Mengubah Nama Banyak Berkas dengan Thunar

Thunar: Manajer Berkas untuk Xfce

Ubah nama berkas dengan pola tertentu

Saya tahu bahwa kita dapat mengubah nama berkas dengan mudah menggunakan perintah “mv” pada terminal. Namun terus terang saya tidak begitu paham mengenai cara menggunakan metode “regular expression” untuk mengubah nama berkas berdasarkan pola tertentu. Setelah saya mencari berbagai cara melalui Google, ada sebuah alternatif menggunakan sebuah aplikasi bernama Thunar. Sebenarnya, Thunar merupakan aplikasi manajer berkas (file manager) untuk Xfce. Namun, Thunar memiliki sebuah fitur untuk mengubah nama berkas secara massal berdasarkan pola tertentu.

Pada Ubuntu, instalasinya mudah. Anda tinggal mencari “thunar” pada Synaptic Package Manager dan menginstalnya. Untuk instalasi melalui terminal, seperti biasa:


sudo apt-get install thunar

Thunar bisa anda akses melalui menu Applications | Accessories | Thunar File Manager. Jika anda ingin langsung mengakses fungsi penamaan berkas pada Thunar, akses melalui menu Applications | Accessories | Bulk Rename. ^^

Iklan

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Linux dan tag , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Mengubah Nama Banyak Berkas dengan Thunar

  1. Ping balik: Animaster Talks | Simple Digital Life » Blog Archive » Mengubah Nama Banyak Berkas dengan GPRename pada Ubuntu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s