Jolicloud “Robby” Versi Final Segera Dirilis

Tampilan App Center pada Jolicloud Robby versi Final

Tampilan App Center pada Jolicloud Robby versi Final

(Klik pada screenshot di atas untuk tampilan besar) Setelah beberapa bulan menjalani versi beta, akhirnya tim pengembang Jolicloud mengumumkan bahwa mereka akan merilis Jolicloud “Robby” versi final pada akhir bulan ini. Salah satu perubahan terbesar adalah penggunaan Chrome untuk menggantikan Mozilla Prism dalam menangani aplikasi berbasis web pada Jolicloud. Ya, semua (600+) aplikasi web Jolicloud di App Center akan dikonversikan ke Chrome. Menurut mereka, Chrome jauh lebih cepat dalam menangani aplikasi-aplikasi berbasis web dibandingkan dengan Mozilla Prism.

Walaupun demikian, Firefox tetap menjadi aplikasi peramban utama Jolicloud. Versi yang akan mereka gunakan adalah Firefox 3.6. Tim pengembang Jolicloud mengklaim performa (kecepatan) Firefox di Jolicloud lebih cepat sekitar 10% dari distro Linux lain pada netbook dengan prosesor Intel Atom. Hal ini disebabkan oleh diaktifkannya sebuah “compiler flag” pada Firefox untuk menghilangkan pembatasan pada Intel Atom dan optimasi pada penggunaan cache.

Selain itu, kini Jolicloud juga sudah mendukung seri baru Intel Atom, yaitu Pine Trail (seperti Intel Atom N450, N470). NVIDIA ION dan Broadcom HD Accelerator juga sudah didukung penuh, terutama untuk pemutaran video definisi tinggi 1080p. Yang menarik, tim pengembang juga mengklaim bahwa Jolicloud sudah bisa memakai kemampuan Intel Pine Trail (Intel GMA 3150) untuk memutar video definisi tinggi 1080p secara langsung, tanpa perlu melakukan instalasi perangkat lunak atau aplikasi tambahan. Wow!

Saya jadi tertarik untuk menginstalasikan distro varian Ubuntu ini ke dalam HP Mini 311 saya yang menggunakan NVIDIA ION. Bagaimana dengan anda? Apakah anda tertarik menggunakannya? Atau mungkin anda sudah menggunakan Jolicloud pada netbook anda? ^^

Sumber: Blog Jolicloud

Iklan

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Internet, Lifestyle, Linux, Mobile, Technology dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s