Optimasi Database untuk Meningkatkan Kinerja Firefox

Sejak Firefox 3.0, semua history, bookmark, dan sebagian besar data lain disimpan dalam database berbasis SQLite. Sistem inilah yang membuat penggunaan “Awesome Bar” (sebutan address bar pada Firefox 3.0 ke atas) menjadi sangat dinamis. Anda tidak perlu mengetikkan alamat lengkap sebuah situs, melainkan cukup hanya kata kuncinya saja, seperti judul/nama situs atau sebagian dari alamat situs.

Nah, tergantung dari kebiasaan anda dalam melakukan browsing, data-data yang tersimpan dalam database ini akan menjadi terfragmentasi, sehingga muncul banyak ruang kosong pada berkas database tersebut dan mempengaruhi kinerja Firefox anda. Apakah anda pernah mengalami situasi di mana Firefox anda tampak “berhenti bekerja” (freeze) atau melambat saat anda mengetikkan sesuatu pada awesome bar? Ya, itulah salah satu gejala database Firefox anda terfragmentasi. Solusinya, anda harus melakukan optimasi pada database Firefox tersebut.

Hal yang dilakukan pada proses optimasi database Firefox ini adalah menghilangkan ruang kosong yang terdapat pada berkas database yang ada. Ya, proses ini mirip dengan proses “defragmentasi” yang mungkin pernah anda dengar sebelumnya. Keuntungannya, berkas database Firefox ini akan lebih “kompak” dari sebelumnya, sehingga ruang hard disk anda yang terpakai untuk berkas database tersebut akan lebih efisien, dan kinerja Firefox anda akan menjadi lebih baik. Nah, bagaimana cara melakukan optimasi ini?

Untuk pengguna Windows dan Mac, silakan lihat di sini, sedangkan untuk pengguna Ubuntu, berikut saya berikan panduan singkatnya.

Panduan ini sudah saya coba pada Firefox 3.5.1 dengan Ubuntu 9.04 Jaunty Jackalope. Pertama, anda harus menginstal aplikasi SQLite3 terlebih dahulu melalui Synaptics Package Manager atau dengan menjalankan perintah berikut pada terminal:


sudo apt-get install sqlite3

Setelah instalasi selesai, tutup Firefox anda terlebih dahulu. Setelah itu, buka terminal dan jalankan 2 baris perintah berikut untuk melakukan optimasi database Firefox anda:


find ~/.mozilla -type f -name "*.sqlite" -exec sqlite3 {} VACUUM ;
find ~/.mozilla -type f -name "*.sqlite" -exec sqlite3 {} REINDEX ;

Tunggu beberapa saat hingga proses optimasi selesai. Setelah itu anda bisa membuka kembali Firefox anda dan rasakan peningkatan kinerjanya (walaupun mungkin tidak terasa ^^). Saran saya, anda lakukan optimasi database Firefox ini minimal 2 minggu sekali, agar kinerja Firefox anda tetap optimal. ^^

Iklan

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Internet, Linux, Self dan tag , , , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Optimasi Database untuk Meningkatkan Kinerja Firefox

  1. awan berkata:

    saya masih pake firefox 3.11 di ubuntu Hardy kira2 langkah tadi bisa diterapkan di firefox saya ga?

    • animaster berkata:

      @awan
      Anda menggunakan Firefox 3.0.11? Tidak masalah. Anda dapat menerapkan langkah-langkah di atas apabila versi Firefox anda minimal 3.0. ^^

  2. awan berkata:

    saya masih pake firefox 3.11 di ubuntu Hardy kira2 langkah tadi bisa diterapkan di firefox saya ga?

    • animaster berkata:

      @awan
      Anda menggunakan Firefox 3.0.11? Tidak masalah. Anda dapat menerapkan langkah-langkah di atas apabila versi Firefox anda minimal 3.0. ^^

  3. aldi berkata:

    nice tip, thank you 🙂

  4. aldi berkata:

    nice tip, thank you 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s