OneConf: Simpan Konfigurasi dan Setting Ubuntu Anda

Tampilan awal OneConf

Tampilan awal OneConf

Bayangkan jika anda melakukan instalasi ulang Ubuntu, dan anda harus mengingat daftar aplikasi yang anda miliki sebelum menginstalasikannya satu per satu, mengatur ulang setting OpenOffice dan Firefox, mengatur posisi ikon dan shortcut pada bar, mengatur ulang Compiz dan berbagai macam konfigurasi lain yang ada pada sistem Ubuntu anda sebelumnya. Berapa banyak waktu anda yang terbuang?

Nah, para pengembang Ubuntu tampaknya sudah memikirkan hal tersebut dan mulai merancang sebuah sistem untuk menyelesaikan masalah tersebut. Sistem ini (sementara) disebut sebagai OneConf. Sistem/layanan yang terintegrasi dengan Ubuntu Software Center ini akan menyimpan semua setting dan konfigurasi sistem anda ke akun Ubuntu One anda. Ya, jika nantinya anda memutuskan untuk menginstalasikan ulang sistem Ubuntu anda, nanti anda akan punya opsi untuk “mengembalikan” semua setting dan konfigurasi sistem lama anda yang telah tersimpan pada akun Ubuntu One anda. Wow!

Kabarnya, OneConf nanti juga bisa membedakan setting untuk sistem tertentu. Misalnya anda menggunakan komputer desktop dan netbook, yang mana mungkin setting aplikasi antar keduanya juga berbeda, contoh: Firefox (desktop) vs Chromium (netbook) atau Rhythmbox vs Exaile, dsb.

Sampai artikel ini ditulis, OneConf masih dalam tahap pengembangan/percobaan dan rencananya akan dicoba pada Ubuntu 10.10 Maverick Meerkat. Kalau anda tertarik mencobanya, silakan ke halaman ini. Saya sendiri tidak sabar untuk mencoba versi stabilnya nanti … ^^

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Internet, Linux, Technology dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s