Perbandingan Layanan Internet Mobile di Indonesia

mobile-inet-provider

Sejak membeli netbook HP Mini 311 beberapa saat lalu, saat ini saya sering nongkrong di kafe yang menyediakan fasilitas Wi-Fi. Dengan daya tahan baterai yang cukup tahan lama, saya merasa leluasa dalam mengecek e-mail, berkomunikasi dengan Facebook, hingga menonton highlight pertandingan Liga Inggris via YouTube.

Namun apa jadinya bila koneksi Wi-Fi pada kafe tempat saya nongkrong bermasalah? Ya, solusinya adalah menggunakan koneksi internet cadangan, yaitu layanan internet mobile. Karena itulah saya membandingkan beberapa layanan data (internet) yang ditawarkan oleh beberapa provider di Indonesia, yaitu Telkomsel, Indosat M2, IM3, XL, dan Axis. Layanan data dari Smart hanya saya gunakan sebagai pembanding, karena saya sudah memiliki modem GSM HSDPA dan saya enggan untuk membeli modem baru lagi (CDMA EVDO Rev.A untuk SMART).

Setelah membandingkan semua paket yang tersedia, menurut saya, solusi layanan data yang paling bagus ditawarkan oleh IM3 pada paket Broadband 3,5G. Tarifnya cukup kompetitif (Rp 90.000) dengan kecepatan cukup baik (maksimum 3,6 Mbps), dan kuota volume yang cukup (500MB). Sebagai catatan, paket-paket layanan data yang saya bandingkan itu hanya yang tarifnya di bawah Rp 200.000, serta memiliki kecepatan dan daerah jangkauan yang cukup bagus di Surabaya.

Hasil perbandingan paket-paket layanan data ini saya simpan dalam Google Docs dan bisa anda lihat atau unduh di sini. Silakan kirimkan komentar anda apabila anda memiliki pendapat/pandangan lain atau solusi yang lebih baik. ^^

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Internet, Lifestyle, Linux, Mobile, Self, Technology dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

12 Balasan ke Perbandingan Layanan Internet Mobile di Indonesia

  1. Kiswono berkata:

    nice inpo gan ^^ btw pertamaX ^^

  2. Kiswono berkata:

    nice inpo gan ^^ btw pertamaX ^^

  3. richard berkata:

    salam master..

    sekedar info, untuk provider im2 bukankah sudah ada paket eco unlimited?

    saya mendapat info, kalau paket eco unlimited ini hanya di charge sebesar Rp160.000
    saja dan mendapat quota sebesar 2 giga, yang kecepatannya mencapai 3,6 MBPS,
    dan setelah over 2 giga maka speed limitnya akan berkurang menjadi 64 kbps.

    apakah paket yang saya maksudkan ini sama dengan paket Prime eco im2???

    thx sebelumnya

  4. richard berkata:

    salam master..

    sekedar info, untuk provider im2 bukankah sudah ada paket eco unlimited?

    saya mendapat info, kalau paket eco unlimited ini hanya di charge sebesar Rp160.000
    saja dan mendapat quota sebesar 2 giga, yang kecepatannya mencapai 3,6 MBPS,
    dan setelah over 2 giga maka speed limitnya akan berkurang menjadi 64 kbps.

    apakah paket yang saya maksudkan ini sama dengan paket Prime eco im2???

    thx sebelumnya

  5. animaster berkata:

    @richard
    Salam juga. Paket PRIME ECO dari IM2 ada 2 jenis: non-unlimited (seperti yang saya masukkan pada perbandingan) dan unlimited, dengan kecepatan 384 Kbps dan akan turun ke 64 Kbps bila kuota pemakaian melebihi 2 GB. Saya tidak memasukkan paket Prime Eco unlimited ini ke dalam perbandingan karena kecepatannya di bawah standar ideal menurut saya. ^^

  6. animaster berkata:

    @richard
    Salam juga. Paket PRIME ECO dari IM2 ada 2 jenis: non-unlimited (seperti yang saya masukkan pada perbandingan) dan unlimited, dengan kecepatan 384 Kbps dan akan turun ke 64 Kbps bila kuota pemakaian melebihi 2 GB. Saya tidak memasukkan paket Prime Eco unlimited ini ke dalam perbandingan karena kecepatannya di bawah standar ideal menurut saya. ^^

  7. badu berkata:

    /me pake paket data xl pasca bayar @ rp 99rb/bln kuota 250mb kec 3.6mbps kelebihan kuota rp 0.4/kb

  8. badu berkata:

    /me pake paket data xl pasca bayar @ rp 99rb/bln kuota 250mb kec 3.6mbps kelebihan kuota rp 0.4/kb

  9. animaster berkata:

    @badu
    Terima kasih atas informasinya. Kalau boleh tahu, anda tinggal di daerah mana? Karena saya tidak bisa menemukan paket tersebut di XL Center Surabaya. ^^

  10. animaster berkata:

    @badu
    Terima kasih atas informasinya. Kalau boleh tahu, anda tinggal di daerah mana? Karena saya tidak bisa menemukan paket tersebut di XL Center Surabaya. ^^

  11. richard berkata:

    hmm
    master terima kasih atas infonya…

  12. richard berkata:

    hmm
    master terima kasih atas infonya…

Tinggalkan Balasan

