Folder Smad-Lock = Aman Dari Virus?

Kemarin siang, saya pergi ke sebuah studio foto dengan tujuan mencetak foto-foto yang saya ambil dengan kamera digital saat adik saya wisuda beberapa saat lalu. Studio foto tersebut masih baru beroperasi selama beberapa bulan. Saya lihat PC yang digunakan pada studio tersebut menggunakan Windows Vista Ultimate, entah versi asli atau bajakan. Nah, pada saat pegawai studio tersebut menancapkan USB flash disk saya ke PC tersebut, saya terkejut karena tiba-tiba muncul beberapa folder dan berkas aneh pada flash disk saya. Padahal saya baru saja memformatnya dan mengisinya dengan berkas foto sesaat sebelum saya berangkat.

Setelah selesai dengan semua urusan pemilihan berkas dan ukuran foto, saya segera pulang ke rumah. Saya langsung bergegas menuju ke laptop untuk memeriksa isi USB flash disk saya. Karena laptop saya menggunakan Ubuntu, saya santai saja menancapkan flash disk saya yang diduga berisi virus ini. ^^

Folder Smadlock dan autorun.inf

Folder Smadlock dan autorun.inf

Rupanya PC di studio tadi membuat 2 folder baru dengan nama “(segitiga)Smad-Lock(segitiga)” dan “autorun.inf”. Ketika saya melihat isi folder pertama, ada sebuah berkas “Read Me.txt” yang berisi tulisan:


[Instruksi penggunaan folder Smad-Lock Smadav]

- Folder Smad-Lock ini adalah folder teraman dari infeksi virus.
- Virus hampir tidak mungkin dapat memasuki folder ini.
- Jadi, semua file yang Anda taruh dalam folder ini SANGAT AMAN dari infeksi virus.
- Anda tidak boleh me-rename nama folder ini sedikitpun.
- Folder ini sebaiknya hanya diisi dengan file office
berjenis DOC, XLS, PPT, dan semua file office sejenisnya.
- Dalam folder ini sebenarnya Anda dapat mengisi file yang bukan berjenis dokumen office,
tapi sebaiknya ketika Anda membuka file tersebut jangan langsung di dalam folder ini,
Anda dapat memindahkan file tersebut keluar folder ini terlebih dahulu sebelum membukanya.

Ada yang paham dengan maksud isi berkas tersebut? Folder kedua (autorun.inf) berisi beberapa folder dan berkas yang tidak jelas. Saya pun langsung menghapus folder-folder aneh mencurigakan ini dari flash disk saya. Ada yang pernah mengalami hal serupa?

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Linux, Self dan tag , , . Tandai permalink.

20 Balasan ke Folder Smad-Lock = Aman Dari Virus?

  1. anonim aja berkata:

    uda pasti tuh virus….enaknya yg pake ubuntu hihihi

  2. anonim aja berkata:

    uda pasti tuh virus….enaknya yg pake ubuntu hihihi

  3. bungcip berkata:

    kalau folder autorun.inf sih saya paham…
    soalnya saya juga bikin folder autorun.inf di flashdisk saya hehehe

    berkas(bukan folder) autorun.inf adalah berkas khusus yang dibaca oleh windows saat perangkat keras portable ditancapkan. Biasanya berkas ini dimanfaatin oleh virus untuk menjalankan dirinya begitu flashdisk ditancepin.

    Nah, hampir semua(?) virus lokal algoritma penulisan berkas autorun.inf-nya dengan cara me-rewrite isi autorun.inf dengan punya-nya si virus. Bila didalam flashdisk tadi sudah ada folder autorun.inf maka virus akan gagal membuat berkas autorun.inf, walaupun virus-nya sendiri mungkin bakal tetap hinggap di flashdisk tetapi setidaknya virus tidak akan langsung jalan dengan sendiri begitu flashdisk ditancep ke komputer lain ๐Ÿ˜€

  4. bungcip berkata:

    kalau folder autorun.inf sih saya paham…
    soalnya saya juga bikin folder autorun.inf di flashdisk saya hehehe

    berkas(bukan folder) autorun.inf adalah berkas khusus yang dibaca oleh windows saat perangkat keras portable ditancapkan. Biasanya berkas ini dimanfaatin oleh virus untuk menjalankan dirinya begitu flashdisk ditancepin.

    Nah, hampir semua(?) virus lokal algoritma penulisan berkas autorun.inf-nya dengan cara me-rewrite isi autorun.inf dengan punya-nya si virus. Bila didalam flashdisk tadi sudah ada folder autorun.inf maka virus akan gagal membuat berkas autorun.inf, walaupun virus-nya sendiri mungkin bakal tetap hinggap di flashdisk tetapi setidaknya virus tidak akan langsung jalan dengan sendiri begitu flashdisk ditancep ke komputer lain ๐Ÿ˜€

  5. rotyyu berkata:

    Ha ha ha…
    Hoax kali ya oom…

  6. rotyyu berkata:

    Ha ha ha…
    Hoax kali ya oom…

  7. edwin berkata:

    Sepertinya itu hasil dari antivirus Smadav bos, semacam proteksi utk usb flash.Coba deh tengok ke websitenya antivirus smadav (google aja alamatnya ya).

  8. edwin berkata:

    Sepertinya itu hasil dari antivirus Smadav bos, semacam proteksi utk usb flash.Coba deh tengok ke websitenya antivirus smadav (google aja alamatnya ya).

  9. irawan berkata:

    jadi kesimpulannya gmn om… Folder Smad-Lock = Aman Dari Virus ato cuma akal2an dari pembuat virus?

  10. irawan berkata:

    jadi kesimpulannya gmn om… Folder Smad-Lock = Aman Dari Virus ato cuma akal2an dari pembuat virus?

  11. animaster berkata:

    @irawan
    Saya rasa informasi dari bungcip dan edwin sudah benar. Kedua berkas tersebut dibuat oleh aplikasi Smadav, antivirus lokal gratis. Anda bisa cek lebih lanjut di situs resmi Smadav. ^^

  12. animaster berkata:

    @irawan
    Saya rasa informasi dari bungcip dan edwin sudah benar. Kedua berkas tersebut dibuat oleh aplikasi Smadav, antivirus lokal gratis. Anda bisa cek lebih lanjut di situs resmi Smadav. ^^

  13. itachi berkata:

    om, ini mah virus atuh…

  14. itachi berkata:

    om, ini mah virus atuh…

  15. animaster berkata:

    @itachi
    Hmm … setahu saya memang 2 folder tersebut dibuat secara otomatis oleh aplikasi antivirus lokal, Smadav. Ada yang bisa memberikan penjelasan lebih detail?

  16. animaster berkata:

    @itachi
    Hmm … setahu saya memang 2 folder tersebut dibuat secara otomatis oleh aplikasi antivirus lokal, Smadav. Ada yang bisa memberikan penjelasan lebih detail?

  17. Vincent_Law berkata:

    Ah gmn sih itu mah kerjaan anti virus bukan virus..
    jadi anti virus ini namanya SMADAV 2009
    itu buatan asli indonesia
    denger2 buatan anak sma 2 jogja
    gw pake anti virus ini kok
    bagus loh g ngganggu Antivirus yg lain kyk Avira pny gw
    jadi g tumpang tindih
    udah gitu anti virus smadav ini juga bantuin kita
    ngebetulin nilai registry yang ngaco yg ada di regedit
    yg bikin ilang folder option, control panel, task manager
    tentang folder smadlock itu beneran ngejaga file kita biar g dimasukin virus
    tentang autorun inf itu mencegah agar autorun inf yg “lain” yg brpotensi virus,
    di blok oleh autorun inf smadav

    gmn ada yg bingung??

  18. Vincent_Law berkata:

    Ah gmn sih itu mah kerjaan anti virus bukan virus..
    jadi anti virus ini namanya SMADAV 2009
    itu buatan asli indonesia
    denger2 buatan anak sma 2 jogja
    gw pake anti virus ini kok
    bagus loh g ngganggu Antivirus yg lain kyk Avira pny gw
    jadi g tumpang tindih
    udah gitu anti virus smadav ini juga bantuin kita
    ngebetulin nilai registry yang ngaco yg ada di regedit
    yg bikin ilang folder option, control panel, task manager
    tentang folder smadlock itu beneran ngejaga file kita biar g dimasukin virus
    tentang autorun inf itu mencegah agar autorun inf yg “lain” yg brpotensi virus,
    di blok oleh autorun inf smadav

    gmn ada yg bingung??

  19. animaster berkata:

    @Vincent_Law
    Terima kasih atas penjelasannya yang sangat detil mengenai masalah ini. ^^

  20. animaster berkata:

    @Vincent_Law
    Terima kasih atas penjelasannya yang sangat detil mengenai masalah ini. ^^

Tinggalkan Balasan

