Remote Desktop dengan Cepat menggunakan Grdc

Grdc: Klien remote desktop alternatif

Grdc: Klien remote desktop alternatif

Bagi yang belum tahu, remote desktop merupakan sebuah teknologi di mana anda dapat mengakses komputer lain melalui jaringan, dan seolah-olah anda berada di depan komputer tersebut. Ya, anda bisa menjalankan berbagai aplikasi yang ada pada komputer tersebut. Nah, aplikasi klien remote desktop default pada Ubuntu adalah Vinagre. Aplikasi ini sebenarnya cukup baik dalam menjalankan tugasnya, tetapi entah mengapa, saat melakukan remote desktop menggunakan koneksi nirkabel (wireless), Vinagre tampak sangat lambat dalam menampilkan layar desktop pada komputer remote. Setelah saya Googling, ternyata ada yang menyarankan aplikasi klien remote desktop alternatif, yaitu Grdc. Apa itu Grdc dan apa kelebihannya?

Grdc merupakan sebuah aplikasi klien remote desktop berbasis GTK 2.0 dan Gnome. Grdc mendukung 2 macam protokol remote desktop, yaitu RDP (Remote Desktop Protocol) yang biasa digunakan pada komputer berbasis Windows dan VNC (Virtual Network Computing) yang biasa digunakan pada komputer berbasis Linux.

Menurut saya, performa Grdc jauh lebih cepat daripada Vinagre. Saya bisa melakukan remote desktop secara cepat, baik pada komputer Windows maupun Ubuntu (Linux). Di samping itu, ada juga pengaturan untuk kualitas tampilan, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Anda bisa mengaturnya ke kualitas tampilan terburuk agar bisa meningkatkan kinerja koneksi remote desktop, atau anda bisa juga mengaturnya ke kualitas tampilan terbaik dengan kompensasi kinerja yang lebih lambat.

Grdc sudah tersedia di repositori Ubuntu, jadi anda tinggal menginstalnya melalui Synaptic Package Manager atau bisa juga melalui terminal dengan memasukkan perintah berikut:


sudo apt-get install grdc

Oh ya, tersedia juga applet untuk Grdc yang bisa anda instal secara opsional (tidak wajib diinstal) dengan perintah berikut:


sudo apt-get install grdc-gnome

Anda bisa mengakses Grdc melalui menu Applications | Internet | Remote Desktop Client. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Grdc, silakan masuk ke situs resmi Grdc. ^^

Iklan

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Internet, Linux, Self, Technology dan tag , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Remote Desktop dengan Cepat menggunakan Grdc

  1. irawan berkata:

    jadi lewat aplikasi ini kita bisa menggunakan kompi laen yg ada dalam jaringan kita gtu kah… klo aq pke ubuntu trus kompi yg diakses windos kita bisa menjalankan semua aplikasi yg terinstal disana ya.. πŸ˜€

  2. irawan berkata:

    jadi lewat aplikasi ini kita bisa menggunakan kompi laen yg ada dalam jaringan kita gtu kah… klo aq pke ubuntu trus kompi yg diakses windos kita bisa menjalankan semua aplikasi yg terinstal disana ya.. πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s