Ulasan MeeGo v1.0 – Gabungan Intel Moblin dan Nokia Maemo

Tampilan MyZone - halaman awal MeeGo

Tampilan MyZone - halaman awal MeeGo

Beberapa bulan lalu, Intel dan Nokia mengumumkan kerja sama mereka dalam mengembangkan sebuah sistem operasi baru, yaitu MeeGo. Bagi yang belum tahu, sistem operasi ini dikembangkan dari 2 sistem operasi, yaitu Moblin (Intel) dan Maemo (Nokia), yang mana keduanya berbasis Linux. Karena sama-sama menggunakan framework UI open source Clutter, sekilas tampilan umum MeeGo cukup mirip dengan Intel Moblin yang pernah saya bahas beberapa saat lalu.

MeeGo versi 1.0 sendiri baru dirilis beberapa saat lalu, dan secara resmi baru tersedia khusus untuk netbook. Karena dioptimasi untuk Intel Atom, saya berniat untuk mencoba MeeGo secara live (via flashdisk) pada netbook HP Mini 311 saya. Namun sayangnya MeeGo gagal booting, karena belum mendukung chipset NVIDIA ION. Saya lalu mencoba MeeGo pada notebook Sony VAIO saya yang menggunakan chipset dan kartu grafis onboard Intel, dan MeeGo berhasil di-boot. Bagaimana tampilan dan fitur-fitur yang ditawarkan oleh MeeGo?

MeeGo v1.0 untuk Netbook ini saya coba pada notebook Sony VAIO SZ-430, dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • Prosesor: Intel Core 2 Duo T7200
  • Grafis: Intel GMA 950
  • RAM: 2 GB

Sedangkan untuk flashdisk, saya menggunakan SanDisk 8 GB yang saya peroleh sebagai hadiah ISBA 2009 lalu (Terima kasih, panitia ISBA! ^^).

Notebook VAIO dan flashdisk SanDisk yang saya gunakan

Notebook VAIO dan flashdisk SanDisk yang saya gunakan

Saran saya, kalau anda ingin mencobanya, paling tidak anda harus menggunakan notebook/netbook dengan prosesor dari Intel (lebih bagus kalau Atom, karena MeeGo ini sudah dioptimasi untuk prosesor tersebut). Selain itu, flashdisk yang digunakan sebaiknya berkapasitas minimal 2 GB.

Bagaimana cara instalasi MeeGo? Tampaknya saya akan menulis panduannya dalam posting selanjutnya. ^^;

MyZone

Halaman MyZone

Halaman MyZone

Kalau pada lingkungan sistem operasi pada umumnya, MyZone bisa disebut sebagai “desktop“. Ya, inilah halaman awal yang akan menyambut kita setiap kali masuk ke MeeGo. Pada halaman ini, semua aktivitas terbaru kita akan ditampilkan, seperti: tweet terbaru pada akun Twitter kita, foto dan video yang baru saja kita buka, halaman web yang sedang anda kita, dan berbagai aktivitas lainnya. Pada bagian samping kiri layar, kita bisa melihat beberapa agenda kegiatan dan tugas-tugas yang harus kita kerjakan. Sedangkan pada bagian kiri bawah, ditampilkan beberapa aplikasi favorit kita.

Zones

Halaman Zones

Halaman Zones

Pada MeeGo, semua aplikasi yang kita buka akan masuk dalam mode fullscreen. Nah, halaman Zones akan menampilkan daftar jendela aplikasi yang sedang kita buka. Jadi jika kita ingin berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya, kita cukup membuka Zones dan memilih aplikasi/jendela yang ingin kita akses. Kalau pada lingkungan sistem operasi pada umumnya, Zones ini bisa disebut sebagai “taskbar“.

Applications

Halaman Applications

Halaman Applications

Pada halaman Applications akan ditampilkan daftar semua aplikasi yang telah terinstalasi. Kita juga bisa menyusun daftar aplikasi yang akan ditampilkan dalam MyZone (bagian kiri bawah – aplikasi favorit). Walaupun halaman ini cukup berguna, namun sayangnya tidak ada kategorisasi aplikasi di sini, sehingga halaman ini tampak agak “kacau” kalau anda telah menginstal banyak aplikasi.

Status

Halaman Status yang menampilkan aktivitas terbaru dari akun jejaring sosial kita

Halaman Status yang menampilkan aktivitas terbaru dari akun jejaring sosial kita

Halaman Status menampilkan daftar tweet terbaru dari akun Twitter kita serta aktivitas terbaru dari layanan radio online Last.fm. Kita bisa memperbarui status kita di sini. Sayangnya layanan jejaring sosial Facebook masih belum didukung, sehingga kita tidak bisa memperbarui status FB dari halaman ini.

People

Halaman People menampilkan daftar kontak dari akun messenger kita

Halaman People menampilkan daftar kontak dari akun messenger kita

MeeGo menggunakan Empathy sebagai aplikasi chatting/messenger default. Daftar kontak akun yang telah kita koneksikan pada Empathy akan ditampilkan di halaman People ini. Pada bagian kanan layar, akan ditampilkan daftar kontak yang sedang “berbincang-bincang” dengan kita.

Internet

Browser internet pada MeeGo adalah Chromium

Browser internet pada MeeGo adalah Chromium

Pada Moblin, browser yang digunakan adalah varian dari Mozilla Firefox, namun pada MeeGo, browser yang digunakan adalah Google Chrome Chromium. Saya rasa perubahan ini disebabkan oleh perkembangan Chrome Chromium yang sangat pesat belakangan ini. Di samping kinerjanya (baca: kecepatan) yang -katanya- jauh melebihi browser lainnya – termasuk Firefox, browser ini juga lebih “ringan” dan hemat sumber daya dibandingkan Firefox. Oh ya, tampaknya Adobe Flash Player juga sudah diintegrasikan ke dalam Chrome Chromium ini, sehingga anda bisa mengakses situs-situs yang berisi konten Flash seperti YouTube.

Media

Putar musik dan video pada halaman Media

Putar musik dan video pada halaman Media

MeeGo mengintegrasikan Banshee sebagai pemutar media default untuk audio (musik) dan video. Saya masih belum tahu format apa saja yang didukung, tetapi yang pasti pengalaman saya tidak terlalu baik dalam urusan multimedia ini. Saya hanya berhasil memutar video promosi MeeGo (sudah tersedia secara default), namun gagal saat memutar sebuah video MP4 definisi tinggi hasil unduh dari YouTube dengan kompresi H.264. Kabarnya MeeGo memang tidak mendukung codec yang bersifat tidak bebas (termasuk H.264 dan mungkin MP3 ^^;). Mungkin di masa depan, format Ogg Vorbis (audio) dan WebM (video) yang bersifat bebas dan gratis akan didukung dalam sistem operasi ini. Semoga. ^^;

Devices

Halaman Devices menampilkan informasi sistem dan perangkat yang sedang terhubung

Halaman Devices menampilkan informasi sistem dan perangkat yang sedang terhubung

Halaman Devices menampilkan berbagai informasi sistem, seperti kapasitas dan status baterai, kapasitas penyimpanan (hard disk), volume suara, dan folder-folder yang ada pada direktori Home kita. Pada bagian samping kanan layar, ada daftar perangkat yang sedang terkoneksi ke sistem. Saya sendiri sempat coba menyambungkan iPhone saya dan sebuah kartu SD dari kamera. Sistem mampu mendeteksinya dan menawarkan opsi untuk membuka/menampilkan isi perangkat tersebut. ^^

Bluetooth dan Networks

Halaman Networks menampilkan daftar koneksi jaringan sistem

Halaman Networks menampilkan daftar koneksi jaringan sistem

Saya sendiri belum sempat mencoba fitur Bluetooth pada MeeGo. Sedangkan pada halaman Networks ditampilkan daftar koneksi jaringan yang ada pada sistem, seperti Wired LAN (jaringan lokal dengan kabel), Wireless LAN (jaringan nirkabel/WiFi), dan Bluetooth. Kalau pada sistem anda terdapat modem broadband, saya rasa koneksi jaringannya juga akan ditampilkan di sini. Saya sendiri berhasil tersambung tanpa masalah pada koneksi WiFi di rumah.

Sistem Notifikasi

Tampilan notifikasi pada MeeGo

Tampilan notifikasi pada MeeGo

Notifikasi pada MeeGo ditampilkan di sebelah kanan bawah layar. Sistem notifikasi ini juga mendukung antrian, artinya jika ada beberapa notifikasi yang masuk, maka semuanya akan ditampilkan secara berurutan dari yang terbaru (atau terlama?).

MeeGo Garage

MeeGo Garage menyediakan pilihan aplikasi yang bisa diinstalasikan

MeeGo Garage menyediakan pilihan aplikasi yang bisa diinstalasikan

MeeGo Garage kira-kira seperti App Store pada iPhone atau Software Center pada Ubuntu. Ya, pada halaman ini anda bisa mengelola aplikasi yang ingin diinstalasikan. Saat saya mencoba instalasi aplikasi pengelola grafis GIMP, entah mengapa, saya gagal pada saat pertama kali mencobanya tetapi akhirnya berhasil setelah mencoba instalasi beberapa kali. Selain itu, pilihan aplikasi yang tersedia juga masih sangat sedikit. Tampaknya Garage ini masih perlu penyempurnaan lebih lanjut lagi agar dapat digunakan dengan nyaman oleh pengguna. ^^

Sync – Layanan Sinkronisasi

Layanan sinkronisasi pada MeeGo

Layanan sinkronisasi pada MeeGo

MeeGo menawarkan 2 macam sinkronisasi data, yaitu:

  • Network Sync: Layanan sinkronisasi melalui jaringan – tampaknya dilakukan melalui internet (berbasis cloud)
  • Direct Sync: Layanan sinkronisasi dari/ke perangkat melalui koneksi bluetooth

Untuk sinkronisasi jaringan (Network Sync), MeeGo mendukung beberapa jenis layanan, antara lain:

  • Funambol
  • Google
  • Memotoo
  • Mobical
  • ScheduleWorld
  • ZYB

Saya sendiri berniat mencoba layanan sinkronisasi Funambol, namun saat saya mengklik tautan “Launch Website” (di samping tulisan Funambol), saya mendapati halaman berikut saat mengaksesnya melalui browser:

Situs Funambol tampaknya sedang dalam perbaikan?

Situs Funambol tampaknya sedang dalam perbaikan?

Tampaknya Funambol belum betul-betul siap mendukung MeeGo atau memang situs webnya sedang dalam perbaikan? Sedangkan untuk layanan sinkronisasi ke perangkat (Direct Sync), saya belum mencobanya sama sekali, karena kelemahan iPhone yang hanya mendukung koneksi bluetooth audio dan tidak bisa digunakan untuk transfer data/berkas. ^^;

Kesimpulan

Terlepas dari beberapa kekurangan yang perlu dibenahi di sana-sini, saya rasa tim pengembang dari Intel dan Nokia sudah bekerja dengan baik dalam mengembangkan MeeGo. Dibandingkan Moblin yang dulu pernah saya coba, MeeGo versi 1.0 ini tampak jauh lebih stabil dan matang dibandingkan pendahulunya tersebut. Sekitar 90% fungsi dan fitur yang saya coba bisa berjalan dengan baik, di samping banyaknya fitur-fitur baru yang disertakan ke dalam sistem operasi ini.

Membaca e-mail di MeeGo

Membaca e-mail di MeeGo

Kalau anda pengguna netbook yang ingin mencoba lingkungan sistem operasi baru dan sering menggunakannya untuk beraktivitas secara online (browsing, chatting, menulis e-mail), maka saya sarankan anda untuk mencoba MeeGo. Saya yakin anda akan memperoleh pengalaman baru yang menyenangkan dalam menggunakan netbook anda. ^^

Tertarik mencobanya? Silakan unduh berkas live image nya dari situs resmi MeeGo. Saya akan menulis panduan cara mencoba MeeGo dalam lingkungan live (tanpa perlu instalasi) pada posting selanjutnya. ^^

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Internet, Lifestyle, Linux, Mobile, Technology dan tag , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Ulasan MeeGo v1.0 – Gabungan Intel Moblin dan Nokia Maemo

  1. evran berkata:

    tanya Om, cara memindahkan file img meego tersebut ke flashdisk bagaimana?

  2. Ping balik: Nokia N9: MacBook Mini?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s