Ulasan iPhone 3GS

Tampak samping iPhone 3GS

Tampak samping iPhone 3GS

Kalau ada 2 kata yang boleh saya pakai untuk menggambarkan iPhone 3GS, yaitu: “pintar” dan “seksi”. Mungkin saya terkesan berlebihan memberi sebutan itu, tetapi menurut saya, perangkat canggih buatan Apple ini memang betul-betul revolusioner dan merombak konsep ponsel pintar secara signifikan. OK, berikut pembahasan saya mengenai kelebihan dan kekurangan iPhone 3GS dari berbagai sudut pandang.

Spesifikasi

Bagi anda yang mengikuti perkembangan iPhone, tentu anda sudah tahu bahwa iPhone 3GS merupakan generasi ketiga seri iPhone, setelah iPhone pertama (sering disebut sebagai iPhone 2G) dan iPhone 3G. Dibandingkan dengan iPhone 3G, tambahan huruf “S” pada iPhone 3GS berarti Speed atau kecepatan. Ya, dengan prosesor yang lebih cepat (833 MHz, underclock ke 600 MHz) dan jumlah RAM 2 kali lipat dari iPhone 3G (256MB vs 128MB), anda akan jarang sekali mengalami “lag” saat menggunakannya.

iPhone 3GS: Lebih cepat hingga 2x lipat dari iPhone 3G

iPhone 3GS: Lebih cepat hingga 2x lipat dari iPhone 3G

Berikut adalah spesifikasi yang (cukup) lengkap dari iPhone 3GS:

  • Prosesor: 600 MHz (underclock dari 833 MHz)
  • RAM: 256MB
  • Layar: 3,5 inci dengan resolusi 320 x 480 dan dukungan multi-touch
  • Penyimpanan internal: 16GB/32GB
  • Dukungan jaringan:
    • 3G/HSDPA
    • WiFi 802.11b/g
    • Bluetooth 2.1 + EDR
  • Kamera: 3,2 MP dengan autofocus dan geo-tagging
  • Fitur lain: A-GPS, kompas digital, accelerometer
  • Sistem operasi: Mac OS X
  • Dimensi:  4,5 x 2,4 x 0,48 inci
  • Bobot: 135 gram

Sama seperti produk Apple lainnya, iPhone 3GS juga memiliki desain yang elegan dan atraktif. Selain terkesan premium, ukurannya juga pas dalam genggaman tangan dan saya cukup nyaman saat menggunakannya untuk menulis pesan, melakukan panggilan, maupun berselancar di web.

Tetapi ada satu hal yang cukup mengganggu, yaitu letak lensa kameranya. Ya, lensa kamera ini diletakkan di ujung kanan atas pada bagian belakang, dan jari saya sering “menutupi” lensa tersebut saat saya menggunakannya untuk mengambil foto atau merekam video.

Telepon dan Kualitas Suara

Sebagai sebuah PONSEL pintar, tentu fitur pertama yang harus dilihat adalah fungsi telepon. Jaringan yang didukung oleh iPhone 3GS ini cukup umum, yaitu: GSM/EDGE (2G) dan UMTS/HSDPA (3G), sehingga anda seharusnya bisa menggunakan provider GSM manapun (asalkan iPhone 3GS anda sudah unlocked ^^). Saya sendiri menggunakan provider yang iklannya menggunakan lagu J-Rocks “Meraih Mimpi”. ^^

Saat melakukan dan menerima panggilan, kualitas suara yang terdengar oleh saya sudah cukup baik. Suara-suara yang ada di sekitar pembicara ternyata tidak terlalu terdengar oleh saya. Sebaliknya, saat saya berbicara, terkadang pendengar meminta saya untuk mengulangi perkataan saya karena suara saya tidak terdengar dengan jelas. Saya tidak tahu apakah hal tersebut disebabkan oleh volume suara saya terlalu kecil, atau ada gangguan suara di sekitar pendengar, atau memang iPhone 3GS tidak bisa “menyalurkan” suara saya dengan baik. Yang jelas, menurut saya tidak ada yang spesial dari fitur telepon pada iPhone 3GS.

Sinkronisasi Data

Ada 2 macam sinkronisasi data yang bisa anda gunakan, yaitu: sinkronisasi online (melalui sebuah layanan sinkronisasi data di internet) dan sinkronisasi lokal (ke PC atau Mac). Untuk sinkronisasi online, saya menggunakan layanan Google Sync, yang mendukung sinkronisasi kontak, e-mail, kalender, dan fitur “Push” untuk notifikasi e-mail maupun aplikasi lainnya. Dengan “menyimpan” data saya secara online, maka saya memiliki backup data iPhone yang bisa saya akses dari mana saja. Tidak ada lagi yang namanya “ponsel rusak, data hilang”. ^^

Sinkronisasi Online pada iPhone

Sinkronisasi Online pada iPhone

Sedangkan untuk sinkronisasi lokal, satu-satunya aplikasi yang dapat melakukannya secara sempurna adalah -mungkin anda sudah menebaknya- iTunes. Dengan iTunes versi terbaru, anda bisa melakukan sinkronisasi semua data anda: e-mail, kontak, kalender, catatan, aplikasi yang dibeli dari App Store, lagu, video, nada sambung, dan lainnya. Bahkan anda juga bisa mengatur peletakan ikon-ikon iPhone anda langsung dari iTunes!

Manajemen E-mail dan SMS

Menurut saya, inilah salah satu fitur unggulan iPhone. Membaca, mengirim, dan menulis pesan -baik e-mail maupun SMS- pada iPhone merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan bagi saya. Anda bisa membaca/menulis pesan dalam mode vertikal (biasa) maupun horisontal berkat bantuan “accelerometer“. Tampilan keyboard virtual yang disertakan maupun pesan yang sedang anda tulis akan disesuaikan secara otomatis. Untuk manajemen e-mail pada iPhone ini , Apple menyertakan Mail. Ya, bagi anda pengguna Mac tentu cukup mengenal Mail, aplikasi manajemen e-mail standar pada Mac, dan anda tahu kualitasnya. ^^

Menulis dan membaca e-mail pada iPhone

Menulis dan membaca e-mail pada iPhone

Selain manajemen e-mail, iPhone juga menyediakan aplikasi khusus untuk menangani pesan singkat (SMS), yang bisa diakses melalui Messages. Pada aplikasi ini, SMS yang anda kirim dan terima akan dikelompokkan berdasarkan pengirim/penerimanya. Yang menarik: apabila anda memilih salah satu kontak di sana, maka SMS yang anda kirim/terima dari orang tersebut akan ditampilkan layaknya sebuah percakapan. Sama seperti pada Mail, di sini anda juga bisa membaca maupun menulis pesan secara horisontal maupun vertikal.

Manajemen SMS pada iPhone

Manajemen SMS pada iPhone

Menjelajah Internet

iPhone membawa aplikasi peramban (browser) Safari untuk menjelajah internet. Pada Safari ini, anda bisa memperbesar dan memperkecil tampilan (zoom) dengan cara menyentuh layar dengan 2 jari dan melakukan pinch. Proses zoom in maupun zoom out dilakukan dengan animasi yang cantik. Selain itu, Safari pada iPhone ini juga mendukung multi-window (atau tab?), sehingga anda bisa membuka beberapa situs secara bersamaan. Apabila anda menggunakan iTunes, bookmark Safari pada PC/Mac anda juga bisa tersinkronisasi pada Safari di iPhone ini.

Menjelajah internet dengan Safari

Menjelajah internet dengan Safari

Anda juga bisa menjalankan berbagai aplikasi berbasis web (dikenal sebagai Web App) melalui Safari pada iPhone ini, dan nantinya bisa anda bookmark ke dalam Springboard (tempat meletakkan ikon aplikasi pada iPhone) untuk anda jalankan layaknya aplikasi “native”. Saya sendiri sudah mencoba Google Buzz dan Google Reader sebagai Web App dan keduanya berjalan dengan lancar.

Kamera, Perekam Video, dan Manajemen Foto

OK, resolusi kamera iPhone 3GS memang tidak terlalu bagus -hanya 3,2 megapiksel-, tetapi bukan berarti tidak memiliki keunggulan. Selain fokus otomatis, pada kamera iPhone 3GS ini adalah anda juga bisa menentukan bagian mana yang harus difokuskan pada objek foto, dengan menyentuhnya (tap-to-focus). Ya, misalkan anda sedang mengarahkan kamera pada anjing peliharaan anda di taman, anda tinggal menyentuh bagian layar yang menampilkan anjing anda, dan kamera akan terfokus ke sana. Setahu saya hanya sedikit kamera ponsel yang menyertakan fungsi ini. Untuk kualitas hasil fotonya, silakan cek foto ini.

Tampilan saat mengambil foto atau merekam video

Tampilan saat mengambil foto atau merekam video

Selain itu, fitur unggulan kamera iPhone 3GS ini adalah kemampuan merekam video pada 30 gambar per detik (fps) atau kira-kira setara dengan framerate film DVD. Apple bahkan menyediakan sebuah fungsi untuk menyunting video, yaitu trimming untuk memotong bagian klip video yang akan “dibuang”. Tampilan penyuntingan video ini agak mirip dengan iMovie, dengan fungsi yang jauh lebih sedikit tentunya. ^^

Tampilan saat penyuntingan klip video

Tampilan saat penyuntingan klip video

Manajemen foto/video pada iPhone dapat dilakukan dengan mudah dengan aplikasi Photos. Anda bisa menelusuri, memperbesar dan memperkecil foto dengan melakukan “pinch”, mengirimkan foto melalui e-mail, atau menjalankan sebuah slideshow dari koleksi foto anda. Sayangnya tidak ada fitur mengirimkan foto melalui Bluetooth (saya akan bahas lebih lanjut tentang ini nanti). ^^;

GPS, Kompas Digital, dan Kontrol Suara

iPhone juga menyediakan fitur untuk mengakses layanan berbasis lokasi melalui GPS dan (Google) Maps. Melalui aplikasi Maps ini, anda bisa melihat peta sekitar anda dan “meminta” petunjuk arah dari satu tempat ke tempat lain. Ya, kalau anda sering menggunakan Google Maps, tentunya anda tidak asing lagi dengan fitur-fitur yang tersedia pada Maps.

Tampilan Maps pada iPhone

Tampilan Maps pada iPhone

Selain itu, ada juga kompas digital, yang bisa diakses melalui aplikasi Compass. Dengan bantuan kompas digital ini anda bisa meminimalisir kemungkinan tersesat saat anda menjelajah ke tempat-tempat terpencil atau hutan-hutan. ^^

Tampilan kompas digital dan kontrol suara

Tampilan kompas digital dan kontrol suara

Dengan menekan tombol “Home” selama beberapa detik, kita akan masuk ke mode Voice Control (kontrol suara). Seperti yang sudah anda tebak dari namanya, anda bisa menjalankan berbagai fungsi iPhone melalui perintah suara. Misalnya kita katakan “call John on mobile” untuk melakukan panggilan ke ponsel John, atau “what song is this?” untuk mengetahui judul lagu yang sedang diputar. Saat saya mencobanya, ternyata fungsi pengenalan suaranya tidak terlalu bagus. Pengenalan suaranya cukup akurat saat saya mencoba untuk melakukan panggilan, namun saya cukup frustasi saat ingin menggunakan kontrol suara untuk memutar lagu tertentu. Semoga akurasi pengenalan suaranya diperbaiki pada update firmware mendatang. ^^

Multimedia, Hiburan, dan App Store

Banyak yang mengatakan bahwa iPhone = iPod + fungsi telepon. Anggapan tersebut tidak salah, karena memang iPhone menyediakan fungsi-fungsi iPod secara penuh. Manajemen lagu dan video yang kita lakukan melalui iTunes bisa dengan mudah disinkronisasikan ke iPhone. Setelah itu kita bisa mengakses koleksi lagu dan video kita melalui iPod.

Tampilan CoverFlow album pada aplikasi iPod

Tampilan CoverFlow album pada aplikasi iPod

Kalau anda kurang puas dengan koleksi video yang anda miliki, anda juga bisa mengakses aplikasi YouTube untuk menikmati streaming video. Tampilannya cukup mirip dengan versi web-nya dan kita bisa menelusuri dan mencari video yang menarik di sini. Saat saya mencobanya, kecepatan streaming dan kualitas tampilan videonya juga cukup baik.

Tampilan aplikasi YouTube

Tampilan aplikasi YouTube

Salah satu keunggulan iPhone adalah koleksi aplikasinya yang tersedia melalui App Store. Di sana kita bisa mencari berbagai macam aplikasi, mulai dari aplikasi produktivitas hingga permainan tersedia di sana. Bagi anda yang enggan “membeli” aplikasi, tidak usah kuatir karena banyak juga tersedia aplikasi gratis dengan kualitas yang cukup bagus juga. Beberapa aplikasi permainan juga menyediakan versi “Lite” atau “Demo” yang bisa anda unduh dengan gratis untuk menguji permainan tertentu.

Tampilan App Store

Tampilan App Store

Ada juga aplikasi Facebook dan Yahoo Messenger khusus iPhone bagi anda yang gemar mengakses situs jejaring sosial tersebut atau berbincang dengan teman anda melalui YM. Selain tampilannya yang cukup menarik, terdapat juga fitur “Push Notification“, yang mana bisa anda gunakan untuk memberitahukan kepada anda (melalui alarm) apabila ada notifikasi pada akun FB anda atau ada yang memanggil anda melalui YM.

Tampilan aplikasi Facebook dan Yahoo Messenger pada iPhone

Tampilan aplikasi Facebook dan Yahoo Messenger pada iPhone

Aplikasi lain yang saya rekomendasikan adalah Evernote dan WordPress Mobile (saya sudah pernah membahas tentang ini). Evernote merupakan sebuah aplikasi pengelola catatan berbasis cloud. Dengan aplikasi ini, kita bisa menyimpan catatan (berupa teks, gambar, atau video) ke server Evernote yang kemudian bisa kita akses dari web browser, desktop, maupun iPhone. Saya biasa menggunakan aplikasi ini untuk mengelola kartu nama. Ya, saya cukup mengambil foto sebuah kartu nama, dan Evernote secara otomatis melakukan semacam fungsi pengenalan teks untuk “mencatat” informasi yang ada pada kartu nama tersebut. ^^

Tampilan Evernote dan WordPress Mobile

Tampilan Evernote dan WordPress Mobile

Selain aplikasi dari App Store, anda juga bisa mengakses berbagai aplikasi berbasis web yang khusus disediakan untuk iPhone. Beberapa koleksi aplikasi web bisa anda akses melalui Safari di http://www.apple.com/webapps, pilih aplikasi yang anda inginkan, lalu bookmark aplikasi tersebut ke Springboard agar nanti anda bisa jalankan dengan cepat. ^^

Daya Tahan Baterai

Sejujurnya, sebelum membeli iPhone 3GS ini saya sempat bingung menentukan pilihan antara perangkat berbasis Google Android (Nexus One, HTC Hero, dll) dan iPhone 3GS. Pada akhirnya, faktor daya tahan baterai menjadi salah satu “penilaian minus” saya terhadap ponsel Android. Saya telah membaca beberapa ulasan dari pengguna pada forum-forum internet, dan kebanyakan dari mereka mengeluhkan daya tahan baterainya yang sangat boros. Kasusnya juga bermacam-macam: mulai dari perangkat lunak atau firmware yang kurang sempurna, hingga berbagai anomali yang belum jelas penyebabnya. Dampaknya, kebanyakan pengguna harus mengisi ulang baterai hingga 2 kali dalam sehari! ^^;

Penggunaan aplikasi secara berlebihan bisa mengurangi durasi daya tahan baterai

Penggunaan aplikasi secara berlebihan bisa mengurangi durasi daya tahan baterai

Untuk daya tahan baterai iPhone 3GS, Apple mengklaim:

  • Waktu bicara: ~12 jam (2G) atau ~5 jam (3G)
  • Akses internet: ~5 jam (3G) atau ~9 jam (WiFi)
  • Multimedia: ~10 jam (video) atau ~30 jam (audio)
  • Standby: ~300 jam

Saya sendiri biasa mengisi ulang baterai iPhone 3GS saya antara 2-3 hari sekali, dengan penggunaan “campuran” antara melakukan panggilan, mengirim SMS, browsing dengan WiFi, membaca e-mail, memutar lagu, mengambil foto atau merekam video, dan sesekali bermain game.

Kekurangan/Kelemahan

Menurut saya, ada 2 kelemahan iPhone 3GS ini, yaitu: Bluetooth dan iTunes. Ya, fitur Bluetooth pada iPhone 3GS ini memang sangat-sangat memprihatinkan. Bluetooth pada iPhone 3GS hanya dapat mendeteksi perangkat audio, seperti headset, handsfree atau speaker bluetooth. Kita tidak bisa mengirim dan menerima file dari/ke perangkat lain melalui Bluetooth. Semoga fitur Bluetooth ini diperbaiki lagi pada update firmware mendatang. ^^;

Kelemahan kedua adalah iTunes. Aplikasi manajemen dan sinkronisasi standar dan terlengkap untuk iPhone ini hanya tersedia untuk sistem operasi Mac dan Windows. Saya seringkali kerepotan saat ingin memasukkan lagu atau video ke iPhone, karena saya harus booting ke Windows terlebih dahulu (biasanya saya menggunakan Ubuntu ^^) dan menjalankan iTunes dari sana. Semoga Apple “membuka” sistem manajemen/sinkronisasi datanya pada iTunes sehingga iPhone bisa disinkronisasikan dengan sempurna pada sistem operasi selain Mac dan Windows. ^^

UPDATE: Satu lagi kelemahan iPhone adalah lingkungan pengembangan Apple yang bersifat tertutup. Ya, bukan rahasia lagi kalau anda harus menggunakan metode “jailbreak” untuk memaksimalkan potensi iPhone. Kalau anda gemar mengoprek, mungkin anda lebih tepat memilih perangkat berbasis Android.

Kesimpulan

Saya sudah mengulas kelebihan dan kekurangan iPhone 3GS dan secara umum saya cukup puas dengan seluruh fitur yang ditawarkan oleh perangkat ini. Predikat sebagai salah satu smartphone (ponsel pintar) terbaik layak diberikan pada ponsel buatan Apple ini (tanpa memperhitungkan Bluetooth-nya ^^). Berselancar di web, membaca e-mail, mendengarkan lagu, menonton video, menulis artikel blog bisa anda lakukan dengan mudah dan menyenangkan berkat teknologi multitouch pada iPhone ini. Namun sayangnya Apple kurang “terbuka” dalam mengembangkan sistem iPhone dan ini mungkin kurang sesuai bagi anda yang suka mengoprek ponsel.

Ada komentar tentang ulasan saya? Tertarik membeli iPhone 3GS? ^^

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Internet, Lifestyle, Linux, Mobile, Self, Technology dan tag , , . Tandai permalink.

38 Balasan ke Ulasan iPhone 3GS

  1. donnykurnia berkata:

    Ga ah, mending Android aja. Lingkungan Apple yang serba tertutup ga nyaman buat mengembangkan aplikasi. Masak hardware yang udah dibeli mesti 'dijebol'? Kayak beli rumah tapi ga dikasi kuncinya, terpaksa nyongkel jendela buat masuk ke dalam.

  2. jacobian berkata:

    wah keren banget iphone ternyata.berapa duit tuh harga nya ya?🙂.aq ingin sekali membuat aplikasi utk iphone,sepertinya iphone adalah platform yg sangat bagus utk pembuatan aplikasi.🙂

  3. animaster berkata:

    Bagi yang suka mengutak-utik (oprek) ponselnya, perangkat berbasis Google Android mungkin merupakan pilihan yang lebih tepat. Saya memang setuju dengan anda bahwa sistem iPhone terlalu “tertutup” dan menurut saya, itu merupakan salah satu faktor minus Apple yang paling kritikal.

  4. animaster berkata:

    Harga iPhone 3GS sekitar 7 juta untuk kapasitar 16GB dan 8 juta untuk kapasitas 32GB.Kalau anda memiliki target pasar global, memang pengembangan aplikasi iPhone ini menarik. Selain karena App Store-nya yang memiliki pasar terbesar, ternyata sistemnya juga tidak jauh berbeda dengan iPad. Jadi anda bisa mengembangkan aplikasi yang kompatibel untuk 2 platform: iPhone dan iPad. ^^Tetapi anda juga perlu melirik lingkungan pengembangan aplikasi Android yang jauh lebih terbuka, gratis, dan tersedia untuk semua platform (Linux, Windows, Mac). Either way, it's up to your target market and what platform you are using to develop the app. ^^

  5. Wendy berkata:

    Boleh minta saran? Sedang bingung mau beli google nexus one atau iphone 3gs, bagaimana pendapatnya? Terima kasih.

  6. animaster berkata:

    Sejujurnya, pertanyaan tersebut juga saya pikirkan sebelum membeli iPhone 3GS. Mengapa akhirnya saya memilih iPhone 3GS?(1) Daya tahan baterai iPhone 3GS (2-4 hari) lebih bagus dari Google Nexus One (1-2 hari – referensi dari pengguna Nexus One di beberapa forum internet)(2) Kapasitas bawaan iPhone 3GS (16GB/32GB) lebih besar daripada Nexus One (4GB SDHC) dengan harga yang hampir sama(3) Jumlah aplikasi pada iPhone 3GS (AppStore) relatif lebih banyak daripada Nexus One (Android Market)Namun menurut saya, Nexus One juga memiliki beberapa kelebihan:(1) Pengembangan sistem lebih cepat karena Google Android (sistem operasi pada Nexus One) bersifat terbuka dan cross-platform – SDK tersedia gratis dan bisa dikembangkan dengan Windows, Mac, maupun Linux(2) Integrasi dengan layanan Google (Gmail, Google Calendar, dll) sangat solid(3) Resolusi kamera Nexus One (5.0 megapixel) lebih besar daripada iPhone 3GS (3.2 megapixel)Intinya, menurut saya iPhone 3GS lebih “matang” dibandingkan Nexus One secara umum. Namun, sistem iPhone 3GS yang lebih “tertutup” membuat anda harus lebih “berjuang” apabila anda berniat mengutak-utik sistemnya.Sebaliknya, Nexus One memiliki keunggulan dalam hal keterbukaan sistem, sehingga anda bisa dengan mudah mengoprek sistem intinya (dengan segala resikonya ^^).Apabila anda adalah tipe pengguna yang suka mengutak-utik sistem ponselnya lebih dalam, pilihlah Nexus One. Apabila anda adalah tipe konsumen awam, saya rasa pengoperasian iPhone 3GS lebih sesuai dibandingkan Nexus One.NB: Ini adalah murni opini pribadi saya (dengan referensi dari berbagai sumber) dan saya tidak berniat “menyerang” para fans/pengguna Nexus One atau Android … peace ^^v

  7. Wendy berkata:

    Terima kasih buat waktu dan kesediaan menjawab pertanyaan saya. Saya pikir iPhone 3gs lebih ok sebagai pilihan buat orang awam seperti saya🙂 dan saya tidak bisa utak atik. Ditunggu posting-posting Anda yang menarik berikutnya.🙂

  8. kon_bleach berkata:

    menurut saya kekurangan terakhir, iphone termasuk produk mahal dan costly, mahal semua untuk semua spare-partnya, kecuali ada perusahaan third party yang bisa membuat spare-part seperti batere dll, jika ada kerusakanMaunya beli baterei iphone bebas di semua toko hp dan harganya bersaing:DDan di Indonesia customer support apple termasuk menyedihkan bila dibandingkan dengan luar negerikeren iphonenya tapi iphone buat bagusnya untuk ipod touch dan gamesnya mungkin selain itu, rasanya jarang pakai termasuk fitur internetnyaGo for iphone :C walau dilock semua

  9. Ping balik: Ulasan MeeGo v1.0 – Gabungan Intel Moblin dan Nokia Maemo

  10. Che_mongz berkata:

    mau tanya donk klo iphone kn byasa ny paket internet ny dr telkomsel.trus klo misal make provider laen regis ny internet ny gmn ?? ap sama kyk blackberry/pake pulsa byasa ??.

  11. animaster berkata:

    Saya sendiri menggunakan provider Indosat, karena iPhone 3GS saya FU (Factory Unlocked) dan bebas menggunakan provider/carrier apapun.Untuk layanan internetnya, saya menggunakan paket broadband quota dan durasinya saya sesuaikan dengan kebutuhan. Semisal saya butuh koneksi internet pada iPhone untuk hari ini, maka saya aktifkan layanan internet Indosat broadband yang harian; kalau butuh untuk sebulan, maka saya aktifkan layanan bulanan. Maaf, saya kurang tahu bagaimana skema layanan internet pada Blackberry.

  12. Go_toer berkata:

    saya beli iphone 3gs di malaysia apakah SU atau FU

  13. Anonim berkata:

    Coba cek di artikel ini: http://iphoneall.org/2008/10/iphone-factory-unlock/
    Itu memang sebenarnya ditujukan untuk iPhone 3G, tapi tampaknya juga
    berlaku untuk iPhone 3GS (saya memeriksa SU/FU pada iPhone 3GS saya
    juga melalui artikel tersebut).

  14. Eilbamzmuhammad berkata:

    halo bro saya udah 5 bulanan nih pake 3GS 32 GB FU singtel
    nah sekitar 2 minggu yg lalu itu performa baterai saya turun drastis
    padahal saya udah ikutin cara yg di google matiin push notif,location service,3g
    nah itu probnya gimana?mohon bantuannya🙂

  15. Didik berkata:

    bagaimana cara mensinkronisasi video yg sesuai dg format iphoe 3gs

  16. Prita Aulia berkata:

    kok iphone 3Gs sy boros batere? dlm shri bs 2-3x charge…
    trs klo d jailbreak aman ya?

    • Anonim berkata:

      Untuk masalah baterai, coba matikan WiFi, Bluetooth, dan 3G/Cellular Data
      saat tidak digunakan. iPhone 3GS saya dengan iOS 4.1 bisa bertahan hingga
      2-3 hari dalam sekali charge.

      Apabila anda menggunakan iOS 4.0 dan iPhone 3GS anda factory-unlocked,
      setahu saya jailbreak aman untuk dilakukan. Tentunya backup data-data anda
      terlebih dahulu sebelum melakukan jailbreak.

  17. Rutth berkata:

    wahh, kayaknya saya uda keburu jatuh cinta sma produk Apple..
    walau ada kekurangan, tp tetap Ok…🙂

  18. Soji_tan berkata:

    ane pake udah banyak merek HP ternyata ane berhenti di IPHONE ane udah pake 3g n sekarang 3gs, semuanya mantap SO FAR SO GOOD pokoknya IPHONE n rencana mau ganti ke 4G……menurut ane semua prodak HP manapun ada kelebihan n kekurangan jadi sebaiknya jangan melihat dari kelebihan dan kekurangan tapi lihatlah apa yang anda butuhkan dari handphone yang akan kalian beli dengan begitu keuangan ada jadi tidak akan terkuras karena gunta ganti handphone…

    • Anonim berkata:

      Nasihat yang bagus dari Soji_tan: belilah ponsel sesuai kebutuhan.
      Terima kasih atas saran dan komentarnya. ^^

  19. pepy_luthu berkata:

    napa ya internetnta iphone 3Gs q koq boros bgt d pulsa,padahal layanan utk aplikasi internet q perasaan ga’ ad yg online….thank,bls d almt email q aja ya gan…..email:freewillyary@yahoo.com

    • Anonim berkata:

      Coba masuk ke Settings | General | Network. Di sana ada opsi Cellular
      Data; set ke OFF untuk menonaktifkan layanan data (internet) secara
      keseluruhan.

      Ada baiknya anda berlangganan paket internet yang unlimited (tanpa
      kuota) saat menggunakan internet pada smartphone seperti iPhone,
      Android, atau BlackBerry.

  20. Alfariorio berkata:

    mohon infonya..

    untuk memasukan foto dan lagu dari komputer itu prlu itunes, ad video gak dari youtube ato link lainnya untuk cara menggunakanya??
    klo bluetooth kata sbagian orng bisa mengirim ato menerima file dari prangkat lain, tapi ad fitur yg harus di download.. ap itu bnenar??

    • Anonim berkata:

      Tentang video cara menggunakan iTunes untuk memasukkan lagu ke iPhone,
      silakan coba anda cari langsung di YouTube. Saya sendiri jarang menggunakan
      iTunes (karena jarang memindahkan lagu juga).

      Setahu saya, Bluetooth pada iPhone -secara resmi- hanya bisa digunakan untuk
      headset dan internet tethering. Untuk menerima file dari perangkat lain,
      setahu saya anda harus melakukan jailbreak pada iPhone anda dan
      menginstalasikan aplikasi tertentu untuk mengirim/menerima file via
      Bluetooth.

      Semoga membantu. ^^

  21. Einedd berkata:

    Gimana cara buat nada panggilan berupa music ? Soalnya hnya nada dering iphone aja yang ada ! Apa yg saya hrus buat ?? Tolong dong email me einedd@yahoo.com

  22. Weiz berkata:

    Btw gimana caranya untuk mengopy video ke iPhone kita ya??
    Tq

  23. Arha berkata:

    Aku Jg make IPhone 3GS, tp baterainya cepat lowbetttttt….. Maksimalnya cm bs dipake sehari. Knp yaCh?? Pdhal pemakaiannya standar2 aja,bhkan jarang bnget dipake nelfon,plng cm browsing ma SMS. Ngeselin! Tp selain itu smuax kereeen,,””

    • Anonim berkata:

      Setahu saya, semua smartphone juga mengalami masalah yang sama, yaitu baterainya perlu di-recharge setiap hari. Beberapa tips untuk menghemat baterai:
      – Turunkan tingkat Brightness layar (ada di Settings -> Brightness)
      – Jangan aktifkan fitur GPS (location service) apabila tidak diperlukan – Aktifkan “Airplane Mode” saat anda sedang tidur di malam hari atau berada pada daerah yang sinyalnya jelek

      Semoga membantu. ^^

  24. Smith berkata:

    soal bluetooth nya nih, saya udah ada applikasi Bluetooth Trasfering file, tapi masih ngga ngerti penggunaan nya.

  25. Nanda berkata:

    Kalau iPhone Anda ini sendiri sudah dilakukan jailbreak ya saat menulis ini? Saat kita menjailbreak iPhone itu sendiri, kita akan kehilangan garansi kita, bukan?

  26. Bimz Eno berkata:

    untuk masalah bluetooth pada iphone 3gs apa sudah bisa diatasi klo upgrade firmware ke iphone ke iOS 4.0??

  27. Agnezmooi_boutique berkata:

    saya mw nanya dong,kl mw download aplikasi2 d appstore,kok keluarnya apple id,suruh masukin password..itu maksudnya gmn y?

    • Anonim berkata:

      Untuk download aplikasi dari App Store memang anda harus membuat account Apple ID. Anda bisa langsung registrasi account dari iPhone juga.

    • Nanda berkata:

      Betul sekali..
      Kalo Anda adl seorang iPhone user, sudah jelas, bahwa Apple ID adalah sebuah kebutuhan wajib.

  28. al berkata:

    cara bikinnya apple id nya gimna ? makasih

Tinggalkan Balasan

