Nostalgia Game Klasik dengan DOSBox pada Ubuntu

Championship Manager 97/98 dengan DOSBox pada Ubuntu

Championship Manager 97/98 dengan DOSBox pada Ubuntu

Ketika saya mencari berita sepakbola terbaru di situs Goal.com tadi, saya menemukan sebuah tulisan mengenai 10 game sepakbola terbaik. Pada daftar tersebut, peringkat pertama diraih oleh game Championship Manager 97/98. Bagi anda yang mengetahui sejarah serial game Football Manager (FM), tentunya anda tahu bahwa Championship Manager (CM) merupakan pendahulu dari FM. Saya pun langsung teringat dengan kenangan lama ketika memainkan game tersebut. Ya, CM-lah yang mengenalkan saya pada dunia sepakbola, dan sejak memainkan game tersebut, saya mulai tertarik dengan hal-hal yang berkaitan dengan sepakbola.

Saya langsung mencari CD CM saya dalam lemari koleksi CD/DVD saya. Setelah menemukan dan memasukannya ke dalam drive DVD, saya langsung menyalin berkas-berkas game tersebut ke direktori Home saya. Karena game ini merupakan game berbasis DOS, saya tidak bisa memainkannya menggunakan WINE. Solusinya: jalankan game ini dengan aplikasi emulator DOS open source, DOSBox.

Ya, DOSBox merupakan sebuah aplikasi emulator DOS yang bisa dijalankan pada Windows, Mac OS, maupun Linux. Dengan DOSBox, anda bisa menjalankan berbagai aplikasi dan game berbasis DOS, yang biasanya dirilis pada tahun 90-an.

Untuk instalasi DOSBox pada Ubuntu, buka terminal dan jalankan perintah berikut:

sudo apt-get install dosbox

Setelah itu, anda harus membuat berkas konfigurasi awal agar DOSBox anda bisa berjalan dengan optimal. Jalankan DOSBox terlebih dahulu melalui menu Applications | Games | DOSBox Emulator. Anda akan dibawa pada layar DOS yang mirip dengan terminal pada Ubuntu. Ketikkan perintah berikut pada layar DOSBox:

CONFIG --writeconf dosbox.conf

Perintah tersebut akan membuat sebuah berkas konfigurasi DOSBox dengan nama “dosbox.conf” pada direktori Home anda. Nanti, anda bisa mengubah-ubah konfigurasi DOSBox dengan menyunting berkas tersebut. Selanjutnya pada layar DOSBox, ketikkan perintah berikut: (ganti username dengan username Ubuntu anda)

mount c /home/username/
c:

Perintah tersebut berfungsi untuk “mengaitkan” (mount) direktori Home anda ke drive C pada DOSBox. Selanjutnya, anda dapat mulai menggunakan perintah-perintah DOS seperti biasanya. Saya sendiri hanya menggunakan DOSBox untuk memainkan game, dan saya sudah meletakkan game CM97/98 pada direktori Games/DOS/CM9798, jadi saya menjalankan game tersebut dengan perintah:

cd GAMES
cd DOS
cd CM9798
CM2E16.EXE

Tentunya perintah di atas tergantung dari game yang anda jalankan dan lokasi game tersebut.

Informasi lebih lanjut mengenai pengaturan konfigurasi DOSBox bisa anda lihat di sini. Selamat bernostalgia dengan DOSBox! ^^

(Hmm … selanjutnya mau coba game apa lagi yah … ini bagus juga … ^^)

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Gaming, Guide, Linux, Self dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

