Mencoba Mode Jendela Tunggal pada GIMP

GIMP dengan mode jendela tunggal

Dulu sebelum saya mengenal Ubuntu, saya sering menggunakan aplikasi Paint.NET atau Adobe Photoshop (versi bajakan tentunya ^^) untuk menyunting gambar. Nah, saat saya menggunakan Ubuntu, saya merasa kurang nyaman menggunakan aplikasi penyunting gambar bawaannya, yaitu GIMP. Mengapa? Karena pengaturan jendela di GIMP agak kacau (menurut saya), tidak seperti pada Paint.NET atau Photoshop yang menggunakan gaya single window (jendela tunggal).

Nah, beberapa minggu lalu saya membaca sebuah kabar bahwa GIMP akan mengimplementasikan mode jendela tunggal pada versi 2.8 nanti. Ya, para tim pengembang dan desainer tampilan sedang melakukan diskusi intensif mengenai hal ini. Karena penasaran, akhirnya saya mencoba melakukan instalasi GIMP versi 2.7 beta dari sebuah repositori PPA milik matthaeus123.

gimp-single-2

Setelah instalasi (atau lebih tepatnya upgrade ^^) selesai, saya langsung membuka GIMP. Saya disambut dengan sebuah tampilan splash-screen GIMP baru. Hmm … tampilannya masih tetap multi-jendela seperti GIMP 2.6. Setelah beberapa saat mencari-cari opsi atau konfigurasi untuk mengatur tampilan, akhirnya saya menemukan opsi untuk mode jendela tunggal pada menu Windows. Saya aktifkan mode tersebut dan … VOILA! Jendela toolbar langsung merapat ke kiri, sedangkan jendela Layers dan Brushes merapat ke kanan. Gambar-gambar yang saya buka juga tertata dengan sistem tabbed. Wow! Akhirnya saya bisa menikmati mode jendela tunggal pada GIMP!! ^^

Namun seperti rilis beta pada aplikasi lain, GIMP 2.7 ini juga masih memiliki sejumlah bug. Beberapa yang saya rasakan adalah kinerja aplikasi yang sedikit lebih lambat pada mode jendela tunggal, dan pengaturan jendela yang terkadang kacau saat saya menonaktifkan mode jendela tunggal. Bagi anda yang tertarik mencobanya, pastikan anda tahu apa yang anda lakukan karena GIMP 2.7 ini bukan versi stabil. Kalau anda ingin "main aman", silakan tunggu rilis stabil GIMP 2.8 nanti. ^^

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Linux, Self, Technology dan tag , . Tandai permalink.

11 Balasan ke Mencoba Mode Jendela Tunggal pada GIMP

  1. jacobian berkata:

    wah GIMP udah mulai bagus neh.aq juga menyukai single window yg ada di photoshop.dan jika gimp mengadopsi ini maka akan mempermudah penggunaan gimp.

  2. jacobian berkata:

    wah GIMP udah mulai bagus neh.aq juga menyukai single window yg ada di photoshop.dan jika gimp mengadopsi ini maka akan mempermudah penggunaan gimp.

  3. animaster berkata:

    @jacobian
    Ya, dan bagusnya lagi kita bisa memilih mau menggunakan mode single window atau multi window dari opsi Windows pada GIMP tersebut. ^^

  4. animaster berkata:

    @jacobian
    Ya, dan bagusnya lagi kita bisa memilih mau menggunakan mode single window atau multi window dari opsi Windows pada GIMP tersebut. ^^

  5. irawan berkata:

    okelah klo begitu…lebih baik beta sabar menunggu.. 🙂

  6. irawan berkata:

    okelah klo begitu…lebih baik beta sabar menunggu.. 🙂

  7. jarwadi berkata:

    iya sih, sistem window nya gimp saat ini sering bikin pusing kepala, meski mungkin bermanfaat untuk orang orang tertentu

    btw saya dua kali coba install itu kok ga bisa ya,

  8. jarwadi berkata:

    iya sih, sistem window nya gimp saat ini sering bikin pusing kepala, meski mungkin bermanfaat untuk orang orang tertentu

    btw saya dua kali coba install itu kok ga bisa ya,

  9. animaster berkata:

    @jarwadi
    Gagal instalasi? Kalau boleh tahu, apa pesan kesalahannya?

  10. animaster berkata:

    @jarwadi
    Gagal instalasi? Kalau boleh tahu, apa pesan kesalahannya?

Tinggalkan Balasan

