Mencoba Intel Moblin 2.1 pada Laptop

Tampilan Myzone pada Intel Moblin 2.1

Tampilan Myzone pada Intel Moblin 2.1

Sebelumnya, saya sudah pernah mencoba Intel Moblin 2.0 dengan bantuan VirtualBox beberapa saat lalu. Nah, baru-baru ini Intel Moblin 2.1 dan lagi-lagi saya tertarik untuk mencoba sistem operasi untuk netbook ini. ^^

Berbeda dengan sebelumnya, kali ini saya memutuskan untuk tidak menggunakan VirtualBox, melainkan mencoba booting langsung melalui LiveCD-nya. Setelah selesai mengunduhnya, saya lalu mengikuti langkah-langkah instalasi Moblin ke dalam USB flashdisk. OK, semua selesai, saatnya melakukan booting dari flashdisk ini …

CATATAN: Silakan klik pada screenshot untuk melihat gambar tersebut pada resolusi yang lebih tinggi.

Proses booting berlangsung dengan cepat, bahkan terasa lebih cepat dari waktu booting Jaunty LiveCD dengan flashdisk pada laptop VAIO saya. Kemudian saya disambut dengan layar awal Moblin, yang disebut sebagai “myzone“.

Layar Myzone

Layar Myzone

Pada myzone, layar akan dibagi menjadi 3 bagian:

  • Bagian kiri berisi agenda/jadwal kegiatan dan shortcut aplikasi yang paling sering digunakan
  • Bagian tengah berisi daftar situs web yang paling sering dikunjungi dan berkas yang baru saja kita akses
  • Bagian kanan berisi daftar update dari berbagai layanan web yang kita gunakan, seperti Twitter dan Last.fm

Saya lalu mencoba sistem konektivitas jaringan yang ada pada Moblin 2.1 ini. Saya mengklik ikon di pojok kanan atas, dan saya masuk ke layar konfigurasi jaringan.

Layar konfigurasi jaringan

Layar konfigurasi jaringan

Secara hardware, Moblin sudah bisa mendeteksi berbagai jenis koneksi jaringan yang terdapat pada laptop saya, yaitu Wired (LAN), WiFi, dan Bluetooth. Di samping itu, jaringan WiFi yang terpasang di rumah saya juga terdeteksi dan bisa tersambung dengan baik. Sayangnya saya tidak berhasil mengirimkan maupun menerima berkas apa pun saat mencoba konektivitas Bluetooth-nya. Salah satu kelemahan pada konfigurasi jaringan Moblin ini adalah kurangnya opsi untuk melakukan konfigurasi.

Setelah bisa terkoneksi ke internet, saya lalu mencoba browser bawaan Moblin untuk membuka situs web.

Browser bawaan Moblin

Browser bawaan Moblin

Browser yang berbasis Mozilla ini sudah mendukung sistem navigasi berbasis tab dan plugin Adobe Flash untuk memainkan berbagai konten multimedia yang berbasis Flash, seperti YouTube. Saat menggunakan browser ini, saya merasa seperti menggunakan browser Google Chrome karena kecepatan render halaman dan animasi pada berbagai elemennya. Di samping itu, browser ini juga sudah mendukung penyimpanan bookmark dan informasi akun (username dan password).

Setelah itu, saya mencoba menggunakan fitur integrasi Twitter pada Moblin. Untuk itu, saya masuk ke layar “Web Services Settings”.

Konfigurasi untuk integrasi akun Twitter

Konfigurasi untuk integrasi akun Twitter

Untuk mengintegrasikan akun Twitter, saya harus memasukkan kode aktivasi untuk mengijinkan Moblin mengakses akun Twitter saya. Untuk itu, saya tekan tombol “Log me in”, dan sistem akan membuka halaman Twitter pada browser. Di sana, saya melakukan login ke Twitter untuk memperoleh kode aktivasi tersebut. Saya masukkan kode ini ke dalam kolom yang tersedia di Web Services Settings.

Kode aktivasi pada Moblin untuk mengakses Twitter

Kode aktivasi pada Moblin untuk mengakses Twitter

Setelah itu saya kembali ke tab Myzone. Beberapa tweet terakhir dari Twitter saya tampil pada halaman tersebut. ^^ Saya lalu mencoba aplikasi pengelola e-mail.

Aplikasi pengelola e-mail

Aplikasi pengelola e-mail

Dilihat dari tampilannya, saya rasa aplikasi e-mail ini merupakan varian dari Evolution, aplikasi e-mail yang cukup populer di dunia Linux. Sayangnya, saya tidak dapat menemukan berbagai konfigurasi lanjutan pada aplikasi e-mail ini. Yang ada hanya beberapa konfigurasi sederhana seperti alamat server untuk menerima dan mengirim e-mail.

Saya juga sempat mencoba memasukkan beberapa agenda kegiatan ke dalam aplikasi Calendar bawaan Moblin.

Aplikasi pengelola jadwal, Calendar

Aplikasi pengelola jadwal, Calendar

Detail agenda kegiatan atau even yang bisa dimasukkan tidak sekompleks pada Outlook atau aplikasi sejenis yang lainnya, namun menurut saya sudah cukup lengkap. Ya, agenda yang saya masukkan di sini juga tampil pada Myzone.

Pada Moblin 2.1 ini juga sudah mengintegrasikan fitur update sistem dan aplikasi untuk melakukan instalasi perangkat lunak tambahan (repositori).

Moblin App Installer

Moblin App Installer

Fitur update sistem

Fitur update sistem

Saya sendiri belum sempat mencoba melakukan update maupun menginstalasikan tambahan aplikasi baru karena keterbatasan konektivitas internet yang saya gunakan pada saat mencoba Moblin 2.1 ini. ^^;

Oh ya, Moblin 2.1 juga menyediakan sebuah “task manager” untuk mengetahui aplikasi apa saja yang sedang dijalankan. Anda bisa mengaksesnya melalui panel Zones.

Daftar aplikasi yang sedang berjalan pada panel Zones

Daftar aplikasi yang sedang berjalan pada panel Zones

Ya, saat itu saya sedang menjalankan 3 aplikasi, yaitu browser web, e-mail, dan media player untuk membuka sebuah foto. Kita bisa mengklik pada aplikasi yang ingin kita aktifkan kembali.

Hmm … apalagi yang perlu dicoba … oh ya, aplikasi pengelola berkas pada Moblin adalah Nautilus. Menariknya, sistem bisa mendeteksi partisi NTFS yang terdapat pada laptop saya, namun saya tidak berhasil melakukan mounting. ^^;

Nautilus pada Moblin 2.1

Nautilus pada Moblin 2.1

OK, saya rasa sekian dulu petualangan singkat saya selama menggunakan Intel Moblin 2.1. Saya akan menunggu rilis Moblin selanjutnya yang tampaknya semakin menarik ini. ^^

Oh ya, spesifikasi laptop saya saat mencoba Moblin 2.1 ini adalah:

  • Prosesor: Intel Core 2 Duo T7200 2.0 GHz
  • VGA: Intel GMA 950
  • Memori: 2GB DDR2 SDRAM

Dengan spesifikasi tersebut, Moblin 2.1 berjalan dengan sangat mulus. Semua animasi yang ada bisa ditampilkan dengan lancar. Jadi bagi anda yang memiliki spesifikasi mirip, seharusnya anda bisa menjalankan Moblin 2.1 pada laptop/desktop anda. Selamat mencoba! ^^

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Linux, Self, Technology dan tag , , . Tandai permalink.

12 Balasan ke Mencoba Intel Moblin 2.1 pada Laptop

  1. milisdad berkata:

    Linux-nya berbasis apa?
    Bagaimana repo di Indonesia?

    Banyak tanya nihhh😀

  2. milisdad berkata:

    Linux-nya berbasis apa?
    Bagaimana repo di Indonesia?

    Banyak tanya nihhh😀

  3. animaster berkata:

    @milisdad
    Awalnya Moblin dikembangkan berbasis Ubuntu, namun belakangan, Intel merombak ulang proyek Moblin menjadi berbasis Fedora. Setahu saya masih belum ada repo resmi untuk Intel Moblin di Indonesia. ^^

  4. animaster berkata:

    @milisdad
    Awalnya Moblin dikembangkan berbasis Ubuntu, namun belakangan, Intel merombak ulang proyek Moblin menjadi berbasis Fedora. Setahu saya masih belum ada repo resmi untuk Intel Moblin di Indonesia. ^^

  5. sofie berkata:

    ahhhhhhhhh
    Memori: 2GB DDR2 SDRAM _<

  6. sofie berkata:

    ahhhhhhhhh
    Memori: 2GB DDR2 SDRAM _<

  7. sofie berkata:

    kepotong, mksdnya yg saya punya cuma 1GB (pantes nih laptop lemot ) :p

  8. sofie berkata:

    kepotong, mksdnya yg saya punya cuma 1GB (pantes nih laptop lemot ) :p

  9. animaster berkata:

    @sofie
    Anda sudah mencoba Intel Moblin 2.1 pada laptop anda (dgn RAM 1GB) dan ternyata berjalan lambat?

  10. animaster berkata:

    @sofie
    Anda sudah mencoba Intel Moblin 2.1 pada laptop anda (dgn RAM 1GB) dan ternyata berjalan lambat?

  11. duwixz berkata:

    saya pake acer aspire 4745G kok baru mau nyoba saja pada “boot moblin” kok gak bisa y…
    apa karena pake ati pada vganya

Tinggalkan Balasan

