Mencoba Google Android dengan VirtualBox

Tampilan Home Screen pada Google Android

Tampilan Home Screen pada Google Android

Bagi yang belum tahu, Google Android adalah sistem operasi open source buatan Google yang ditargetkan untuk perangkat mobile seperti PDA dan smartphone. Namun seiring dengan perkembangannya, beberapa pihak juga mencoba menginstalasikan Android pada netbook dan bahkan notebook. Beberapa saat lalu, ada orang yang membuat LiveCD Google Android untuk diujicoba pada perangkat berbasis x86, yaitu desktop dan laptop pada umumnya. Karena penasaran, saya langsung mencobanya dengan menggunakan VirtualBox pada Ubuntu Jaunty saya dan berikut adalah kesan-kesan saya selama mencoba Android versi x86 ini.

CATATAN: Artikel ini mungkin kurang “bersahabat” dengan pengguna dengan koneksi internet berbasis volume, karena artikel ini mengandung banyak gambar. ^^

Setelah selesai mengunduh berkas ISO-nya, saya langsung menjalankan VirtualBox dan membuat sebuah mesin virtual baru. Lalu saya mount berkas ISO Android dan saya menyalakan mesin virtual tersebut.

Langsung disambut dengan pesan peringatan

Langsung disambut dengan pesan peringatan

Logo Android ditampilkan saat proses booting berlangsung. Saat akan masuk ke layar Home, sebuah pesan peringatan mengenai baterai muncul. Saya tidak menghiraukan pesan ini karena memang saya tidak menggunakan baterai. Layar Home Android muncul. Berikut adalah beberapa fungsi tombol keyboard yang bisa anda gunakan selama menjalankan Android:

  • ESC: kembali ke layar sebelumnya atau kembali ke halaman sebelumnya pada browser web
  • MENU: tombol ini biasanya terletak di antara tombol ALT dan CTRL sebelah kanan pada keyboard, menu yang tampil saat anda menekan tombol ini akan berbeda-beda tergantung aplikasi yang sedang anda jalankan
  • WINDOWS: kembali ke layar Home
  • ALT+F1: masuk ke mode konsol (terminal)
  • ALT+F7: masuk ke mode grafis (GUI)

Pada layar Home ini, saya coba menekan tombol MENU dan saya coba untuk menambahkan elemen ke layar Home ini.

Tambahkan item ke layar Home

Tambahkan item ke layar Home

Setelah itu saya mencoba untuk masuk ke menu dengan mengklik tombol panah yang terletak di sebelah kanan pada layar Home.

Menu utama pada Google Android

Menu utama pada Google Android

Pada menu ini, hanya tersedia beberapa aplikasi dasar, tidak selengkap yang terdapat pada perangkat berbasis Android sesungguhnya (T-Mobile G1). Apakah semua aplikasi ini bisa dijalankan? Berikut hasil pengujian saya:

  • Alarm Clock: berjalan dengan baik, tetapi saya belum mencoba fitur alarm-nya
  • Browser: secara keseluruhan kinerjanya cukup baik – pembahasan lebih lanjut ada di bawah
  • Calculator: berjalan dengan baik, walaupun saya agak kurang menyukai tampilannya
  • Calendar: ketika saya memilih aplikasi ini, saya dibawa kembali ke layar Home dan tidak ada pesan notifikasi apa pun setelah itu
  • Camcorder, Camera, Music: sistem menampilkan pesan kesalahan tentang tidak tersedianya kartu SD untuk media penyimpanan
  • Contacts: berjalan dengan baik dan saya juga sudah mencoba menambahkan kontak baru
  • Dev Tools, Dialer: saya lupa belum mencoba menu ini ^^;
  • E-mail: saya berhasil menambahkan akun Gmail saya dan mengirim/menerima e-mail dengan baik
  • Gallery: berjalan dengan baik, tetapi saya tidak bisa mencoba fitur-fitur yang ada karena tidak tersedia berkas multimedia apa pun pada sistem (pencarian dilakukan dalam kartu SD)
  • Messaging: ketika akan mencoba mengetikkan nama kontak pada kolom isian “To:”, sistem menampilkan pesan kesalahan
  • Settings: berisi berbagai macam konfigurasi sistem
  • Spare Parts: berisi berbagai macam informasi sistem
Tampilan aplikasi Alarm Clock

Tampilan aplikasi Alarm Clock

Layar manajemen kontak

Layar manajemen kontak

Saya mencoba untuk menambahkan kontak baru. Setelah masuk ke aplikasi Contacts, saya tekan tombol MENU dan memilih New Contact.

Menu untuk pindah ke aplikasi lain yang sedang berjalan

Menu untuk "pindah" ke aplikasi lain yang sedang berjalan

Pada saat mengetikkan informasi kontak ini, saya secara tidak sengaja menekan kombinasi tombol tertentu yang membuka menu konteks untuk berpindah ke aplikasi lain yang sedang dijalankan. Hmm … jadi Android versi ini sudah bisa melakukan multi-tasking.

Setelah itu, saya browser web Android yang kabarnya merupakan varian dari Google Chrome. Berikut adalah screenshot tampilan browser Android saat menampilkan blog saya ini. ^^

Kualitas render halaman browser Android cukup baik

Kualitas render halaman browser Android cukup baik

Kalau anda lihat pada screenshot di atas, tampak bahwa tersedia juga beberapa tombol untuk mengatur tampilan halaman seperti untuk memperbesar/memperkecil (Zooming) dan mode selayar penuh (Fullscreen). Lalu saya juga mencoba fungsi manajemen bookmark pada browser ini dengan menekan tombol MENU dan memilih Bookmark.

Layar manajemen bookmark

Layar manajemen bookmark

Oh ya, saya juga mencoba masuk ke dalam Facebook untuk melihat bagaimana tampilannya pada browser Android.

Tampilan Facebook khusus untuk Android?

Tampilan Facebook khusus untuk Android?

Ternyata tersedia tampilan khusus untuk Facebook pada browser Android ini. Tentunya kita juga bisa mengganti tampilan situs ke versi asli (Full) maupun versi Mobile, dengan mengklik pada bagian bawah halaman.

Selanjutnya, saya mencoba aplikasi E-mail. Setelah masuk ke dalam aplikasi, saya diminta untuk memasukkan alamat e-mail dan kata sandi untuk akun e-mail yang ingin ditambahkan pada Android. Setelah selesai memasukkan informasi akun tersebut, sistem langsung mendeteksi setting server lainnya secara otomatis dan saya dibawa ke layar Inbox.

Layar Inbox E-mail

Layar Inbox E-mail

Saya cukup menyukai tampilan Inbox E-mail pada Android ini walaupun terkesan sederhana. Saya lalu mencoba untuk mengirimkan sebuah e-mail ke diri saya sendiri. ^^

Layar untuk membuat e-mail baru dan mengirimkannya

Layar untuk membuat e-mail baru dan mengirimkannya

Tampaknya editor e-mail pada Android ini masih belum mampu menyertakan attachment. Setelah mengetikkan alamat tujuan, judul dan isi e-mail, saya mengklik tombol Send untuk mengirimkan e-mail ini. Kembali ke layar Inbox, saya tekan tombol MENU dan saya klik Refresh. Rupanya e-mail tersebut sudah saya terima.

E-mail sudah diterima

E-mail sudah diterima

OK, berikut adalah beberapa screenshot lain yang saya “potret” saat mencoba Android ini.

Layar setting utama Google Android

Layar setting utama Google Android

Layar informasi sistem

Layar informasi sistem

Layar Spare Parts

Layar Spare Parts

Layar statistik penggunaan sistem

Layar statistik penggunaan sistem

Saya rasa sekian dulu ulasan saya mengenai Google Android versi LiveCD untuk platform x86 ini. Ada yang tertarik untuk mencobanya langsung pada PC/notebook/netbooknya? ^^

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Linux, Self, Technology dan tag , , , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Mencoba Google Android dengan VirtualBox

  1. Cecep berkata:

    Google android ini keren. Tapi kalau untuk di netbook punya saingan yang sama-sama keren, ya itu Intel moblinšŸ˜€

    Kita lihat nanti siapa yang bakal lebih sukses.

  2. Cecep berkata:

    Google android ini keren. Tapi kalau untuk di netbook punya saingan yang sama-sama keren, ya itu Intel moblinšŸ˜€

    Kita lihat nanti siapa yang bakal lebih sukses.

  3. Ping balik: animaster's status on Wednesday, 15-Jul-09 16:25:16 UTC - Identi.ca

  4. Ping balik: Animaster Talks | Simple Digital Life » Blog Archive » Program Bundling Android dan Indosat

  5. Ping balik: Animaster Talks | Simple Digital Life » Blog Archive » Bingung Memilih Smartphone Berbasis Android

Tinggalkan Balasan

