Konversi Video untuk Dimainkan pada PSP

Salah satu fungsi yang ditawarkan oleh PSP selain bermain game adalah kemampuan memutar file multimedia, salah satunya adalah video. Tentunya PSP juga memiliki standar format file yang dapat dimainkan. Nah, untuk membantu anda, berikut saya berikan panduan untuk mengkonversi file video yang anda miliki supaya dapat dimainkan pada PSP.

Langkah 1: Persiapan – Apa Saja yang Dibutuhkan

Aplikasi yang dibutuhkan adalah Avidemux 2.4.3 (taut unduh). Avidemux tersedia untuk 3 sistem operasi, yaitu Linux, Windows, dan Mac OSX. Saya sendiri menggunakan Avidemux versi Ubuntu dan sistem operasi saya Ubuntu 8.10, tetapi panduan ini juga dapat digunakan bagi anda yang menggunakan Windows atau Mac OSX.

Setelah anda mengunduh dan menginstalasi Avidemux, anda juga mungkin harus meng-update firmware PSP anda, minimal ke versi 4.01. Sebagai referensi, PSP saya adalah PSP Slim (PSP-2000) dengan custom firmware 5.00 M33-3.

Langkah 2: Buka File Video dan Konfigurasi Umum

Seperti yang telah saya beritahukan sebelumnya, PSP memiliki standar format video yang dapat dimainkan, yaitu:

  • Resolusi: 320×240, 480×272, 640×480, 720×480 (480p)
  • Format: MP4
  • Bitrate: ~1000 kbps (video) dan ~192 kbps (audio)
  • Codec: H.264 AVC (video) dan AAC (audio)

OK, sekarang kita buka Avidemux.

Tampilan utama Avidemux

Sederhana: Tampilan utama Avidemux

Setelah itu, anda klik ikon Open di bagian kiri atas dan pilih file video yang akan dikonversi. Setelah itu, jika file video yang anda pakai memakai codec H.264, maka layar berikut akan tampil.

Tampil jika video anda menggunakan H.264

Cancel: Tampil jika video anda menggunakan H.264

Pilih “Cancel“. Setelah itu, ada kemungkinan akan muncul pesan untuk melakukan “Rebuild Index“, pilih “Yes“. Sebagai informasi tambahan, file video yang saya gunakan ini memiliki format:

  • Format: MKV
  • Codec: H.264 AVC (x264 – 24 fps) dan AAC
  • Resolusi: 1280×720

Setelah itu, pilih menu Auto | PSP (H.264).

Setting Auto - PSP (H.264)

Otomatis: Setting Auto - PSP (H.264)

Pada “Target type“, opsi yang sering digunakan adalah “PSP 480*272” dan “PSP full res (720*480)“. Opsi yang pertama biasa digunakan untuk video yang akan ditonton pada layar PSP, sedangkan opsi kedua biasa digunakan untuk video yang akan ditonton melalui TV, memakai kabel TV-Out PSP. Pilihan di tangan anda.

Avidemux akan melakukan konfigurasi video dan audio secara otomatis. Kalau anda lihat pada sebelah kiri layar, pada bagian Video akan berubah menjadi “MPEG-4 AVC (x264)“. Pada bagian Audio, jika file anda sudah memakai codec AAC, maka tidak ada perubahan konfigurasi di sini. Namun bila file anda tidak menggunakan AAC, maka konfigurasinya akan berubah menjadi “AAC (FAAC)“.

Layar Avidemux setelah membuka file video

Screenshot: Layar Avidemux setelah memilih konfigurasi untuk PSP

Langkah 3: Konfigurasi Video

Pada bagian Video di sebelah kiri layar utama Avidemux, klik Configure.

Konfigurasi x264 bagian 1

Ubah Bitrate: Konfigurasi x264 bagian 1

Pada tab “Bitrate” ini saya hanya merubah nilai “Target bitrate (kb/s)” menjadi 1000.

Konfigurasi x264 bagian 2

Motion: Konfigurasi x264 bagian 2

Pada tab “Motion & Misc” ini saya merubah “Partition Decision” menjadi “7B – Ultra High (RDO on B-frames)” dan “Method” menjadi “Exhaustive Search“. Konfigurasi lain tidak ada yang saya rubah. Kalau sudah selesai, klik OK.

Pada layar utama Avidemux, pada bagian Video di sebelah kiri layar, klik Filters.

Konfigurasi Filter Video

Filter: Konfigurasi filter video

Pada bagian ini, saya tidak menggunakan filter “Add black border“. Saya hanya menggunakan filter “MPlayer resize” dan saya set ke “480×272” (atau “720×480” jika anda memilih “PSP full res (720*480)“. Selain itu, saya juga memasukkan subtitle ASS, dengan memilih Subtitles | ASS. Jika sudah selesai, klik Close.

Jika konfigurasi Audio anda adalah “Copy“, maka anda tidak perlu melakukan langkah berikut.

Langkah 4: Konfigurasi Audio

Jika konfigurasi Audio anda pada sebelah kiri layar utama Avidemux adalah “AAC (FAAC)“, maka pilih “Filters“.

Konfigurasi filter audio

Tambahan: Konfigurasi filter audio

Beri centang pada “Resampling (Hz)” dan pilih “48000“. Jika sudah selesai, klik OK.

Langkah 5: Mulai Konversi

Selanjutnya, pada layar utama Avidemux, pilih ikon Save. Masukkan nama file video hasil konversi, jangan lupa berikan ekstensi .MP4 pada nama file tersebut. Proses konversi akan dimulai.

Proses konversi sedang berjalan

Tunggu: Proses konversi sedang berjalan

Durasi konversi tergantung dari ukuran file yang anda konversi dan spesifikasi komputer anda. Untuk Avidemux versi Windows, anda bisa memilih prioritas aplikasi pada bagian “Priority“.

Setelah proses konversi selesai, pasang kabel data PSP anda pada port USB PC atau laptop anda, dan masukkan file video hasil konversi ke folder “VIDEO” pada (memory stick) PSP anda. Selamat menonton dengan PSP! ^^

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Gaming, Mobile dan tag , , . Tandai permalink.

15 Balasan ke Konversi Video untuk Dimainkan pada PSP

  1. tow2 berkata:

    wooow lengkap sekali ini..sangat membantu, selama ini yang saya pake itu PSPVC, sebelumnya sempet pake PSP video 9..tapi yang belum ada cacatnya itu sejauh ini PSPVC..tapi tentu pilihan animaster bakalan saya coba..

  2. tow2 berkata:

    wooow lengkap sekali ini..sangat membantu, selama ini yang saya pake itu PSPVC, sebelumnya sempet pake PSP video 9..tapi yang belum ada cacatnya itu sejauh ini PSPVC..tapi tentu pilihan animaster bakalan saya coba..

  3. animaster berkata:

    @tow2
    PSPVC menurut saya memang lebih sederhana dan lebih mudah digunakan daripada Avidemux, tetapi saya sudah menjumpai beberapa kasus di mana file video hasil konversi tidak dapat dimainkan pada PSP atau dimainkan dengan frame-rate patah-patah. Saya memang belum mencoba PSPVC versi 3.2 yang terbaru. ^^

  4. animaster berkata:

    @tow2
    PSPVC menurut saya memang lebih sederhana dan lebih mudah digunakan daripada Avidemux, tetapi saya sudah menjumpai beberapa kasus di mana file video hasil konversi tidak dapat dimainkan pada PSP atau dimainkan dengan frame-rate patah-patah. Saya memang belum mencoba PSPVC versi 3.2 yang terbaru. ^^

  5. tow2 berkata:

    @animaster
    owwwhhh gitu..blm pernah ketemu yang begitu.. sekarang lagi share juga soalnya sama temen yang baru punya psp, gw praktekin duluan ah yang ini..jadi nanti bisa pamer..ehehehehe

    nb : ngomong2 animaster psp nya kan pake custom firmware 5.00 M33-3 yah..saya masi pake 4.01 M33-02, bedanya apa yah? klo mw ganti sendiri bisa ga? ato perlu alat2 kaya pandora dll itu? bahas ini juga dong animaster..request

  6. tow2 berkata:

    @animaster
    owwwhhh gitu..blm pernah ketemu yang begitu.. sekarang lagi share juga soalnya sama temen yang baru punya psp, gw praktekin duluan ah yang ini..jadi nanti bisa pamer..ehehehehe

    nb : ngomong2 animaster psp nya kan pake custom firmware 5.00 M33-3 yah..saya masi pake 4.01 M33-02, bedanya apa yah? klo mw ganti sendiri bisa ga? ato perlu alat2 kaya pandora dll itu? bahas ini juga dong animaster..request

  7. animaster berkata:

    @tow2
    Buat pamer ke teman? Hehe …
    Tentang pembahasan firmware 5.00, ditunggu saja ya bisa dilihat di sini. ^^

  8. animaster berkata:

    @tow2
    Buat pamer ke teman? Hehe …
    Tentang pembahasan firmware 5.00, ditunggu saja ya bisa dilihat di sini. ^^

  9. tow2 berkata:

    @animaster
    hehehe..kan sekarang canggih2an ceritanya, tapi blog animaster tetep saya promosikan koq sebagai blog paling update..
    thanks banget neh animaster untuk bahasan custom firmware-nya..
    respect..

  10. tow2 berkata:

    @animaster
    hehehe..kan sekarang canggih2an ceritanya, tapi blog animaster tetep saya promosikan koq sebagai blog paling update..
    thanks banget neh animaster untuk bahasan custom firmware-nya..
    respect..

  11. JoY van Hallen berkata:

    oi bro… salam kenal, cuma mo nanya niy… klo software bwt convert video psp yg bisa pake subtitle apaan yak? btw pake nero 8 jg bs si convert videonya (udah ada output profil pspnya lg) tp gw ga ngerti masukin subtitlenya, anyway busway kutunggu bantuannya yah, thanx ๐Ÿ™‚

  12. JoY van Hallen berkata:

    oi bro… salam kenal, cuma mo nanya niy… klo software bwt convert video psp yg bisa pake subtitle apaan yak? btw pake nero 8 jg bs si convert videonya (udah ada output profil pspnya lg) tp gw ga ngerti masukin subtitlenya, anyway busway kutunggu bantuannya yah, thanx ๐Ÿ™‚

  13. animaster berkata:

    @JoY van Hallen
    Salam kenal. Pada panduan konversi video di atas, pada akhir langkah ke-3, saya juga memberikan panduan untuk memasukkan file subtitle ke dalam video. ^^

  14. animaster berkata:

    @JoY van HallenSalam kenal. Pada panduan konversi video di atas, pada akhir langkah ke-3, saya juga memberikan panduan untuk memasukkan file subtitle ke dalam video. ^^

  15. gan kok sizenya jadi 3x lipat dari mkv sih?? -_-
    cara mengecilin sizenya gmn ya gan?? ๐Ÿ˜€

Tinggalkan Balasan

