Sinkronisasi Firefox Anda dengan Weave

Logo Mozilla Weave

Logo Mozilla Weave

Sekitar 2 tahun lalu, Mozilla mengemukakan ide mengenai bagaimana Firefox akan melakukan sinkronisasi data secara online. Ya, data seperti bookmark, password yang disimpan, dan history akan disimpan dalam “cloud”. Apa gunanya? Anda akan dapat mengakses data Firefox anda dari mana saja dan membagikannya dengan teman atau keluarga anda. Yang pasti anda juga bisa menentukan siapa saja yang berhak mengakses data anda dan data apa saja yang bisa diakses. Selain itu, data anda tersebut juga dienkripsi, sehingga tingkat keamanannya cukup terjamin. Nah, implementasi dari ide Mozilla tersebut hadir dalam layanan yang diberi nama Weave.

Saya mencoba Weave ketika saya bingung mencari cara untuk mem-backup data Firefox saya saat akan melakukan instalasi ulang Ubuntu beberapa saat lalu. Ya, saya menggunakan Ubuntu 9.04 dengan Firefox 3.5.1 saat mencoba layanan Weave ini. Karena layanan Weave ini sendiri masih dalam tahap percobaan (beta), maka sebaiknya anda melakukan backup data Firefox anda secara manual, untuk mengantisipasi apabila nanti ada data yang hilang pada saat sinkronisasi data.

CATATAN: Saya TIDAK BERTANGGUNG JAWAB apabila ada data Firefox anda yang HILANG saat menggunakan Weave ini. ^^;

Untuk menggunakan layanan Weave, anda harus menggunakan Firefox versi 3.5 ke atas. Selanjutnya, unduh add-on Weave di sini dan instalasikan add-on tersebut. Pada saat tulisan ini dibuat, Weave yang tersedia adalah versi 0.4. Setelah selesai dengan instalasi add-on Weave, klik pada tulisan Sign In di pojok kanan bawah Firefox anda.

Sign In di pojok kanan bawah Firefox

Sign In di pojok kanan bawah Firefox

Selanjutnya, anda akan dibawa menuju layar aktivasi akun Weave. Karena anda belum pernah mendaftarkan diri dalam layanan Weave, silakan pilih opsi untuk melakukan pendaftaran menjadi anggota baru. Anda akan diminta mengisikan username, password, dan “passphrase“, yang akan digunakan untuk mengenkripsi data anda. Anda juga akan diminta untuk memilih data apa saja yang akan disinkronisasikan ke dalam Weave. Saya sendiri memilih Bookmarks, Browsing History, Tabs, dan Saved Passwords.

Sinkronisasi pertama Weave

Sinkronisasi pertama Weave

Setelah itu Weave akan memulai proses sinkronisasi data untuk pertama kalinya. Proses ini mungkin akan berjalan agak lama, tergantung dari koneksi Internet yang anda gunakan. Mengapa? Karena Weave akan melakukan sinkronisasi pertama, yang berarti mengunggah (upload) seluruh data anda ke server Weave. Proses sinkronisasi selanjutnya akan berjalan lebih cepat, karena Weave hanya melakukan sinkronisasi terhadap data-data baru. Secara default, Weave akan melakukan sinkronisasi setiap 5 menit (harap diperhatikan bagi pengguna Internet berbasis volume).

Apabila anda ingin mengubah konfigurasi Weave, termasuk melakukan login dan logout akun, anda bisa buka melalui menu Tools | Weave.

Konfigurasi Weave

Konfigurasi Weave

Sekarang data Firefox anda sudah tersimpan dalam server Weave, sehingga anda tidak perlu bingung untuk mem-backup-nya apabila suatu saat terjadi kerusakan pada Firefox/sistem operasi/komputer anda. ^^

Oh ya, karena Weave ini sendiri masih dalam tahap percobaan, mungkin anda juga akan mengalami beberapa bug selama menggunakannya. Saya sendiri tidak mengalami “keanehan” apa pun saat menggunakan Weave. OK … selamat menggunakan Weave! ^^

Iklan

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Internet, Self dan tag , , , . Tandai permalink.

8 Balasan ke Sinkronisasi Firefox Anda dengan Weave

  1. dangstars berkata:

    Yaps..Thx infonya lengkap sekali..Salam Blogger.SekaliKali kunjungi Kang Dadang Blog

  2. dangstars berkata:

    Yaps..Thx infonya lengkap sekali..Salam Blogger.SekaliKali kunjungi Kang Dadang Blog

  3. vulkanisir blog berkata:

    Infonya sangat membantu sekali,selamat berkarya terus

  4. Ping balik: Animaster Talks | Simple Digital Life » Blog Archive » Mencoba Weave pada Mozilla Fennec

  5. Ping balik: Animaster Talks | Simple Digital Life » Blog Archive » Sinkronisasi Bookmark Opera Mini

  6. vulkanisir blog berkata:

    Infonya sangat membantu sekali,selamat berkarya terus

  7. Ping balik: Animaster Talks | Simple Digital Life » Blog Archive » Opera Mini untuk iPhone Disetujui oleh Apple!

  8. Ping balik: Firefox Home + Firefox Sync: Bawa Data Firefox Desktop ke iPhone

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s