Modem USB ZTE AC2726 pada Ubuntu

Modem USB ZTE AC2726 dari Smart

Modem USB ZTE AC2726 dari Smart

Sejak Februari lalu, saya mulai menggunakan layanan internet dari Smart Telecom dengan modem USB ZTE AC2726. Masalah yang pertama kali yang saya alami adalah tidak tersedianya driver untuk Linux, padahal sehari-hari saya bekerja dalam lingkungan Ubuntu. Setelah Googling ke mana-mana akhirnya saya berhasil ber-internet menggunakan modem ini.

Secara default, sebenarnya modem ini sudah dikenali dalam Ubuntu. Apa buktinya? Coba anda pasang modem ini ke PC/laptop anda, lalu buka terminal dan masukkan perintah berikut:

lsusb

Anda akan melihat tampilan kira-kira seperti ini:

Modem ZTE AC2726 terdeteksi pada Ubuntu

Modem ZTE AC2726 terdeteksi pada Ubuntu

Saya yakin entri pada gambar di atas berbeda dengan yang anda dapatkan, yaitu: 19d2:fff5. Ya, hal ini disebabkan karena pada perangkat ini terdapat 2 mode, yaitu: sebagai media penyimpanan (pembaca kartu SD) dan modem. Nah yang saat ini terdeteksi oleh Ubuntu adalam mode pertama, yaitu media penyimpanan. Untuk mengaktifkan mode ke-2 (modem), anda harus menginstalasikan sebuah paket/aplikasi bernama USB ModeSwitch. Untuk itu, buka terminal dan masukkan perintah berikut:

sudo apt-get install usb-modeswitch

Setelah USB ModeSwitch terinstalasi, cabut modem ini dan tancapkan kembali. Pada terminal, coba ketikkan lagi perintah:

lsusb

Anda akan mendapatkan hasil deteksi seperti pada gambar di atas, yaitu: 19d2:fff1. Kalau anda sudah sampai pada tahap ini, berarti modem ini sudah siap digunakan. Anda bisa menggunakan Network Manager Ubuntu atau aplikasi lain seperti Gnome-PPP dan WvDial untuk membuka koneksi internet melalui modem ini.

Aplikasi manajer koneksi ZTEmtEVDO

Aplikasi manajer koneksi ZTEmtEVDO

Saya sendiri lebih suka menggunakan aplikasi ZTEmtEVDO untuk membuka koneksi. Ya, sebenarnya aplikasi ini sudah tersedia di situs resmi ZTE, namun masih dalam bentuk kode sumber yang harus dikompilasi terlebih dahulu agar dapat digunakan.

Namun, saya sudah memiliki versi yang terkompilasi (baca: siap pakai). Silakan unduh langsung di sini dan setelah selesai, klik ganda pada berkas .deb ini untuk menginstalasikannya. ZTEmtEVDO ini nantinya bisa diakses melalui menu Applications | Internet | ztemtEVDO. Selamat ber-internet-ria! Kalau mau ngebut, harap pakai helm … ^^;

Catatan Tambahan

Kalau anda gagal mengakses modem melalui ZTEmtEVDO, coba anda klik kanan pada menu Applications/Places/System di kiri atas layar, pilih Edit Menus. Pilih Menus – Internet dan Items – ztemtEVDO, lalu klik Properties. Ubah seperti gambar berikut:

Jalankan ztemtEVDO dengan hak akses administrator

Jalankan ztemtEVDO dengan hak akses administrator

Ya, anda hanya cukup menambahkan “gksudo” pada bagian Command, sehingga menjadi:

gksudo /usr/local/bin/ztemtEVDO/ztemtevdo

Sekarang, coba lagi akses Applications | Internet | ztemtEVDO, dan kini seharusnya aplikasi ini sudah bisa mengakses modem anda dan membuka koneksi internet. Selamat mencoba!

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Guide, Internet, Lifestyle, Linux, Mobile, Technology dan tag , , , . Tandai permalink.

11 Balasan ke Modem USB ZTE AC2726 pada Ubuntu

  1. desain situs web berkata:

    boss, Aplikasi manajer koneksi ini apa khusus untuk semar + ZTE? terus untuk memantau sinyal modem di linux ubuntu gimana? jadi biar tahu dapat sinyal berapa bar.makasih,

  2. animaster berkata:

    Dari nama aplikasinya (ZTEmtEVDO) saya rasa aplikasi ini hanya kompatibel utk modem EVDO dari ZTE. Anda juga bisa melihat sinyal modem ZTE di sini.

  3. Nur Hidayatullah berkata:

    juragan terimakasih infonya..
    and mo tanya dund…
    saya pake ubuntu 10.04 pada saat installasi ztem evdo nya berhasil tapi koq pada saat di eksekusi gug da tampilan apa2, saya sudah coba menambahakan gksudo seperti tutor di atas tapi tetap tidak ada perubahan.bahkan pernyataan error pun gug ada..
    mohon bantuannya …
    saya pengguna baru ubuntu ..
    trims…

  4. Anonim berkata:

    Salam kenal. Terkadang saya juga pernah mengalami masalah seperti ini.
    Tampaknya hal ini disebabkan oleh dukungan aplikasi yang belum
    sempurna dari ZTE. Yang saya lakukan biasanya adalah me-restart PC dan
    kembali mencoba menjalankan aplikasi ini. ^^

  5. Nur Hidayatullah berkata:

    akhirnya bisa juja juragan…
    ketika saya mencoba membaca artikel di http://skyisgrey.org/blog/mengoptimalkan-koneksi-modem-smart-zte-2726.html, dan saya baru sampai pada “sudo apt-get install linux-source linux-headers-generic build-essential” itu pun belum selesai 100% tapi terminal sudah saya tutup karena lama banget tuh downloadnya..
    setelah itu saya coba install lagi ztemtevdo nya melalui terminal ( lewat GUI gug gagal mulu) saya coba alhamdulillah bisa..^_^
    yang jadi pertanyaannya :
    1. apakah keberhasilan itu karena saya melakukan “sudo apt-get install linux-source linux-headers-generic build-essentia” ? atau cara installasi sebelumnya yang saya lakukan salah,? tapi sebelumnya pun saya sudah melakukan installasi melalui Gui maupun terminal dan hasilnya sama (gagal untuk di gunakan).
    2.apakah saya harus melanjutkan proses “sudo apt-get install linux-source linux-headers-generic build-essentia” karena belum 100%..?
    sebelum dan sesudah nya saya ucapkan terima kasih atas tutor dan tanggapannya..
    salam dari seorang yang ingin banyak belajar..^_^

  6. Edi berkata:

    gan pas ngetikin “sudo apt-get install usb-modeswitch” trus minta passwd user tp pas mau dimasukin karakter nggak bisa nginput paswd?? gimana solusinya? cus baru 3 hari pake ubuntu😀

  7. Anonim berkata:

    Memang khusus pada terminal Ubuntu, karakter tidak ditampilkan karena
    alasan keamanan. Silakan ketik saja password anda seperti biasa, lalu
    tekan ENTER dan perintah tersebut akan dijalankan apabila password
    yang anda masukkan benar. Selamat mencoba dan selamat datang di
    komunitas Ubuntu! ^^

  8. Arie Sujadnorwanto berkata:

    tak coba dulu…terima kasih…

  9. Bram berkata:

    broo, saya mau tanya nih.
    kalo mau pake modem zte ac 2726 di ubuntu harus di unlock dulu ya?
    soalnya saya setiap mau konek pake app ini. selalu di bilang modem locked.

  10. Bram berkata:

    berarti ngga perlu di unlock

    terus saya mau tanya lagi nih!
    caranya biar bisa cek pulsa gimana ya??

    saya cek pulsa pakai app ini, tapi ngga bisa.
    sms juga ngga bisa.

    apa ada setting lain dulu??

Tinggalkan Balasan

