Seri VAIO Terbaru dari Sony

VAIO

Pada ajang CES 2010 ini, Sony mengumumkan beberapa seri terbaru dari jajaran notebook VAIO nya. Bagaimana bentuk fisik dan spesifikasinya? Berikut ulasan singkatnya.

VAIO Y

VAIO Y

Mengikuti tren yang sedang naik daun di kalangan produsen notebook, Sony akhirnya merilis notebook dengan prosesor CULV, yaitu VAIO Y. Dengan karakteristik yang mirip dengan notebook CULV lain, VAIO Y memiliki kinerja di atas Atom, daya tahan baterai bagus, serta bentuk fisik yang tipis dan ringan (karena tidak ada drive DVD ^^). Berikut spesifikasi lengkapnya:

  • Prosesor: Intel Core 2 Duo SU7300 1,3GHz
  • RAM: 4GB
  • HDD: 500GB
  • Layar: 13-inci LED dengan resolusi 1366 x 768
  • Sistem Operasi: Windows 7 Home Premium
  • Baterai: sekitar 7 jam

Memang daya tahan baterainya di bawah rata-rata notebook CULV lainnya, seperti ASUS UL30A yang bisa hidup hingga 10 jam. Namun VAIO Y menawarkan desain premium dari magnesium serta keyboard dan touchpad yang nyaman. Dengan harga sekitar USD 800, apakah anda tertarik?

VAIO W

VAIO W versi Eco

OK, VAIO W bukan seri VAIO baru. Netbook ini sudah dirilis tahun lalu dengan harga yang di atas rata-rata netbook lain (Rp 5 jutaan) dengan spesifikasi yang agak tanggung (baterai 4-cell) namun menawarkan layar 10-inci dengan resolusi tinggi (1366 x 768). Kini, Sony memperbarui seri VAIO W dengan spesifikasi baru yaitu:

  • Prosesor: Intel Atom N450 1,66GHz
  • RAM: 1GB
  • HDD: 250GB
  • Layar: 10-inci dengan resolusi 1366 x 768
  • Berat: 1,3 kg
  • Sistem Operasi: Windows 7 Starter
  • Baterai: sekitar 7 jam

Satu lagi yang spesial pada netbook ini adalah tema “hijau” yang diusung Sony. Menurut Sony, 20% dari bahan pembuatan VAIO W dibuat dari hasil daur ulang CD. Di samping itu, netbook ini tidak menyertakan buku manual fisik dan hanya tersedia secara digital (dalam hard disk). Sebagai bonus, anda juga mendapatkan sebuah tas yang terbuat dari hasil daur ulang botol. Sony mematok harga sekitar USD 480 untuk netbook ini.

VAIO Z

VAIO Z

Sony juga memperbarui seri VAIO Z dengan spesifikasi baru, yaitu:

  • Prosesor: Intel Core i5 M520 2,4GHz
  • RAM: (belum diketahui)
  • HDD: tersedia beberapa pilihan hingga 512GB SSD
  • Drive: BD-ROM
  • Layar: 13,1-inci dengan resolusi 1600 x 900
  • Grafis: NVIDIA GeForce GT 330M dan grafis onboard

Seperti seri VAIO Z sebelumnya, seri ini memiliki fitur unik yaitu mode grafis yang bisa diubah-ubah. Ya, VAIO Z memiliki 2 mode grafis, yaitu kartu grafis terintegrasi (mode Stamina) dan GeForce GT 330M (mode Speed). Anda bisa memilih mode Stamina untuk memperoleh daya tahan baterai yang lebih lama, mode Speed untuk kinerja grafis maksimal, atau mode Auto yang secara otomatis menyesuaikan mode grafis sesuai kebutuhan.

Dengan desain dan spesifikasi yang premium pada VAIO Z, Sony memasang harga USD 1830 untuk notebook yang ditujukan bagi pengguna profesional ini. Tertarik?

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Internet, Lifestyle, Linux, Technology dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

21 Balasan ke Seri VAIO Terbaru dari Sony

  1. steven berkata:

    sepertinya anda suka dengan vaio ya bro ? ikutin banget trend viao-nya. hehehe
    ngomong2 untuk perbandingan Viao Y dan ASUS ULV30A mau kasih komentar juga bro….
    ASUS ULV30A juga udah premium style kok bro. pake nya alumunium casing bukan magnesium, dan sudah direview di luar negri dapet bintang 4-5. daya tahan baterai lama juga bro. saya cuma nggak ngerti beda magnesium dan alumunium itu apa, karena belum pernah megang yang Sony tipe Y.🙂

    thanks

  2. steven berkata:

    sepertinya anda suka dengan vaio ya bro ? ikutin banget trend viao-nya. hehehe
    ngomong2 untuk perbandingan Viao Y dan ASUS ULV30A mau kasih komentar juga bro….
    ASUS ULV30A juga udah premium style kok bro. pake nya alumunium casing bukan magnesium, dan sudah direview di luar negri dapet bintang 4-5. daya tahan baterai lama juga bro. saya cuma nggak ngerti beda magnesium dan alumunium itu apa, karena belum pernah megang yang Sony tipe Y.🙂

    thanks

  3. animaster berkata:

    @steven
    Ya, saya sangat mengagumi desain notebook VAIO. Setiap kali melihat di pameran atau di situs resminya, saya selalu tergiur dengan penampilannya, walaupun memang harganya cenderung di atas rata-rata notebook pada umumnya.

    Tentang ASUS UL30A, jujur saja, saya hampir membelinya akhir 2009 lalu. Dengan model yang stylish, keyboard ala Mac (dan beberapa seri VAIO ^^), daya tahan baterai sekitar 10 jam, bobot yang ringan, dan harga cukup kompetitif, saya rasa UL30A merupakan salah satu pilihan notebook terbaik 2009. ^^
    Di samping itu, kabarnya ada varian lain UL30 yang lebih menarik, yaitu UL30Vt yang menggunakan kartu grafis GeForce dengan daya tahan baterai masih cukup tinggi (sekitar 8-9 jam), dengan harga sedikit lebih tinggi tentunya. ^^

  4. animaster berkata:

    @steven
    Ya, saya sangat mengagumi desain notebook VAIO. Setiap kali melihat di pameran atau di situs resminya, saya selalu tergiur dengan penampilannya, walaupun memang harganya cenderung di atas rata-rata notebook pada umumnya.

    Tentang ASUS UL30A, jujur saja, saya hampir membelinya akhir 2009 lalu. Dengan model yang stylish, keyboard ala Mac (dan beberapa seri VAIO ^^), daya tahan baterai sekitar 10 jam, bobot yang ringan, dan harga cukup kompetitif, saya rasa UL30A merupakan salah satu pilihan notebook terbaik 2009. ^^
    Di samping itu, kabarnya ada varian lain UL30 yang lebih menarik, yaitu UL30Vt yang menggunakan kartu grafis GeForce dengan daya tahan baterai masih cukup tinggi (sekitar 8-9 jam), dengan harga sedikit lebih tinggi tentunya. ^^

  5. jacobian berkata:

    wow emang keren banget dah laptop vaio tuh.bikin ngiler aja dah.tapi pasti mahal banget tuh.🙂

    my_blog

  6. steven berkata:

    kenapa nggak jadi beli UL30A nya bro ?

  7. steven berkata:

    kenapa nggak jadi beli UL30A nya bro ?

  8. jarwadi berkata:

    begitu lihat logo sony vaio langsung ke inget sama james bond dan film avatar, hehe

  9. jarwadi berkata:

    begitu lihat logo sony vaio langsung ke inget sama james bond dan film avatar, hehe

  10. animaster berkata:

    @jacobian
    Ya, biasanya memang notebook VAIO dijual dengan harga yang rata-rata lebih tinggi dari notebook lainnya.

    @steven
    Saya tidak jadi membelinya karena saya sudah memiliki notebook VAIO SZ-430 dengan layar 13-inci (sama dengan ukuran layar UL30) yang saya beli akhir 2007 lalu. Saya rasa notebook tersebut masih mampu menjalankan aplikasi-aplikasi yang ada saat ini, walaupun daya tahan baterainya jauh di bawah UL30.

    Akhirnya saya menjatuhkan pilihan pada netbook HP Mini 311, yang berukuran tipis/kecil, bobot ringan, daya tahan baterai lumayan, diperkuat NVIDIA ION, dan harganya cukup kompetitif. ^^

    @jarwadi
    Ya, dan seingat saya pada film 2012, ada beberapa adegan yang memperlihatkan notebook VAIO. ^^

  11. animaster berkata:

    @jacobian
    Ya, biasanya memang notebook VAIO dijual dengan harga yang rata-rata lebih tinggi dari notebook lainnya.

    @steven
    Saya tidak jadi membelinya karena saya sudah memiliki notebook VAIO SZ-430 dengan layar 13-inci (sama dengan ukuran layar UL30) yang saya beli akhir 2007 lalu. Saya rasa notebook tersebut masih mampu menjalankan aplikasi-aplikasi yang ada saat ini, walaupun daya tahan baterainya jauh di bawah UL30.

    Akhirnya saya menjatuhkan pilihan pada netbook HP Mini 311, yang berukuran tipis/kecil, bobot ringan, daya tahan baterai lumayan, diperkuat NVIDIA ION, dan harganya cukup kompetitif. ^^

    @jarwadi
    Ya, dan seingat saya pada film 2012, ada beberapa adegan yang memperlihatkan notebook VAIO. ^^

  12. Ping balik: Animaster Talks | Simple Digital Life » Blog Archive » Spesifikasi Resmi Sony VAIO Z Baru

  13. afriel berkata:

    sebentar lagi akan dibeli oleh ku!!!!!!!

  14. afriel berkata:

    sebentar lagi akan dibeli oleh ku!!!!!!!

  15. Ping balik: Charlie Anthony: Spesifikasi Resmi Sony VAIO Z Baru | Planet Linux Indonesia

  16. Ping balik: Animaster Talks | Simple Digital Life » Blog Archive » Laptop Sony VAIO Seri E

  17. jacobian berkata:

    wow emang keren banget dah laptop vaio tuh.bikin ngiler aja dah.tapi pasti mahal banget tuh.🙂my_blog

  18. oky berkata:

    maaf nanya mas, utk VAIO W, apakah untuk intalasi ulang sdh tersedia di dalam hardisknya? jadi tidak memerlukan cd, seperti TOSHIBA

  19. animaster berkata:

    Kalau saya baca dari halamanresminya<http://vaio-online.sony.com/prod_info/vgn-tx46gp_w/specifications.html&gt;,tampaknya VAIO W sudah memiliki partisi recovery pada HDD-nya. Dengandemikian, seharusnya anda tidak membutuhkan CD/DVD untuk melakukan recovery.

  20. Ijank_234 berkata:

    hampir 10 bulan yang lalu anak saya diberi hadiah laptop VAIO dari Om nya, serinya
    VPCZ117GG, kira-2 berapa ya harganya agar saya bisa tahu untuk memberikan / membalas kebaikannya..tsb.
    trim
    Ijank 234

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s