Emulasi Multi Konsol dengan Mednafen

Game Final Fantasy Tactics Advance pada Mednafen GBA

Sebelumnya saya mohon maaf karena saya agak jarang memperbaharui blog ini karena berbagai kesibukan belakangan ini. ^^

OK, topik kali ini adalah emulasi sistem konsol pada Ubuntu. Dulu saya sudah pernah membahas mengenai emulasi SNES pada Ubuntu dengan Snes9x-GTK. Nah, kali ini saya akan membahas tentang sebuah aplikasi emulasi konsol bernama Mednafen. Apa itu Mednafen? Bagaimana cara instalasi dan konfigurasinya?

Mednafen adalah sebuah aplikasi emulasi multi konsol yang menggunakan OpenGL dan SDL serta dijalankan melalui baris perintah (baca: tanpa tampilan antarmuka/GUI). Beberapa fiturnya antara lain:

  • Mendukung sistem konsol: Atari Lynx, Game Boy Color, Game Boy Advance, NES, PC Engine (TurboGrafx 16), SuperGrafx, Neo Geo Pocket (Color), PC-FX, dan WonderSwan (Color)
  • Mendukung perangkat kontrol keyboard dan gamepad/joystick
  • Mendukung save-state
  • Mendukung pengambilan screenshot dalam format PNG

Ya, Mednafen sebenarnya tidak memiliki tampilan GUI, sehingga untuk menjalankannya anda harus menggunakan terminal. Untungnya, seseorang membuat sebuah tampilan frontend dengan Python dan GTK+ untuk Mednafen (thanks MonkeeSage! ^^). Untuk menginstalasikan Mednafen (dengan frontend) pada Ubuntu, silakan unduh berkas instalasinya dan jalankan berkas DEB tersebut. Setelah proses instalasi selesai, anda bisa mengakses Mednafen dari menu Applications | Games | Mednafen.

Konfigurasi Mednafen

Untuk mengatur konfigurasi Mednafen, masuk ke tab Engine. Pengaturan paling penting terletak pada bagian Emulator (bagian bawah). Backend berisi pilihan sistem konsol yang ingin anda emulasikan dan ROM File …. tentunya anda sudah tahu mengenai ini. ^^ Untuk Pixel Shader, opsi tersebut hanya untuk memperhalus tampilan gambar dan bersifat opsional. Kalau sudah selesai mengatur konfigurasi Mednafen, klik Play.

Hmm … merasa ada yang kurang dengan konfigurasi Mednafen? Ya, kita belum mengatur tentang pemetaan tombol kontrol konsol yang akan diemulasikan ke tombol keyboard, karena pengaturan tersebut tidak tersedia pada frontend Mednafen.

Untuk mengatur pemetaan tombol, pada layar game tekan secara bersamaan ALT + SHIFT + 1. Nantinya akan muncul tulisan UP (1) di bagian bawah layar game. Tulisan tersebut berarti “masukkan tombol keyboard atau joystick yang akan dipetakan sebagai tombol UP pada konsol“. Setelah itu, akan muncul tulisan UP (2), yang berarti “konfirmasikan ulang tombol keyboard atau joystick yang akan dipetakan sebagai tombol UP pada konsol“. Ya, anda harus menekan tombol keyboard atau joystick 2 kali untuk setiap tombol yang akan diemulasikan. Silakan lanjutkan pemetaan tombol sampai selesai.

Sudah selesai? Silakan mulai bernostalgia dengan game-game klasik bersama Mednafen. ^^

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Gaming, Guide, Linux dan tag , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Emulasi Multi Konsol dengan Mednafen

  1. jacobian berkata:

    wah ini tampaknya versi awalnya final fantasy ya.šŸ™‚

  2. jacobian berkata:

    wah ini tampaknya versi awalnya final fantasy ya.šŸ™‚

  3. Ping balik: Guyub – Konsultan F/OSS » Blog Archive » Charlie Anthony: Mencoba Mode Jendela Tunggal pada GIMP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s