Sinkronisasi Berkas Antar Komputer dengan Dropbox

Dropbox

Dropbox

Sebenarnya saya tertarik untuk mencoba layanan sinkronisasi berkas UbuntuOne, namun hingga saat ini permintaan undangan yang saya kirimkan seminggu lalu untuk mencoba layanan ini, masih belum direspon hingga sekarang. Saya coba mencari layanan serupa dan akhirnya saya menemukan Dropbox. Walaupun juga masih dalam tahap beta, ternyata Dropbox lebih dulu dirilis dibandingkan UbuntuOne dan telah hadir untuk Linux, Windows, dan Mac OS. Wow … lalu apa saja fitur yang ditawarkan Dropbox dan bagaimana instalasinya?

Fitur yang ditawarkan oleh Dropbox pada dasarnya sama dengan UbuntuOne. Layanan yang ditawarkan adalah sinkronisasi berkas secara online, sehingga anda bisa mengaksesnya dari mana pun. Anda bisa menggunakan sistem Windows, Mac, dan Linux. Untuk sistem lain yang tidak didukung oleh Dropbox, anda bisa juga menggunakan browser web untuk melihat berkas yang telah anda sinkronisasikan. Anda bisa menggunakan ponsel, PSP, dan perangkat apa pun yang bisa terkoneksi ke Internet untuk mengakses berkas anda. Dropbox juga mendukung penambahan addon/plugin yang bisa anda gunakan untuk memperkaya fungsionalitas Dropbox. Fitur lengkap bisa anda baca di situs resminya.

Bagi anda yang sudah tidak sabar mencobanya, berikut saya berikan panduan instalasi Dropbox pada Ubuntu (saya menggunakan Ubuntu 9.04).

Langkah 1: Unduh Berkas Instalasi Dropbox

Silakan anda buka halaman unduh Dropbox dan unduh berkas instalasinya di sana. Pastikan anda memilih yang “x86_64” apabila sistem operasi anda 64-bit dan pilih “x86” apabila sistem operasi anda 32-bit.

Setelah selesai, anda klik ganda pada berkas instalasi Dropbox dan klik pada Install Packages untuk memulai proses instalasi paket Dropbox. Setelah selesai, anda akan diminta untuk melakukan logout dari sistem Ubuntu anda dan login kembali. Hal ini disebabkan karena Dropbox mengintegrasikan diri dengan Nautilus, manajer berkas pada Ubuntu, untuk me-restartnya.

Langkah 2: Instalasi Dropbox dan Registrasi Akun

Setelah anda login kembali, akses Dropbox melalui menu Applications | Internet | Dropbox.

Akses Dropbox melalui menu Application | Internet | Dropbox

Akses Dropbox melalui menu Application | Internet | Dropbox

Karena ini adalah pertama kalinya Dropbox dijalankan, Dropbox akan meminta izin untuk mengunduh beberapa paket tambahan untuk instalasi.

Pertama kali dijalankan

Pertama kali dijalankan

Proses unduh paket tambahan Dropbox

Proses unduh paket tambahan Dropbox

Setelah selesai mengunduh, Dropbox akan meminta anda menghubungkan akun Dropbox anda dengan sistem Ubuntu anda. Apabila anda belum pernah mendaftar menjadi anggota Dropbox, pilih opsi pertama “I’m New to Dropbox” dan klik Forward. Setelah itu, pilih paket layanan yang 2 GB (gratis) atau anda bisa memilih paket lain bila anda tertarik. ^^

Registrasi akun Dropbox

Registrasi akun Dropbox

Pilihan paket layanan Dropbox

Pilihan paket layanan Dropbox

Selanjutnya, klik Forward saja hingga proses instalasi selesai.

Langkah 3: Selesai – Silakan Mulai Sinkronisasi Berkas Anda

Secara default, Dropbox akan membuat sebuah folder “Dropbox” pada folder home anda. Ketika anda memasukkan berkas ke dalam folder tersebut, maka secara otomatis Dropbox akan melakukan sinkronisasi dengan akun Dropbox anda. Dropbox juga akan membuat sebuah ikon pada notifikasi di sebelah kanan atas, yang mana bisa anda gunakan untuk mengakses beberapa fungsi umum Dropbox.

Dropbox pada notifikasi Ubuntu

Dropbox pada notifikasi Ubuntu

Semoga panduan ini dapat membantu anda dan selamat bermain-main dengan Dropbox. ^^

Iklan

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Internet, Linux, Self, Technology dan tag , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Sinkronisasi Berkas Antar Komputer dengan Dropbox

  1. Donie berkata:

    nice tutorial.. gw coba dulu ya

  2. Donie berkata:

    nice tutorial.. gw coba dulu ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s