NVIDIA Optimus: Kinerja Grafis Tinggi + Baterai Tahan Lama

Teknologi NVIDIA Optimus

Teknologi NVIDIA Optimus

Notebook dengan prosesor grafis ganda dengan sistem “switch” sebenarnya sudah diperkenalkan sejak beberapa tahun lalu dan sudah digunakan pada beberapa notebook. Ya, istilah “prosesor grafis ganda” di sini merujuk pada kombinasi antara prosesor grafis terintegrasi dan prosesor grafis diskrit. Ide dasarnya adalah pengguna diberi kebebasan untuk “memilih” sendiri prosesor grafisnya -dengan bantuan switch/tombol- sesuai kebutuhan.

Apabila pengguna mengaktifkan prosesor grafis terintegrasi, maka baterai notebook bisa bertahan lebih lama, namun konsekuensinya adalah kinerja grafis yang menurun drastis. Sebaliknya, apabila pengguna mengaktifkan prosesor grafis diskrit, maka kinerja grafis notebook akan maksimal, tetapi waktu hidup baterai notebook akan jauh lebih pendek. Nah, NVIDIA memberikan solusi atas masalah yang dilematis ini melalui teknologi Optimus. Apa itu?

NVIDIA Optimus merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan sistem untuk mengatur kapan harus menggunakan grafis terintegrasi dan kapan harus menggunakan grafis diskrit … secara otomatis! Ya, NVIDIA menganalogikan teknologi ini seperti mobil hybrid, yang bisa secara otomatis “berpindah” dari penggunaan bensin ke listrik sesuai kebutuhan. Pada notebook dengan Optimus, sistem akan mengaktifkan grafis diskrit pada saat anda menonton film definisi tinggi, bermain game, atau melakukan pekerjaan yang membutuhkan kinerja grafis lebih. Sebaliknya, saat anda hanya melakukan berbagai pekerjaan ringan seperti mengetik, memeriksa e-mail, atau mendengarkan musik, maka sistem akan mengaktifkan grafis terintegrasi untuk menghemat pemakaian baterai notebook. Semua dijalankan secara otomatis dan anda tidak perlu melakukan restart/reboot saat sistem berpindah mode grafis. Wow!

Kinerja Grafis vs Daya Tahan Baterai

Kinerja Grafis vs Daya Tahan Baterai

Dari grafik di atas, anda sudah bisa mengetahui keuntungan Optimus, yaitu mengoptimalkan kinerja grafis sekaligus daya tahan baterai pada notebook. Bagi pengguna notebook yang suka bermain game atau menonton film, solusi NVIDIA Optimus ini sangat menarik. Ya, mereka tidak perlu lagi takut kehabisan baterai secara cepat saat melakukan aktivitas-aktivitas yang membutuhkan kinerja dari kartu grafis diskrit.

ASUS telah merilis sebuah notebook yang menggunakan NVIDIA Optimus, yaitu ASUS UL50VF dan hasilnya memuaskan. Dengan kombinasi Intel GMA 4500MHD dan GeForce G210M, notebook ini memiliki waktu hidup sekitar 8 jam saat menggunakan Optimus. Memang penggunaan prosesor CULV Intel Core 2 Duo SU7300 juga turut memberikan andil pada kuatnya daya tahan baterai notebook ini, tetapi Optimus juga sudah menunjukkan “kemampuannya”.

Bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai Optimus, silakan langsung menuju ke halaman resminya. Oh ya, Optimus baru berjalan dengan lancar pada sistem operasi Windows. Bagi pengguna Linux, tampaknya anda harus menunggu update driver yang mendukung Optimus, yang kabarnya akan dirilis tidak lama lagi. Bagaimana pendapat anda? ^^

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Gaming, Linux, Technology dan tag , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke NVIDIA Optimus: Kinerja Grafis Tinggi + Baterai Tahan Lama

  1. jacobian berkata:

    ya fitur penggunaan kartu grafis ganda seperti ini di gunakan pertama kali oleh laptop vaio.dan aq juga sangat suka dengan fitur ini karna emang sangat menghemat baterai.🙂

  2. jacobian berkata:

    ya fitur penggunaan kartu grafis ganda seperti ini di gunakan pertama kali oleh laptop vaio.dan aq juga sangat suka dengan fitur ini karna emang sangat menghemat baterai.🙂

  3. Ziezie berkata:

    Trus gimana cara setting manual agar always VGA nividia yg kebaca ? coz saat maen game PES11 nividianya gk terdeteksi tuh……. thanks……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s