Pengalaman Instalasi dan Konfigurasi Ubuntu 9.10 pada HP Mini 311

Instalasi Ubuntu 9.10 pada HP Mini 311

Baru kali ini saya merasakan pengalaman instalasi Ubuntu hingga beberapa kali pada perangkat yang sama, dalam 1 hari. Ya, kejadian tersebut saya alami pada saat melakukan instalasi Ubuntu 9.10 Karmic Koala pada netbook HP Mini 311 saya. Mengapa?

Awalnya, saya berniat mencoba Ubuntu Netbook Remix (UNR) 9.10 pada netbook ini. Sebelum memulai instalasi, saya juga melakukan Googling untuk mencari referensi mengenai instalasi dan kompatibilitas berbagai perangkat keras yang terdapat pada HP Mini 311 ini. Hasil penelusuran saya menunjukkan bahwa perangkat yang paling “bermasalah” adalah Wi-Fi (Broadcom BCM4312), dan ternyata memang masalah inilah yang paling menyulitkan saya.

UFD untuk instalasi Ubuntu 9.10

Karena netbook ini tidak memiliki drive DVD (walaupun saya mendapatkan pembakar DVD eksternal dalam paket penjualannya), maka saya memutuskan untuk menggunakan USB flash disk (UFD) untuk melakukan instalasi UNR 9.10. Saya menggunakan aplikasi Unetbootin untuk memasukkan berkas-berkas instalasi UNR 9.10 ke dalam UFD. Proses booting via UFD berjalan mulus, dan saya memilih opsi untuk mencoba UNR 9.10 dengan tujuan memeriksa kompatibilitas perangkat.

Ketika masuk ke dalam tampilan desktop UNR 9.10 versi Live, rupanya Wi-Fi dan kartu grafis NVIDIA ION tidak dikenali secara langsung. Saat mengklik berbagai opsi dan menggerakkan mouse, sistem tampak kurang responsif dan animasinya terpatah-patah. Saya mencoba melakukan instalasi driver kedua perangkat tersebut melalui “Restricted Drivers” dan perangkat yang dikenali hanya Wi-Fi. OK, driver selesai diinstalasikan (dimuat dari berkas instalasi pada UFD) dan saya bisa menggunakan Wi-Fi untuk koneksi internet.

Tampaknya hampir semua perangkat sudah terdeteksi, kecuali NVIDIA ION yang rencananya akan saya install drivernya setelah instalasi UNR 9.10 nanti. OK, saya me-restart sistem dan kali ini memilih opsi instalasi UNR 9.10. Proses instalasi berlangsung lancar, hingga akhirnya saya masuk ke dalam desktop UNR 9.10. Saya mencoba cara yang sama dengan saat di lingkungan Live, namun kali ini “Restricted Drivers” tidak mendeteksi perangkat Wi-Fi ini. OK, saya coba menyambungkan kabel LAN untuk memperoleh koneksi internet dan menginstalasikan driver Wi-Fi sambil melakukan update keseluruhan sistem.

Setelah proses instalasi driver Wi-Fi dan update sistem selesai, saya me-restart sistem. Saat kembali ke desktop UNR 9.10, saya sangat terkejut. Tampilan menu ala UNR 9.10 hilang sama sekali. Saya hanya disuguhi tampilan desktop kosong dengan menu bar di sebelah atas yang hanya berfungsi untuk melakukan restart/suspend/hibernate/logout sistem. Hal tersebut tidak berubah saat saya me-restart sistem kembali. What’s happening!?

Setelah utak-atik sana-sini, akhirnya saya menyerah. Sebagai gantinya, saya coba melakukan instalasi Ubuntu 9.10 Desktop. Proses instalasi berlangsung lancar sampai saya dibawa ke layar desktop. Seperti yang terjadi pada UNR 9.10, Wi-Fi dan NVIDIA ION tidak dikenali secara langsung oleh sistem. Saya langsung menyambungkan kabel LAN pada netbook dan menginstalasikan driver Wi-Fi dengan cara menjalankan perintah berikut pada terminal (solusi dari Ubuntu Forums):

sudo apt-get install bcmwl-kernel-source

Setelah itu, saya me-restart sistem. Hasilnya? Perangkat Wi-Fi pada netbook ini berhasil dikenali oleh sistem dan dapat terkoneksi pada access point di rumah saya. ^^

Terkoneksi dengan Wi-Fi rumah!

OK, selanjutnya adalah menginstalasikan driver NVIDIA ION untuk membantu sistem dalam proses pemutaran video definisi tinggi (high definition/HD) dengan teknologi Video Decode and Presentation API for Unix (VDPAU). Bagaimana cara instalasinya?

1. Buka menu System | Administration | Synaptic Package Manager

2. Buka menu Settings | Repositories

3. Pilih tab Other Software, klik Add, masukkan entri berikut dan klik Add Source:

Tambahkan PPA untuk Nvidia VDPAU

4. Klik Close, lalu klik Reload di sebelah kiri atas untuk memperbarui daftar paket repositori

5. Instalasikan paket nvidia-glx-190 dan mplayer, setelah selesai lakukan restart sistem

Driver NVIDIA ION

6. Melalui terminal, masukkan perintah berikut:

sudo gedit .mplayer/config

7. Masukkan teks berikut pada berkas tersebut:

[default]

vo=vdpau

vc=ffmpeg12vdpau,ffwmv3vdpau,ffvc1vdpau,ffh264vdpau, #jangan hilangkan tanda koma terakhir ini

framedrop=1

8. Simpan dan tutup berkas ini

9. Coba jalankan berkas video dengan format H.264 definisi tinggi dengan aplikasi MPlayer, jika berhasil maka anda dapat menonton video tersebut dengan lancar ^^

Video trailer FFVII ACC 1080p diputar lancar dengan beban CPU sekitar 25 persen

Setelah selesai dengan konfigurasi VDPAU, saya lalu melakukan instalasi beberapa aplikasi “wajib”, seperti Bilbo, Google Chrome Beta, dan addon Mozilla Weave pada Firefox. ^^

Konfigurasi Mozilla Weave

Akhirnya selesai juga proses instalasi dan konfigurasi Ubuntu 9.10 Desktop pada HP Mini 311 ini. Semua perangkat berhasil dikenali dengan baik, dan saya juga bisa menonton video definisi tinggi pada netbook ini menggunakan ION dan VDPAU di Ubuntu. ^^

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Internet, Lifestyle, Linux, Self, Technology dan tag , , , , , . Tandai permalink.

26 Balasan ke Pengalaman Instalasi dan Konfigurasi Ubuntu 9.10 pada HP Mini 311

  1. steven berkata:

    bro, saya juga menginstall UNR 9.10 di netbook keponakan saya. dan ada kendala di wireless realtek(RTL8187SE). saya sudah cari kemana-mana tapi nggak ketemu2, bro bisa bantu. di netbook keponakan saya ini juga sering flicker.

    thanks

  2. steven berkata:

    bro, saya juga menginstall UNR 9.10 di netbook keponakan saya. dan ada kendala di wireless realtek(RTL8187SE). saya sudah cari kemana-mana tapi nggak ketemu2, bro bisa bantu. di netbook keponakan saya ini juga sering flicker.

    thanks

  3. animaster berkata:

    @steven
    Kalau boleh tahu, merk netbooknya apa? Kalau ada koneksi LAN yang tersambung ke internet, mungkin bisa dicoba menyambungkan kabel LAN ke netbook dan melakukan update sistem terlebih dahulu.

  4. animaster berkata:

    @steven
    Kalau boleh tahu, merk netbooknya apa? Kalau ada koneksi LAN yang tersambung ke internet, mungkin bisa dicoba menyambungkan kabel LAN ke netbook dan melakukan update sistem terlebih dahulu.

  5. steven berkata:

    Bro, sorry baru bales, website anda susah untuk saya masuk dan susah memberikan komentar, sepertinya down ?

    saya sudah menyambungkan kabel dan update sistem terbaru, netbook merk MSI U100, wireless Realtek (RTL8187SE), saya sudah cari kemana2 solusinya nggak ketemu2. agak down juga nih🙂 ditambah layar blinking terus menerus selama 10 menit pertama dari saat login.

    ada solusi bro ?

    thanks

  6. steven berkata:

    Bro, sorry baru bales, website anda susah untuk saya masuk dan susah memberikan komentar, sepertinya down ?

    saya sudah menyambungkan kabel dan update sistem terbaru, netbook merk MSI U100, wireless Realtek (RTL8187SE), saya sudah cari kemana2 solusinya nggak ketemu2. agak down juga nih🙂 ditambah layar blinking terus menerus selama 10 menit pertama dari saat login.

    ada solusi bro ?

    thanks

  7. animaster berkata:

    @steven
    Saya rasa memang UNR 9.10 masih belum siap untuk digunakan secara umum. Saya sarankan anda menggunakan Ubuntu 9.10 edisi Desktop yang lebih stabil atau … coba gunakan sistem operasi alternatif khusus netbook: Jolicloud, yang merupakan turunan/varian dari Ubuntu. Netbook MSI Wind U100 juga didukung oleh Jolicloud. Selamat mencoba! ^^

  8. animaster berkata:

    @steven
    Saya rasa memang UNR 9.10 masih belum siap untuk digunakan secara umum. Saya sarankan anda menggunakan Ubuntu 9.10 edisi Desktop yang lebih stabil atau … coba gunakan sistem operasi alternatif khusus netbook: Jolicloud, yang merupakan turunan/varian dari Ubuntu. Netbook MSI Wind U100 juga didukung oleh Jolicloud. Selamat mencoba! ^^

  9. steven berkata:

    Bro animaster, sorry baru bales. karena seringkali website ini susah diakses. Saya sudah mencoba ubuntu 9.10 desktop juga kok bro. masih nggak bisa2. sampe2 saya mundur satu langkah dengan instalasi ubuntu Jaunty Jackalope hehehehe….
    apa bagus ya jolicloud ? saya baru denger nih dari bro.

    thanks

  10. steven berkata:

    Bro animaster, sorry baru bales. karena seringkali website ini susah diakses. Saya sudah mencoba ubuntu 9.10 desktop juga kok bro. masih nggak bisa2. sampe2 saya mundur satu langkah dengan instalasi ubuntu Jaunty Jackalope hehehehe….
    apa bagus ya jolicloud ? saya baru denger nih dari bro.

    thanks

  11. animaster berkata:

    @steven
    Ya, memang belakangan Animaster-Talks (AT) susah diakses, karena ada salah satu plugin yang saya gunakan tidak kompatibel dengan versi WordPress terbaru. Tetapi kini saya sudah menonaktifkan plugin bermasalah tersebut. ^^
    Di samping update, Karmic ternyata juga membawa sejumlah masalah baru dibandingkan Jaunty. Dengan tidak tersedianya solusi untuk masalah anda, maka langkah anda sudah cukup tepat dengan “mundur” ke versi sebelumnya. ^^;

    Ya, Jolicloud tampaknya menjadi “bintang baru” untuk sistem operasi netbook belakangan ini karena tim pengembangnya yang cukup aktif, baik dalam mengembangkan Jolicloud, memperbaiki kesalahan, dan merespon umpan balik (feedback) dari pengguna. Kalau anda menggunakan netbook, maka Jolicloud ini sangat menarik untuk dicoba. Apalagi netbook anda juga sudah didukung oleh Jolicloud (kecuali webcam). Panduan dan tautan unduh Jolicloud bisa dilihat di sini. Selamat mencoba. ^^

  12. animaster berkata:

    @steven
    Ya, memang belakangan Animaster-Talks (AT) susah diakses, karena ada salah satu plugin yang saya gunakan tidak kompatibel dengan versi WordPress terbaru. Tetapi kini saya sudah menonaktifkan plugin bermasalah tersebut. ^^
    Di samping update, Karmic ternyata juga membawa sejumlah masalah baru dibandingkan Jaunty. Dengan tidak tersedianya solusi untuk masalah anda, maka langkah anda sudah cukup tepat dengan “mundur” ke versi sebelumnya. ^^;

    Ya, Jolicloud tampaknya menjadi “bintang baru” untuk sistem operasi netbook belakangan ini karena tim pengembangnya yang cukup aktif, baik dalam mengembangkan Jolicloud, memperbaiki kesalahan, dan merespon umpan balik (feedback) dari pengguna. Kalau anda menggunakan netbook, maka Jolicloud ini sangat menarik untuk dicoba. Apalagi netbook anda juga sudah didukung oleh Jolicloud (kecuali webcam). Panduan dan tautan unduh Jolicloud bisa dilihat di sini. Selamat mencoba. ^^

  13. steven berkata:

    Lapor bro… ^^ jolicloud negatif juga , nggak bisa detect wireless connection. saya pernah cobaa kiku linux yang bro bahas juga nggak bisa. mentok sana sini… nih … cape banget … hehehe

  14. steven berkata:

    Lapor bro… ^^ jolicloud negatif juga , nggak bisa detect wireless connection. saya pernah cobaa kiku linux yang bro bahas juga nggak bisa. mentok sana sini… nih … cape banget … hehehe

  15. animaster berkata:

    @steven
    Kalau begitu, saya rasa opsi menggunakan Ubuntu 9.04 Jaunty Jackalope menjadi solusi terbaik bagi anda, paling tidak untuk saat ini. ^^;

  16. animaster berkata:

    @steven
    Kalau begitu, saya rasa opsi menggunakan Ubuntu 9.04 Jaunty Jackalope menjadi solusi terbaik bagi anda, paling tidak untuk saat ini. ^^;

  17. Bayu berkata:

    mas saya pke hp mini 311 jg .
    saya bru isntall jaunty kmren sya install karmic gagal trus…
    sya pgen mnta cra install driver ny mas .
    driver vga n sound ny .

    mohon ptunjuk nya mas,saya msih newbie . . .
    ^_^

  18. Bayu berkata:

    mas saya pke hp mini 311 jg .
    saya bru isntall jaunty kmren sya install karmic gagal trus…
    sya pgen mnta cra install driver ny mas .
    driver vga n sound ny .

    mohon ptunjuk nya mas,saya msih newbie . . .
    ^_^

  19. animaster berkata:

    @Bayu
    Saya tidak pernah melakukan instalasi Ubuntu 9.04 pada HP Mini 311 saya. Namun pada Ubuntu 9.10, perangkat yang tidak terdeteksi setelah instalasi hanya WiFi dan NVIDIA ION. Cara instalasinya sudah saya jelaskan di atas, hingga cara konfigurasi driver NVIDIA ION agar bisa memutar video 1080p secara lancar. ^^

  20. animaster berkata:

    @Bayu
    Saya tidak pernah melakukan instalasi Ubuntu 9.04 pada HP Mini 311 saya. Namun pada Ubuntu 9.10, perangkat yang tidak terdeteksi setelah instalasi hanya WiFi dan NVIDIA ION. Cara instalasinya sudah saya jelaskan di atas, hingga cara konfigurasi driver NVIDIA ION agar bisa memutar video 1080p secara lancar. ^^

  21. handdra15 berkata:

    Mas saya juga pernah coba instal UNR dan ubuntu desktop 9.10 di netbook Hp mini 210 1014. Masalah yang muncul adalah wifi tidak terdeteksi dan tombol klik kanan tidak bisa digunakan.Kira kira kenapa ya?terutama untuk maslah tombol klik kanan…tolong ya Mas

  22. animaster berkata:

    Langkah pertama untuk mengatasi masalah itu adalah anda harus terkoneksi di internet. Ada 2 alternatif cara:(1) Pasang kabel LAN yang terkoneksi ke internet ke HP Mini 210 anda(2) Menggunakan modem 3G/HSDPASetelah anda terkoneksi ke internet, buka terminal dan masukkan:sudo apt-get install bcmwl-kernel-sourceItu adalah perintah untuk melakukan instalasi driver Wi-Fi pada netbook HP Mini pada umumnya. Saya sendiri tidak tahu apakah driver tersebut bisa digunakan juga pada HP Mini 210 anda. Setelah restart, (kalau berhasil) Wi-Fi anda akan dikenali pada Ubuntu.Untuk masalah klik kanan, apakah itu terjadi pada TOUCHPAD atau MOUSE (USB/Bluetooth/dsb)?

  23. handdra15 berkata:

    yang tidak berfungsi klik kanan pada touchpad

  24. Setia Pratama berkata:

    coba tap sekali di pojok kanan bawah atw lebih tepatnya di pad untuk klik kanan..ingat,di tap,bukan dipencet :p

  25. Ping balik: Putar Video Definisi Tinggi dengan NVIDIA VDPAU di Ubuntu 10.04 Lucid Lynx

  26. USB 3G berkata:

    It’s so perfect. I think it’s necessary for me. Thank for help!

Tinggalkan Balasan

