Evolusi Tab pada Web Browser Masa Depan?

Jumlah tab yang dibuka semakin banyak

Jumlah tab yang dibuka semakin banyak

Ketika anda membuka PC atau laptop yang terkoneksi ke Internet, apa yang pertama kali anda lakukan? Saya menebak, anda (termasuk saya juga) akan membuka aplikasi web browser. Tab pertama diisi oleh klien web e-mail (GMail, Yahoo! Mail, Hotmail, dll), tab kedua diisi oleh Facebook, tab ketiga diisi oleh Twitter, lalu YouTube, dashboard WordPress, dan seterusnya. Tanpa sadar, kita telah membuka lebih dari 5 tab pada 5 menit pertama setelah anda membuka web browser. Setelah mengecek e-mail dan meng-update status pada Facebook dan Twitter, kita lalu mulai membuka YouTube atau Google dan melakukan pencarian di sana, kemudian membuka hasil penelusurannya pada tab-tab baru. Apa yang terjadi? Jumlah tab yang kita buka pada browser semakin banyak lagi.

Lalu bagaimana browser kita menampilkan semakin banyaknya jumlah tab yang kita buka? Beberapa alternatif memang telah disediakan. Secara default, Mozilla Firefox menyediakan fungsi “geser” (scrolling) pada daftar tab, apabila jumlah tab yang kita buka melebihi batas tertentu. Saya sendiri tidak suka dengan fungsi ini, karena menurut saya melakukan scrolling pada daftar tab terlalu merepotkan, terutama bila jumlah tab yang dibuka sangat banyak. Solusinya: harus ada (r)evolusi pada sistem tab di browser.

Tampilan daftar tab dengan struktur tree (pohon)

Tampilan daftar tab dengan struktur tree (pohon)

Pada Mozilla Firefox, sudah tersedia beberapa addon yang “mengubah” tampilan daftar tab, seperti: Tree Style Tab dan Sidebar Tab. Namun ini hanya solusi sementara, dan juga memiliki masalah yang sama dengan sistem sebelumnya, yaitu apabila jumlah tab yang dibuka terlalu banyak. Oleh karena itu, beberapa pihak sudah mulai memikirkan bagaimana pengelolaan tab pada browser di masa depan.

Pengembangan Sidebar Tab dengan kategori

Pengembangan Sidebar Tab dengan kategori

Mozilla Labs baru-baru ini mengadakan sebuah lomba (tantangan?) bertema: “Reinventing Tabs in the Browser – How can we create, navigate and manage multiple web sites within the same browser instance?“. Lomba ini diinspirasi dari bagaimana cara orang-orang menggunakan tab pada browser. Ya, 20 atau lebih tab merupakan hal yang lumrah saat ini. Ada beberapa orang yang sudah memikirkan ide-ide inovatif, seperti pada artikel ini dan artikel itu.

Bagaimana menurut anda sendiri? ^^

Iklan

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Internet, Linux, Self dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s