Sharing Berkas pada Ubuntu One

Salah seorang pengunjung Animaster-Talks, Indra, menanyakan tentang hal tersebut melalui komentar pada sebuah artikel. Artikel kali ini saya tulis untuk menjawab pertanyaan tersebut sekaligus berbagi kepada para pengguna Ubuntu lain yang ingin melakukan hal yang sama. ^^

Ada 2 cara untuk mengatur sharing berkas pada Ubuntu One, yaitu melalui situs web resminya atau melalui aplikasi Ubuntu One pada Nautilus (pengelola berkas pada Ubuntu).

Masuk ke akun Ubuntu One anda melalui web

Masuk ke akun Ubuntu One anda melalui web

Untuk cara pertama (melalui web), buka browser anda, lalu masukkan alamat: http://one.ubuntu.com, lalu masukkan informasi akun anda untuk login. Setelah itu, pilih Files pada menu navigasi, dan telusuri isi folder Ubuntu One anda untuk mencari berkas yang akan di-share. Klik “more” di sebelah kanan berkas yang akan di-share, lalu klik “Publish file” untuk memberikan akses pada pengguna lain dalam mengunduh berkas tersebut.

Beritahukan publish URL ke teman anda

Beritahukan public URL ke teman anda

Setelah berkas tersebut di-publish, anda akan mendapatkan sebuah “Public URL“, dan inilah yang nanti bisa anda beritahukan ke teman-teman anda untuk “membagikan” berkas tersebut. Apabila anda sudah tidak perlu membagikan berkas tersebut, klik pada “Stop publishing” untuk menutup akses ke berkas tersebut.

Share berkas melalui Nautilus

Share berkas melalui Nautilus

Cara kedua adalah melalui Nautilus, pengelola berkas pada Ubuntu. Kalau anda sudah menggunakan Ubuntu 9.10 Karmic Koala, anda perlu menginstalasikan aplikasi Ubuntu One terlebih dahulu (panduan instalasinya di sini). Tetapi jika anda menggunakan Ubuntu 10.04 Lucid Lynx, maka aplikasi Ubuntu One sudah terinstalasi secara default.

Setelah anda menginstalasikan aplikasi Ubuntu One, buka folder Ubuntu One anda (biasanya di /home/<username>/Ubuntu One), lalu klik kanan pada berkas yang ingin anda share, lalu klik “Publish via Ubuntu One“. Selanjutnya, sama seperti pada cara pertama, anda akan memperoleh sebuah Public URL untuk berkas tersebut untuk diberitahukan kepada teman anda agar bisa mengaksesnya.

Semoga panduan mini ini bisa berguna bagi anda. Selamat berbagi-pakai berkas dengan teman-teman anda melalui Ubuntu One. ^^

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Internet, Lifestyle, Linux, Technology dan tag , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Sharing Berkas pada Ubuntu One

  1. Sugeng berkata:

    Wah bermanfaat sekali….makasih gan….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s