Unduh Video YouTube pada Ubuntu

Di lingkungan Windows, sudah banyak tersedia pilihan aplikasi pengunduh video YouTube. Lain halnya dengan di lingkungan Linux (Ubuntu), di mana jumlah aplikasi sejenis ini pilihannya sangat terbatas. Salah satunya adalah aplikasi “youtube-dl“, sebuah aplikasi (atau lebih tepatnya semacam skrip) Python untuk mengunduh video YouTube melalui terminal. Ya, youtube-dl tidak memiliki tampilan GUI, dan anda harus menggunakan terminal agar dapat menggunakannya. Tenang saja, penggunaanya tidak sesulit yang anda bayangkan. ^^;

Untuk instalasi, pertama masuk ke tautan ini, pilih versi terbaru yang ada (dengan tanggal, bukan “tip“). Saat artikel ini ditulis, versi terbaru yang tersedia adalah 2010.04.04. Klik pada tautan “zip” di sebelah tanggal tersebut untuk mengunduh skrip youtube-dl ini. Setelah proses unduh selesai, pindahkan berkas hasil unduh ke Desktop, lalu klik kanan pada berkas tersebut dan pilih “Extract Here“. Setelah itu, masuk terminal dan jalankan perintah berikut:

cd Desktop/youtube-dl
sudo chmod +x youtube-dl
sudo mv youtube-dl /usr/local/bin

Ya, perintah di atas digunakan untuk memberi akses dan memindahkan skrip tersebut agar bisa dijalankan. OK, sekarang saatnya mencoba, jalankan perintah berikut pada terminal:

youtube-dl http://www.youtube.com/watch?v=EShBCwg6Jc0

Kalau berhasil, akan muncul tampilan proses unduh video dari YouTube. Ada beberapa opsi yang bisa anda coba saat menjalankan skrip youtube-dl ini. Anda bisa melihatnya dengan menjalankan perintah berikut pada terminal:

youtube-dl --help

Saya sendiri biasanya menggunakan opsi -b (best:  format terbaik yang tersedia untuk video tersebut) dan -t (title: nama berkas diambil dari judul video tersebut), contohnya:

youtube-dl -b -t http://www.youtube.com/watch?v=EShBCwg6Jc0

Selamat mengunduh video dari YouTube! ^^

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Internet, Linux dan tag , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Unduh Video YouTube pada Ubuntu

  1. Kibot Rusak berkata:

    aku pilih Miro…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s