Disk Usage Analyzer: Mengetahui Informasi Pemakaian Hard Disk

Tampilan Baobab a.k.a Disk Usage Analyzer

Tampilan Baobab a.k.a Disk Usage Analyzer

Tadi saya iseng membaca berbagai ide kreatif yang dilontarkan oleh pengguna Ubuntu pada Ubuntu Brainstorm. Salah satu ide yang menarik adalah mengenai integrasi tampilan informasi penggunaan ruang kosong hard disk pada Nautilus. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah mengintegrasikan Nautilus dengan sebuah aplikasi yang bernama Baobab atau lebih dikenal sebagai Disk Usage Analyzer. Aplikasi ini dapat melakukan analisis penggunaan ruang hard disk anda dan memberikan laporan berbentuk teks maupun grafis. Dengan aplikasi ini, anda bisa mengetahui direktori mana saja yang mengonsumsi ruang hard disk anda.

Untuk menggunakannya, silakan akses melalui menu Applications | Accessories | Disk Usage Analyzer. Klik tombol “Scan Home” untuk menganalisa direktori home anda atau “Scan Filesystem” untuk menganalisa seluruh sistem anda. Arahkan kursor mouse anda pada grafis untuk mengetahui direktori mana saja yang berada pada bar tersebut. Klik pada “View as Rings Chart” untuk memilih opsi tampilan grafis lainnya. Selamat mencoba.^^

Iklan

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Linux, Self dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s