembalikan (retur) iPhone 4 yang dibeli sebelum tanggal tertentu dan akan diberikan FULL REFUND.

Selain itu, Apple juga merilis update firmware versi 4.0.1 khusus untuk memperbaiki laporan penerimaan sinyal pada iPhone 4. Ya, kabarny algoritma perhitungan sinyal pada iPhone sebelumnya masih kurang tepat, dan kini masalah tersebut kabarnya diperbaiki oleh Apple melalui update firmware terbaru ini.

Menurut saya pribadi, Apple sebenarnya sudah memberikan solusi yang cukup baik untuk mengatasi masalah ini. Namun penjelasan teknis mengenai masalah antena dan sinyal tersebut tampaknya “melewati batas” dengan membawa-bawa produk ponsel kompetitor, terutama BlackBerry Bold 9700, HTC Droid Eris, dan Samsung Omnia II. Bagaimana pendapat anda mengenai langkah yang diambil oleh Apple ini?

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Internet, Lifestyle, Mobile, Technology dan tag , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Penjelasan Apple Tentang Masalah Sinyal iPhone 4

  1. jacobian berkata:

    steve jobs bahkan mendemonstrasikan penurunan sinyal blackberry di konferensi pers nya.ini mah udah keterlaluan,udah tau salah steve jobs sendiri karna men-desain hp yg kurang bagus utk antena lalu menyalahkan kalau smartphone yg lain jg mempunyai hal yg sama.seharusnya steve jobs mengakui kesalahannya. yawdalah gapapa,lgpula aq make blackberry kok.🙂

  2. animaster berkata:

    Betul, tampaknya Steve Jobs (Apple) tampaknya sudah kehabisan akal untuk”berkelit” tentang masalah cacat desain iPhone 4 ini. Steve Jobs bahkantidak mengucapkan permintaan maaf sama sekali, baik kepada konsumen maupunpara pemegang saham Apple tentang masalah yang sempat membuat saham Applejatuh ini. ^^;

  3. oldjoker berkata:

    Kl di 3Gs kok jarang orang kerasa ya?Btw OS4 di 3Gs ngga nge-bug, ngga bikin battery lebih boros?

  4. animaster berkata:

    Karena letak antena iPhone 3GS di bagian belakang-bawah, dan berdasarkanpengalaman pribadi sih, bagian itu jarang tersentuh tangan. Lagipula iPhone3GS saya juga sudah pakai “bumper” (case) jadi sudah aman dari attenuation.^^Pengalaman saya, iOS 4 jauh lebih bagus (sekitar 30-40%) manajemen dayanya.Kalau dulu re-charge tiap hari dengan pemakaian intensif, sekarang re-chargesekitar 1,5 – 2 hari sekali. ^^

  5. armed berkata:

    Saya pikir oke oke aja SJ melontarkan pernyataan tentang varian lain yg tenyata masalahnya sama, toh saya rasa masalah yg ada di iPhone 4 itu juga yg mengekspose pasti dari pesaingnya, namanya juga persaingan, setiap perusahaan pasti selalu mencari-cari kelemahan verdor lain yg kira-kira bisa mengancam penjualan hp merknya. Walaupun sy sendiri blm pernah menggunakan iPhone (utk seri apa pun).Jika diperhatikan iphone sy lihat selangkah lebih maju terutama utk OS-nya ketimbang pengembang OS utk SmartPhone yg lain. Kalo urusan hardware saya rasa tidak jauh berbeda/beda tipis hy dibalut case yg menarik aja. Hanya sekarang ini sdh ada Android dgn mengembangkan OS yg cukup lumayan, namun pengembangan Android yg bisa di pasang pd beberapa SmartPhone itu tidak pernah lepas dari perkembangan OS utk iPhone yg nyatanya lebih dulu diekspose ke publik. Perhatikan aja Android dan OS for iPhone dengan seksama, kelihatan bahwa pengembangan software smatphone dgn model dan design aplikasi yg lebih menarik sebenarnya lebih dahulu dilahirkan oleh Apple.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s