BlueMan: Solusi Masalah Bluetooth di Ubuntu 8.10 Intrepid

BlueMan Applet (kiri) di Notification Bar Ubuntu

BlueMan Applet (kiri)

Ya, saya tahu Ubuntu 9.04 Jaunty Jackalope sebentar lagi akan dirilis. Artikel ini sebenarnya saya buat untuk dokumentasi saya sendiri, sebagai antisipasi jika saya menghadapi masalah serupa pada rilis Ubuntu selanjutnya. ^^

Belakangan ini saya sering mengambil foto dengan kamera ponsel dan saya ingin memindahkannya ke laptop. Pada Ubuntu 8.04 Hardy Heron, saya dapat melakukannya dengan tanpa kesulitan. Entah bagaimana dengan anda, tetapi sejak melakukan upgrade ke Ubuntu 8.10 Intrepid Ibex, saya selalu mengalami masalah dengan koneksi bluetooth tersebut. Masalah yang paling sering adalah ponsel saya tidak dapat mendeteksi layanan bluetooth pada laptop. Akibatnya saya hampir selalu gagal melakukan proses pairing (penyambungan) antara ponsel dan laptop saya.

Setelah saya melakukan Googling, ada beberapa solusi yang ditawarkan oleh para pengguna Ubuntu lain yang mengalami masalah serupa. Salah satu solusi yang menurut saya cukup baik adalah melakukan instalasi aplikasi BlueMan. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi untuk mengelola layanan bluetooth alternatif yang berbasis GTK+. Dengan aplikasi ini, kini saya dapat dengan mudah melakukan pairing antara berbagai perangkat berbasis bluetooth dengan laptop saya. Bagaimana cara melakukan instalasi BlueMan?

Buka terminal dan masukkan perintah berikut untuk menyunting berkas repositori anda:

sudo gedit /etc/apt/sources.list

Tambahkan kedua baris berikut pada berkas yang sedang dibuka pada GEdit:

deb http://ppa.launchpad.net/blueman/ppa/ubuntu intrepid main
deb-src http://ppa.launchpad.net/blueman/ppa/ubuntu intrepid main

Simpan berkas ini (CTRL + S atau File | Save), lalu tutup GEdit, dan masukkan perintah berikut pada terminal:

sudo apt-get update
sudo apt-get install blueman

Setelah proses instalasi selesai, pada menu utama pilih System | Preferences | Bluetooth Manager untuk menjalankan applet BlueMan (lihat Notification Bar di kanan atas layar). Klik kanan pada ikon bluetooth yang kecil tersebut, dan anda bisa mengakses berbagai konfigurasi bluetooth anda di sana.

Informasi lebih lanjut mengenai BlueMan bisa anda peroleh di situs resminya. Selamat ber-bluetooth ria! ^^

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Linux, Mobile dan tag , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke BlueMan: Solusi Masalah Bluetooth di Ubuntu 8.10 Intrepid

  1. Ping balik: Majalah Bluetooth terselesaikan…(haha) « Pasukan Cecunguk

Tinggalkan Balasan

