Tren Teknologi Informasi dari CES 2010

CES 2010

Consumer Electronics Show (CES) merupakan sebuah even tahunan yang mempertemukan berbagai pelaku dunia Teknologi Informasi (TI) dari seluruh dunia. Pada ajang ini, para produsen produk TI berlomba-lomba memamerkan produk dan teknologi terbaru mereka, sedangkan para konsumen sibuk mengamati dan mencoba berbagai perangkat dan teknologi baru tersebut. Ya, ajang CES kerap kali dijadikan acuan tren TI pada tahun tersebut, seperti yang terjadi pada CES 2010 ini. Apa saja yang akan menjadi tren pada 2010?


Netbook, Smartbook, dan Mobile Internet Device (MID)

Jika boleh disebutkan produk TI yang paling mendominasi CES 2010, maka semua pasti setuju bahwa produk tersebut adalah netbook, smartbook, dan MID. Kalau tentang netbook, semua pasti sudah tahu. Bagaimana dengan smartbook dan MID?

Prototype smartbook HP

Sebenarnya, istilah smartbook pertama kali diperkenalkan oleh Qualcomm sekitar 1-2 tahun lalu. Setelah dikembangkan oleh para produsen, akhirnya berbagai prototype smartbook pun mulai menjamur pada CES 2010 ini. Sekilas, fisik prototype smartbook yang dipamerkan oleh HP ini tampak mirip dengan netbook. Lalu apa bedanya?

Salah satu perbedaan yang paling mendasar adalah smartbook tidak menggunakan prosesor Intel atau AMD pada umumnya, melainkan prosesor berbasis ARM yang biasa digunakan pada ponsel pintar (smartphone), seperti iPhone dan Nexus One. Karena tidak menggunakan arsitektur x86 atau x64, smartbook juga tidak bisa menggunakan sistem operasi desktop seperti Windows XP, Vista, 7 atau Mac OSX. Sebagai gantinya, smartbook biasanya menggunakan sistem operasi alternatif seperti Intel Moblin atau sistem operasi mobile seperti Google Android, seperti yang terlihat pada prototype smartbook dari HP tersebut. Karakteristik smartbook yang lain adalah keberadaan GPS, layar sentuh, serta ukuran fisik yang tipis dan ringan.

Keuntungannya, smartbook memiliki daya tahan baterai yang sangat bagus dengan kinerja cukup tinggi. Di samping itu, smartbook juga lebih mudah diintegrasikan dengan berbagai jenis konektivitas mobile seperti HSDPA, 3G, Wi-Fi, dan -jika memungkinkan- fungsi telepon. Qualcomm juga menjanjikan kemampuan memutar video 1080p dengan lancar (mungkin dengan integrasi NVIDIA Tegra 2) pada smartbook.

ces2010-midtablet

Di samping netbook dan smartbook, MID juga menjadi primadona dalam CES 2010 ini. Para produsen ramai-ramai memamerkan produk konsep MID buatan mereka, seperti prototype MID dari MSI pada foto di atas. Perangkat yang biasanya disebut sebagai "tablet" ini memiliki karakteristik unik, yaitu:

  • Layar sentuh
  • Tidak memiliki keyboard
  • Ukuran fisik relatif kecil, tipis, dan ringan
  • Sistem operasi mobile seperti Google Android dan Windows CE

Dukungan pemutaran video definisi tinggi hingga 1080p dan game 3 dimensi juga dimungkinkan pada MID, dengan bantuan NVIDIA Tegra 2 yang kabarnya sudah diimplementasikan pada prototype MID dari MSI ini. Selain itu, perangkat ini juga menggunakan Google Android sebagai sistem operasinya.

Selain netbook, smartbook, dan MID/tablet, ada juga produk yang menggabungkan ketiga jenis perangkat tersebut. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah Lenovo IdeaPad U1 Hybrid, yang merupakan gabungan dari 2 macam perangkat, yaitu netbook dan MID.

Pada mode netbook, U1 Hybrid membawa prosesor CULV, SSD berkapasitas 128GB, dan Windows 7 Home Premium. Nah, bagian layar U1 Hybrid bisa dilepas dan anda akan "masuk" ke mode MID dengan prosesor Qualcomm Snapdragon yang berbasis ARM, memori 512MB, kapasitas penyimpanan 16GB, dan sistem operasi Skylight Linux. Wow!

Moblin dan Android

Jika anda rajin memantau setiap perkembangan berita dari ajang CES 2010 ini, maka anda tentu tahu bahwa sistem operasi yang paling sering "muncul" adalah varian Intel Moblin dan Google Android.

ces2010-moblin

Salah satu contohnya adalah MSI yang memamerkan netbook Wind U135 dengan sistem operasi SUSE Linux "dibalut" tampilan antarmuka Moblin. Dari hasil ujicoba yang dilakukan, Moblin tampak sangat nyaman digunakan dan kita dapat dengan mudah mengakses berbagai fungsi netbook ini, berkat bantuan widget yang disediakan Moblin. Tampaknya netbook yang akan dirilis bulan Februari ini akan menjadi target para Linuxer. ^^

google-nexus-page

Sistem operasi Android memang sangat banyak diadopsi oleh berbagai produsen pada perangkat-perangkat yang mereka kembangkan. Sistem operasi open source ini dapat kita temukan pada hampir semua jenis perangkat, seperti dari netbook, smartbook, MID, dan tentunya smartphone (Google Nexus One ^^).

OK, demikian ulasan singkat saya mengenai tren dunia TI dari CES 2010, yang bila disimpulkan menjadi 5 kata kunci, yaitu: netbook, smartbook, tablet, moblin, android. Bagaimana pendapat anda?

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Internet, Lifestyle, Linux, Mobile, Technology dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Tren Teknologi Informasi dari CES 2010

  1. hensip berkata:

    ulasan yang menarik, mohon ijin menyebarkannya om…

  2. hensip berkata:

    ulasan yang menarik, mohon ijin menyebarkannya om…

  3. animaster berkata:

    @hensip
    Silakan disebarkan, dengan tautan (link) ke artikel ini lagi tentunya. ^^

  4. animaster berkata:

    @hensip
    Silakan disebarkan, dengan tautan (link) ke artikel ini lagi tentunya. ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s