Square Enix “Menutup” Proyek Sekuel Chrono Trigger Buatan Fans

Kalau anda adalah penggemar game RPG, tentunya anda tidak asing dengan Chrono Trigger (SNES). Dengan goresan tangan Akira Toriyama yang khas pada desain karakter dan tangan dingin Square Soft pada sistem permainan dan ceritanya, game RPG ini menjadi salah satu yang terlaris dalam sejarah. Oleh karena itu, banyak fans yang menginginkan agar Square membuat sebuah sekuel dari game ini. Namun Chrono Cross (PlayStation) yang dikembangkan oleh Square untuk menjadi sekuel Chrono Trigger ternyata tidak mampu memuaskan para fans (termasuk saya ^^), karena banyak elemen Chrono Trigger yang hilang dari game tersebut.

Pada tahun 2004 lalu, sekelompok fans Chrono Trigger bekerja sama untuk mengembangkan sebuah proyek pengembangan game, yaitu Chrono Trigger: Crimson Echoes. Proyek ini merupakan hasil modifikasi dari ROM game Chrono Trigger untuk SNES. Plot game ini sendiri merupakan lanjutan cerita dari Chrono Trigger pertama (menurut fans), di mana Chrono dan kawan-kawan akan kembali bertarung melawan penjahat baru dari kerajaan Zeal. Sampai awal bulan Mei 2009, game ini sudah selesai 98%, dengan fitur-fitur:

  • Durasi total permainan sekitar 35 jam
  • 10 jenis ending berbeda
  • 23 chapter

Namun pada tanggal 8 Mei 2009 lalu, Square Enix mengirimkan surat kepada tim pengembang utama Chrono Trigger: Crimson Echoes untuk tidak lagi meneruskan proyek mereka. Ya, akhirnya proyek ini secara resmi diakhiri oleh tim pengembang game ini pada tanggal 9 Mei 2009. Informasi lebih lanjut bisa anda baca di situs resminya.

Terus terang saya kecewa dengan hal tersebut. Bukan karena saya mendukung pembajakan hak cipta, tetapi sebagai seorang fans Chrono Trigger, saya sangat tertarik dengan game ini, apalagi setelah menonton 2 video trailer yang disediakan di situs resminya. Semoga saja hal ini menandakan bahwa Square Enix sudah mulai menaruh perhatian lebih dalam pengembangan sekuel resmi Chrono Trigger yang sesuai dengan keinginan fans. ^^

Iklan

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Gaming, Self dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s