Kontroversi UbuntuOne

UbuntuOne masih dalam fase beta saat artikel ini ditulis. Namun demikian, salah satu produk terbaru dari Canonical ini sudah menuai banyak kontroversi. Ya, banyak yang mengeluhkan tentang penggunaan kata “Ubuntu” dalam nama produk/layanan ini. Ada apa gerangan? Setelah ditelusuri lebih jauh, ternyata beberapa kontributor (dan pengguna?) menganggap penggunaan kata “Ubuntu” untuk tujuan komersial adalah menyalahi prinsip “kebebasan” yang selama ini menjadi inti idealisme Ubuntu. Di samping itu, ada juga yang mempermasalahkan tentang perangkat lunak yang digunakan dalam sistem UbuntuOne. Aplikasi klien UbuntuOne memang bersifat terbuka (open source), namun tidak demikian dengan sistem servernya yang bersifat tertutup.

Kalau menurut saya, Canonical sah-sah saja menggunakan istilah “Ubuntu” untuk produk dan layanan yang mereka kembangkan, karena mereka memang memiliki hak patennya. Tentang keterbukaan sistem UbuntuOne, saya tidak bisa memberikan komentar, karena saya sendiri tidak terlalu mempermasalahkannya. Bagaimana dengan tanggapan anda?

Diskusi lebih lanjut mengenai kontroversi ini bisa anda baca di UbuntuForums dan Launchpad. ^^

Update: Situs ini lebih terang-terangan memakai logo Ubuntu. Pelanggaran hak cipta?

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Linux, Technology dan tag , , . Tandai permalink.

10 Balasan ke Kontroversi UbuntuOne

  1. Max MM berkata:

    UbuntuOne itu os ubuntu yg mana sih?
    versi berbayarkah?

    ~ newbie ubuntu user ~

  2. Max MM berkata:

    UbuntuOne itu os ubuntu yg mana sih?
    versi berbayarkah?

    ~ newbie ubuntu user ~

  3. Ping balik: Komentar Mark Shuttleworth Tentang Masalah Ubuntu One « Animaster Talks – Simple Digital Life

  4. Ping balik: Charlie Anthony: Komentar Mark Shuttleworth Tentang Masalah Ubuntu One -Mbah Sirat

  5. nurul berkata:

    Aku anak SMK Swasta di Tasikmalaya, baru-baru ini aku beli laptop dell, di instalkan ubuntu, karna aku baru tau dan baru kenal ubuntu, aku belum lancar menggunakan ubuntu,,, cari modul ‘y di internet cuma ngerti dikit… Buat yang baca, bantuin donk!!!! Aku pengen lancar menggunakan ubuntu!!!!

  6. nurul berkata:

    Aku anak SMK Swasta di Tasikmalaya, baru-baru ini aku beli laptop dell, di instalkan ubuntu, karna aku baru tau dan baru kenal ubuntu, aku belum lancar menggunakan ubuntu,,, cari modul ‘y di internet cuma ngerti dikit… Buat yang baca, bantuin donk!!!! Aku pengen lancar menggunakan ubuntu!!!!

Tinggalkan Balasan

