Apa Saja yang Baru pada Ubuntu 9.04 Jaunty Jackalope?

Akhirnya datang juga!

Pada tanggal 23 April kemarin, Ubuntu 9.04 Jaunty Jackalope resmi dirilis oleh Canonical. Rilis Ubuntu baru selalu membawa sejumlah fitur baru juga. Apa saja?

Yang pertama dan paling kelihatan adalah sistem notifikasi baru yang diperkenalkan pada Jaunty.

Pidgin: Notifikasi baru pada Ubuntu

Pidgin: Notifikasi baru pada Ubuntu

Pada gambar di atas, saya mencoba untuk melakukan chatting dengan diri sendiri ^^ menggunakan Pidgin. Sistem notifikasi baru ini tidak lagi menampilkan balon kata-kata, melainkan kotak peringatan yang transparan (bila anda menggunakan Desktop Effect). Menurut saya, sistem notifikasi baru ini cukup menarik, walaupun masih belum sempurna pada beberapa kasus.

Beberapa aplikasi baru juga tampak pada instalasi Jaunty, antara lain Brasero sebagai aplikasi pembakar CD/DVD default dan Computer Janitor.

Bersihkan sampah data dengan Computer Janitor

Bersihkan sampah data dengan Computer Janitoroot

Bakar CD/DVD dengan Brasero

Bakar CD/DVD dengan Brasero

Ada juga beberapa theme dan wallpaper baru pada Jaunty. Anda bisa lihat pada System | Preferences | Appearance.

Themes baru pada Ubuntu 9.04 Jaunty Jackalope

Themes baru pada Ubuntu 9.04 Jaunty Jackalope

Selain baru dari segi tampilan, Jaunty juga membawa beberapa fitur baru dalam sistemnya, antara lain:

  • Booting lebih cepat
  • Sistem berkas baru Ext4
  • X.org server 1.6
  • Linux kernel 2.6.28

Fitur lengkap Ubuntu 9.04 Jaunty Jackalope bisa anda lihat di situs resmi Ubuntu. Selamat bermain-main dengan Jaunty! ^^

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Linux dan tag , . Tandai permalink.

26 Balasan ke Apa Saja yang Baru pada Ubuntu 9.04 Jaunty Jackalope?

  1. steven berkata:

    Pak ada tahu caranya mengaktifkan compiz fushion di jaunty, adapun vga card saya adalah intel x3100.

    Thanks

    PS: Dah cari kemana2 nggak ketemu2

  2. steven berkata:

    Pak ada tahu caranya mengaktifkan compiz fushion di jaunty, adapun vga card saya adalah intel x3100.

    Thanks

    PS: Dah cari kemana2 nggak ketemu2

  3. tedytirta berkata:

    Salam kenal, Mas nanya donk…kl saya punya DVD repositorinya Intrepid, bisa ga ya dipake di Jaunty?

  4. tedytirta berkata:

    Salam kenal, Mas nanya donk…kl saya punya DVD repositorinya Intrepid, bisa ga ya dipake di Jaunty?

  5. Kiswono berkata:

    wkwk.. ^^
    ampoen gan~
    daftar repo-nya mana gan, ntar aq kasih cendolnya ^^

  6. Kiswono berkata:

    wkwk.. ^^
    ampoen gan~
    daftar repo-nya mana gan, ntar aq kasih cendolnya ^^

  7. hasssan berkata:

    gimana kalo pake kartu grafis ati radeon x1650, pas mau saya upgrade, ternyata belum ada driver pendukung untuk jaunty, sementara selama ini saya pake intrepid ada drivernya???

  8. hasssan berkata:

    gimana kalo pake kartu grafis ati radeon x1650, pas mau saya upgrade, ternyata belum ada driver pendukung untuk jaunty, sementara selama ini saya pake intrepid ada drivernya???

  9. gopanx berkata:

    Dari dulu install ubuntu tapi hang……………………………….. MULU! Gw pake ATI X1050. Desktop sering freeze.. Da solusi

  10. gopanx berkata:

    Dari dulu install ubuntu tapi hang……………………………….. MULU! Gw pake ATI X1050. Desktop sering freeze.. Da solusi

  11. animaster berkata:

    Ya, memang kartu grafis ATI (AMD) masih bermasalah dengan Ubuntu 9.04 Jaunty. ^^;

  12. alchemist berkata:

    salamk kenal. saya juga memakai ATI dan ubuntu jaunty..eh malah drivernya gak ada…tapi pada kubuntu jaunty..kok drivernya ada??..tanya kenapa?

  13. alchemist berkata:

    salamk kenal. saya juga memakai ATI dan ubuntu jaunty..eh malah drivernya gak ada…tapi pada kubuntu jaunty..kok drivernya ada??..tanya kenapa?

Tinggalkan Balasan

