Sinkronisasi Bookmark Opera Mini

opera-link1

Apakah anda menggunakan Opera Mini pada ponsel? Kalau iya, pernahkah anda mengalami situasi di mana anda ingin membeli ponsel baru dan ingin memindahkan bookmark dari Opera Mini pada ponsel lama anda ke ponsel yang baru? Situasi tersebut saya alami saat saya ingin "menyamakan" bookmark Opera Mini pada ponsel Sony Ericsson K770i dan PSP saya. Salah satu solusinya adalah menggunakan Opera Link. Apa itu?

Sebenarnya konsep Opera Link mirip dengan Mozilla Weave pada Firefox yang pernah saya bahas beberapa saat lalu. Ya, dengan Opera Link, bookmark pada Opera dan/atau Opera Mini anda akan disinkronisasikan ke server Opera, sehingga kita bisa mengaksesnya dari mana saja. Bagi saya pribadi, saya menggunakan Opera Link untuk melakukan backup data bookmark pada Opera Mini, sehingga saya bisa mengakses bookmark saya dari ponsel lain, PSP (dengan PSPKVM), maupun laptop yang menggunakan Opera.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan Opera Link pada Opera Mini? Berikut caranya:

1. Pastikan koneksi internet pada ponsel anda sudah terkonfigurasi dengan benar.

2. Buka/jalankan Opera Mini.

3. Pilih Synchronize Opera pada layar awal Opera Mini (berisi bookmark/speed dial dan history).

opera-link2

4. Isi username dan password akun Opera anda, atau pilih Sign Up untuk melakukan pendaftaran akun baru.

opera-link3

5. Bila berhasil, akan tampil layar seperti berikut:

opera-link4

Kini bookmark Opera Mini anda sudah tersinkronisasi dengan Opera Link. Anda bisa mengaksesnya dari perangkat mana pun yang menggunakan Opera dan Opera Mini. Semoga tips kecil ini membantu anda. ^^

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Guide, Internet, Lifestyle, Linux, Mobile, Technology dan tag , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Sinkronisasi Bookmark Opera Mini

  1. Nita berkata:

    Saya udah coba sinkronisasi opera mini di HP. Tapi ketika saya coba sinkronisasi dengan browser Opera di laptop, setelah login ke Opera Account muncul tulisan:
    error: the server couldn’t connect to the authentication server

    Apa ada sesuatu yang salah?
    Mohon bantunannya.
    Terima kasih.

  2. Nita berkata:

    Saya udah coba sinkronisasi opera mini di HP. Tapi ketika saya coba sinkronisasi dengan browser Opera di laptop, setelah login ke Opera Account muncul tulisan:
    error: the server couldn’t connect to the authentication server

    Apa ada sesuatu yang salah?
    Mohon bantunannya.
    Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

