Solusi Masalah Touchpad pada Ubuntu 10.04 Lucid Lynx

Touchpad pada HP Mini 311

Touchpad pada HP Mini 311

Instalasi Ubuntu 10.04 Lucid Lynx pada HP Mini 311 saya memang berjalan dengan cukup mulus. Namun karena saya agak jarang menggunakan netbook ini (biasanya saya menggunakan notebook ^^), saya kurang teliti dalam memeriksa apakah semua perangkat berfungsi dengan baik. Saat saya menggunakannya hari ini, saya baru tahu bahwa fungsi vertical scrolling pada touchpad HP Mini 311 saya tidak berfungsi. Bagaimana solusinya?

Cara menyelesaikan masalah ini cukup mudah. Buka terminal dan jalankan perintah berikut:

sudo modprobe -r psmouse
sudo modprobe psmouse proto=imps

Perintah ini berfungsi untuk “mengaktifkan” fungsi vertical scrolling secara paksa pada sistem. Namun konfigurasi ini hanya berlaku untuk sesi aktif saat ini, jadi jika anda me-restart sistem, anda harus menjalankan perintah di atas lagi. Kalau anda mau konfigurasi ini aktif secara permanen, jalankan perintah ini:

sudo gedit /etc/modprobe.d/options

Masukkan baris teks berikut ke berkas yang sedang anda buka dengan GEdit ini:

options psmouse proto=imps

Setelah itu, simpan dan tutup berkas ini. Selanjutnya, saat anda me-restart komputer, konfigurasi touchpad ini akan aktif secara otomatis. Semoga tips kecil ini bisa membantu anda. ^^

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Guide, Linux, Technology dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

