MeeGo = Intel Moblin + Nokia Maemo

MeeGo - Platform gabungan Moblin (Intel) dan Maemo (Nokia)

MeeGo - Platform gabungan Moblin (Intel) dan Maemo (Nokia)

Pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2010 ini, Nokia mengumumkan sebuah proyek pengembangan sebuah proyek open-source baru hasil kerjasama dengan Intel, yaitu MeeGo. Menurut Nokia, MeeGo merupakan integrasi antara proyek Moblin (Intel) dan Maemo (Nokia). Ya, keduanya merupakan proyek pengembangan sistem operasi berbasis Linux untuk perangkat mobile, dan kini digabungkan menjadi satu dalam proyek MeeGo.

Langkah kerjasama antara Intel dan Nokia ini memang cukup beralasan apabila mereka ingin “bertarung” di pasar sistem operasi untuk perangkat mobile. Ya, saat ini pasar sistem operasi mobile didominasi oleh Apple (iPhone OSX), Google (Android), dan Microsoft (Windows Mobile). Nokia memang sempat merilis Maemo pada N900 dan perangkat tersebut sempat mendapatkan perhatian. Intel juga sempat mengumumkan sebuah perangkat mobile yang menggunakan Moblin, yaitu LG GW990 dan sejumlah netbook dari Acer. Namun keduanya masih jauh di bawah popularitas iPhone dan perangkat berbasis Android.

Nokia sendiri mengumumkan bahwa perangkat pertama berbasis MeeGo akan dirilis pada kuartal ke-2 tahun ini, sedangkan SDK dan kode sumber MeeGo akan dirilis beberapa minggu lagi untuk para pengembang. Oh ya, bagi anda yang ingin tahu lebih lanjut mengenai MeeGo, silakan kunjungi situs resminya di: http://www.meego.com. Apakah MeeGo akan merebut pangsa pasar sistem operasi mobile dari iPhone dan Android? Kita tunggu saja. ^^

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Internet, Linux, Mobile, Technology dan tag , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke MeeGo = Intel Moblin + Nokia Maemo

  1. Ping balik: Ulasan MeeGo v1.0 – Gabungan Intel Moblin dan Nokia Maemo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s