Instalasi Google Gears untuk Firefox 3.5 pada Ubuntu

Logo Google Gears

Logo Google Gears

Apa itu Google Gears? Bagi anda yang belum pernah mendengarnya, Google Gears merupakan sebuah komponen yang dapat meningkatkan kinerja browser web dalam memproses aplikasi berbasis web. Caranya adalah dengan melakukan caching data secara lokal dalam harddisk anda. Keuntungannya, aplikasi web bisa berjalan lebih cepat, karena beberapa data yang dibutuhkan akan dimuat dari harddisk anda. Di samping itu, Javascript pada situs web yang Google Gears, juga bisa dijalankan secara background untuk meningkatkan kinerjanya.

Beberapa saat lalu, Google secara resmi merilis versi baru addon (ekstension) Google Gears yang kompatibel dengan Mozilla Firefox 3.5. Bagi pengguna Windows dan Mac, mungkin tidak ada masalah pada saat instalasi. Namun bagi pengguna Ubuntu (termasuk saya), yang Firefox 3.5 nya tidak “resmi”, dan masih menggunakan nama sandi Shiretoko, ternyata Google Gears tidak dapat diinstalasikan.

Beruntung, ada seseorang yang mengompilasi kode sumber Gears sehingga kompatibel dengan Shiretoko. Berikut adalah link unduhnya:

Silakan klik pada link yang sesuai dengan sistem anda (32-bit atau 64-bit), jangan sampai menggunakan versi yang salah. Saya sendiri menggunakan versi i386 (32-bit) karena sistem saya adalah Ubuntu 9.04 Jaunty Jackalope versi 32-bit. Setelah selesai mengunduh ekstension ini, restart Shiretoko dan anda siap menggunakan Google Gears. Oh ya, sebaiknya JANGAN GUNAKAN Google Gears pada PC/laptop yang dipakai secara bersama (sharing) seperti di warnet dll.

Mode offline pada sejumlah layanan web milik Google

Mode offline pada sejumlah layanan web milik Google

Untuk mencoba kemampuan Google Gears, anda bisa membuka layanan web yang dimiliki oleh Google, seperti Google Reader atau Google Mail (GMail). Kalau anda perhatikan pada halaman utamanya, pada pojok kanan atas di sebelah alamat e-mail anda terdapat tanda panah kecil yang berwarna hijau. Klik pada tanda panah tersebut, dan sistem akan mengunduh sejumlah data untuk disimpan ke dalam harddisk anda. Ya, anda kini masuk ke dalam mode offline, sehingga anda bisa membaca e-mail pada GMail maupun feed RSS pada Google Reader secara offline tanpa membutuhkan koneksi internet! Apabila anda sudah terkoneksi lagi ke internet, anda bisa mengklik pada tanda panah itu lagi dan anda akan kembali pada mode online. Sistem akan melakukan sinkronisasi data untuk memperoleh update terbaru.

Aktifkan Google Gears pada WordPress untuk meningkatkan kinerja

Aktifkan Google Gears pada WordPress untuk meningkatkan kinerja

Apabila anda memiliki blog berbasis WordPress, baik yang anda hosting sendiri maupun pada WordPress.com, anda juga bisa menggunakan Google Gears untuk mempercepat pemuatan halaman. Hal ini tentunya sangat membantu pada saat kita ingin membuat posting baru atau memeriksa statistik blog. Pada blog yang berbasis WordPress.com, fitur ini sering disebut sebagai “Turbo“. Dengan aktifnya Gears, sebagian besar berkas gambar, skrip, dan CSS akan disimpan secara lokal pada harddisk anda sehingga mempercepat browser dalam memuat halaman.

Untuk mengaktifkan Google Gears, melalui Dashboard pada halaman admin, masuk ke menu Tools, lalu klik Install Now. Sistem akan mengunduh beberapa berkas untuk disimpan dalam harddisk anda. Setelah selesai, silakan coba masuk ke berbagai menu pada halaman admin anda, dan rasakan peningkatan kecepatannya. ^^

OK, sekian dulu panduan kecil dari saya mengenai Google Gears. Saran dan kritik bisa dikirimkan pada kolom komentar di bawah ini. ^^

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Guide, Linux dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s