Bilbo/Blogilo: Aplikasi Blogging Terbaik untuk GNU/Linux?

Tampilan Bilbo/Blogilo

Bagi anda yang pernah menggunakan Windows Live Writer (WLW), tentunya anda tahu bagaimana bagusnya aplikasi penyunting blog tersebut pada Windows. Walaupun fiturnya berlimpah, tetapi aplikasi tersebut dapat diperoleh secara gratis. Di samping itu, WLW juga tidak terlalu membebani sistem, sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai aplikasi penyunting blog secara offline pada netbook.

Saya sudah lama mencari padanan WLW pada sistem berbasis GNU/Linux. Sejak tahun 2007 lalu, saya sudah mencoba GnomeBlog, BloGTK, dan Drivel pada Ubuntu, namun tidak ada satu pun aplikasi penyunting blog yang memuaskan saya. Umumnya aplikasi-aplikasi berbasis Gnome tersebut sudah lama tidak dikembangkan lagi sehingga tidak mendukung berbagai fitur dan platform blog yang ada saat ini.

Tadi pagi, saya coba melakukan pencarian aplikasi penyunting blog berbasis KDE. Hasilnya, saya menemukan aplikasi bernama Bilbo (sekarang dikenal sebagai Blogilo). Apa saja fitur-fiturnya?

Menurut situs resminya, berikut beberapa fitur Bilbo/Blogilo secara umum:

  • Penyuntingan berbasis HTML dan WYSIWYG
  • Pratinjau/pratilik (preview) dengan tema yang dimiliki blog
  • Mendukung Blogger 1.0, MetaWeblog, MovableType (WordPress), dan Google GData API (Blogger.com)
  • Pembuatan posting draf dan posting terjadwal (scheduled)
  • Pengunggahan berkas media (hanya pada MetaWeblog dan MovableType)
  • Penyimpanan posting secara lokal untuk penyuntingan tanpa koneksi internet (offline)
  • Penyimpanan otomatis dengan interval tertentu untuk menghindari kehilangan data apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ^^
  • Pengecekan ejaan (spellchecker) internal

Menurut saya, Bilbo/Blogilo ini memiliki fitur yang sangat lengkap (bahkan mungkin lebih lengkap daripada WLW ^^). Yang pasti, saya sangat puas dengan fitur-fitur yang dimiliki Bilbo/Blogilo dan tidak membebani server. Di samping itu, tampaknya aplikasi ini juga masih aktif dikembangkan sehingga mungkin fitur-fiturnya akan bertambah di masa depan. Ya, saya tidak ragu menyebut aplikasi ini sebagai salah satu aplikasi terbaik yang terdapat pada GNU/Linux dan terbaik untuk kategori aplikasi penyunting blog. Salut bagi pengembang Bilbo/Blogilo!

Pratinjau Posting pada Bilbo/Blogilo

Pratinjau Posting pada Bilbo/Blogilo

Tertarik mencobanya? Bagi pengguna Ubuntu, Bilbo sudah tersedia di repositori. Anda bisa melakukan instalasi dengan cara memasukkan perintah berikut melalui terminal:

sudo apt-get install bilbo

Setelah itu anda bisa mengaksesnya melalui menu utama Applications | Internet | Bilbo. Bagi pengguna sistem GNU/Linux lainnya, silakan masuk ke situs resmi Bilbo/Blogilo untuk mengunduhnya.

Untuk mengakses blog anda, buka menu Blog | Add Blog, lalu masukkan alamat URL blog anda (misal: https://animaster.wordpress.com atau http://exanimaster.blogspot.com) dan informasi akun anda, lalu klik tombol “Auto Configure“. Bilbo/Blogilo akan mencoba mendeteksi platform blog anda dan melakukan konfigurasi secara otomatis. Setelah selesai, anda siap membuat posting blog pertama dengan Bilbo/Blogilo. Selamat ber-blogging-ria, Linuxer!! ^^

CATATAN: Posting ini dikirimkan dari Bilbo pada Ubuntu 9.10 Karmic Koala.

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Internet, Lifestyle, Linux, Mobile, Self dan tag , , , , , . Tandai permalink.

12 Balasan ke Bilbo/Blogilo: Aplikasi Blogging Terbaik untuk GNU/Linux?

  1. yuta berkata:

    tq bro…

    baru tau aku ada blog editor yang kayak gini buat GNU/Linux…

    keep posting…

  2. yuta berkata:

    tq bro…

    baru tau aku ada blog editor yang kayak gini buat GNU/Linux…

    keep posting…

  3. steven berkata:

    mau tanya bro. bagaimana bila saya memakai gnome. apakah library2 kde akan terinstall juga?

  4. steven berkata:

    mau tanya bro. bagaimana bila saya memakai gnome. apakah library2 kde akan terinstall juga?

  5. animaster berkata:

    @steven
    Saya sendiri menggunakan Ubuntu (berbasis GNOME) dan library KDE yang dibutuhkan juga ikut terinstalasikan saat saya menjalankan perintah “apt-get install bilbo”. ^^

  6. animaster berkata:

    @steven
    Saya sendiri menggunakan Ubuntu (berbasis GNOME) dan library KDE yang dibutuhkan juga ikut terinstalasikan saat saya menjalankan perintah “apt-get install bilbo”. ^^

  7. Ping balik: Ordinary lad

  8. norbux berkata:

    terima kasih!
    Sayang adalah untuk kde!

    Norbux

  9. norbux berkata:

    terima kasih!
    Sayang adalah untuk kde!

    Norbux

  10. gadgetboi berkata:

    saya kok eror yah setelah install? udah saya uninstall terus saya install lagi teteup ajah error?

  11. animaster berkata:

    Kalau boleh tahu, pesan errornya apa ya?

Tinggalkan Balasan

