Layar Berkedip Saat Menggunakan Compiz Fusion pada Jaunty

Nvidia PowerMizer

Nvidia PowerMizer

Tak bisa disangkal, Compiz Fusion memang membuat tampilan Ubuntu anda lebih menarik. Namun di sisi lain, penggunaan Compiz Fusion juga membuat mata saya lelah. Ya, saat Compiz aktif, layar laptop saya terkadang “berkedip” secara tiba-tiba. Setelah saya melakukan Googling, saya menemukan penyebabnya, yaitu aktifnya fitur PowerMizer pada driver Nvidia yang saya gunakan. Apa itu PowerMizer?

PowerMizer adalah fitur untuk mengatur clock kartu grafis sesuai dengan kebutuhan. Fitur ini sebenarnya cukup berguna untuk menghemat listrik, tetapi sayang ada bug yang mengganggu apabila digunakan dengan Compiz. Pada saat tingkat kinerja (performance level) berubah, layar anda akan berkedip. Sebenarnya bug ini tidak terlalu mengganggu apabila hanya terjadi sesekali, namun ternyata saya mengalaminya beberapa kali hingga menyebabkan mata saya lelah. Bagaimana cara mengatasi masalah ini pada Ubuntu 9.04 Jaunty Jackalope?

Buka terminal anda dan masukkan perintah berikut:


sudo gedit /etc/modprobe.d/options

Lalu masukkan baris-baris berikut pada berkas tersebut:


options nvidia NVreg_RegistryDwords='PerfLevelSrc=0x2222'
options nvidia NVreg_Mobile=1

Perintah tersebut akan “mengunci” tingkat kinerja kartu grafis anda ke tingkat 1 (NV Clock = 200 MHz dan Memory Clock = 400 MHz pada kartu grafis saya). Nilai “NVreg_Mobile” ini bisa anda ubah menjadi 0, 1, atau 2, sesuai keinginan anda. Setelah selesai, simpan dan tutup berkas tersebut, lalu restart Ubuntu anda. Kini saya bisa ber-Compiz ria tanpa gangguan lagi. ^^

Sumber: Linux Outlaws

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Linux, Self dan tag , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Layar Berkedip Saat Menggunakan Compiz Fusion pada Jaunty

  1. kresno berkata:

    halo,saya ingin bertanya, bagaimana bila saya tidak menggunakan Nvidia tetapi intel? apakah script di atas bisa digunakan juga?terima kasih sebelumnya

  2. Putraricky88 berkata:

    broo… kok ttep kedip2 yaa….?? ada cara lain gak..???

Tinggalkan Balasan

