Beli PSP-3000: Sekarang atau Nanti?

PSP-3000 atau PSP Slim & Brite telah dirilis beberapa saat lalu. Anda merasa bingung untuk membelinya? Berikut saya paparkan beberapa alasan untuk membeli dan tidak membeli PSP-3000 sekarang.

UPDATE: Konfirmasi Sony mengenai masalah LCD PSP-3000

UPDATE: Sony akan merilis PSP Go

Mengapa Tidak Beli PSP-3000 Sekarang?

  1. PSP-3000 belum bisa memainkan game b*j*k*n, karena sampai saat ini belum bisa menggunakan CFW (custom firmware).
  2. PSP-3000 masih memiliki sejumlah masalah (detilnya lihat di bagian bawah). Lebih baik tunggu sampai Sony mengonfirmasi dan memperbaiki masalah tersebut Sony sudah mengonfirmasikan hal ini.
  3. Perbedaannya tidak terlalu signifikan dibandingkan PSP-2000 (PSP Slim), tetapi harganya relatif jauh lebih mahal.
  4. Kurs valas sedang tidak stabil, saat ini nilai tukar Dollar US ke Rupiah masih tinggi, lebih baik tunggu kurs stabil atau berada di kisaran Rp 9000.
Screenshot game Disgaea pada PSP-3000 dan PSP-2000

Garis-garis: Screenshot game Disgaea pada PSP-3000 dan PSP-2000

Ya, menurut beberapa pemilik PSP-3000, konsol ini masih memiliki “bug”. Salah satu “bug” yang cukup mengganggu menurut mereka adalah pada LCD PSP-3000. Masalah yang terdapat pada LCD PSP-3000 adalah timbulnya garis-garis (scanline) pada video dan game apabila terdapat objek yang bergerak dengan cepat.

UPDATE – Sony telah mengonfirmasi hal ini, dan mereka mengatakan bahwa LCD PSP-3000 menampilkan warna secara natural dan lebih cerah dibandingkan PSP-2000, sehingga response time LCD juga ditingkatkan. Konsekuensinya, garis-garis (scanline) akan lebih terlihat pada PSP-3000, dan ini bukan cacat secara hardware.

Selain itu, ada juga masalah kompatibilitas dengan Memory Stick Pro Duo tertentu, tetapi masalah ini sudah diperbaiki dengan dirilisnya firmware 5.01 baru-baru ini.

Mengapa Beli PSP-3000 Sekarang?

  1. PSP-1000 atau PSP-2000 anda rusak, dan anda ingin beli sistem PSP baru secepatnya karena ada game (orisinil – memakai UMD) yang belum anda tamatkan. ^^
  2. Kurs valas sedang tidak stabil, mumpung nilai tukar Dollar US ke Rupiah masih sekitar Rp 10000 (sampai artikel ini ditulis). Siapa tahu nanti nilai tukarnya semakin tinggi?
  3. Ada rumor bahwa PSP-3000 akan di-replace oleh Sony. Jika anda beli PSP-3000 yang beredar sekarang, nantinya mungkin konsol tersebut menjadi langka, karena merupakan PSP-3000 generasi pertama.

Jadi, keputusan tetap di tangan anda. ^^ Silakan posting komentar anda mengenai hal ini.

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Gaming, Mobile, Self, Technology dan tag , , . Tandai permalink.

153 Balasan ke Beli PSP-3000: Sekarang atau Nanti?

  1. tow2 berkata:

    saya akhirnya pilih psp 2ooo (beli minggu lalu). klo menurut saya agak menggangu juga tuh scanline dilihatnya. apalagi perbedaan antara yang 2000 dan 3000 ga terlalu banyak, ga seperti DS dan DSi yang perbedaannya cukup banyak. apalagi dollar makin parah akhir2 ini (sampe 11.000 dan 12.000)..dan yang paling parah lagi..ga bisa main b*j*k*n..hehe

  2. tow2 berkata:

    saya akhirnya pilih psp 2ooo (beli minggu lalu). klo menurut saya agak menggangu juga tuh scanline dilihatnya. apalagi perbedaan antara yang 2000 dan 3000 ga terlalu banyak, ga seperti DS dan DSi yang perbedaannya cukup banyak. apalagi dollar makin parah akhir2 ini (sampe 11.000 dan 12.000)..dan yang paling parah lagi..ga bisa main b*j*k*n..hehe

  3. animaster berkata:

    @tow2
    Beberapa saat lalu, saya sudah mencoba demo PSP-3000 (Disgaea) di salah satu gerai Sony Style di Singapore. Hmm … menurut saya, scanline tersebut tidak terlalu kelihatan sih. ^^

  4. animaster berkata:

    @tow2
    Beberapa saat lalu, saya sudah mencoba demo PSP-3000 (Disgaea) di salah satu gerai Sony Style di Singapore. Hmm … menurut saya, scanline tersebut tidak terlalu kelihatan sih. ^^

  5. Dert3qw berkata:

    PSP 2000 harga sekarang berapa sih?
    gw tanya di toko Gamespot Medan Rp 3.000.000,-
    dapat mesin, charges, kabel data, UMD Original, memori 2Gb original, garansi 6 bulan. kira2 mahal gak? Klo beli mesinnya aja di kenakan 2.450.000,- kira2 mahal gak itu?

  6. Dert3qw berkata:

    PSP 2000 harga sekarang berapa sih?
    gw tanya di toko Gamespot Medan Rp 3.000.000,-
    dapat mesin, charges, kabel data, UMD Original, memori 2Gb original, garansi 6 bulan. kira2 mahal gak? Klo beli mesinnya aja di kenakan 2.450.000,- kira2 mahal gak itu?

  7. animaster berkata:

    @Dert3qw
    Salam kenal. Sekitar bulan Februari lalu saya membelinya seharga Rp 2.100.000 termasuk konsol, charger, anti gores, glass protector, pouch, dan memory stick 4 GB (non-original ^^). Kabel data saya beli terpisah seharga Rp 50.000,-.

  8. animaster berkata:

    @Dert3qw
    Salam kenal. Sekitar bulan Februari lalu saya membelinya seharga Rp 2.100.000 termasuk konsol, charger, anti gores, glass protector, pouch, dan memory stick 4 GB (non-original ^^). Kabel data saya beli terpisah seharga Rp 50.000,-.

  9. Bursa-game berkata:

    coba aja cek harga di http://www.bursa-game.com, harga paling murah se indonesia untuk sekarang ini.
    jangan ambil di medan, percuma kemahalan

  10. Bursa-game berkata:

    coba aja cek harga di http://www.bursa-game.com, harga paling murah se indonesia untuk sekarang ini.
    jangan ambil di medan, percuma kemahalan

  11. obi berkata:

    ada ga ya PSP slim yang ada pelapis karet, tempat, memory 8gb, gratis game, mesinnya, dan anti gores. BRP harganya?

  12. obi berkata:

    ada ga ya PSP slim yang ada pelapis karet, tempat, memory 8gb, gratis game, mesinnya, dan anti gores. BRP harganya?

  13. animaster berkata:

    @obi
    Salam kenal. Saya kurang tahu harga PSP Slim sekarang berapa di Indonesia. Mungkin ada yang bisa membantu? ^^

  14. animaster berkata:

    @obi
    Salam kenal. Saya kurang tahu harga PSP Slim sekarang berapa di Indonesia. Mungkin ada yang bisa membantu? ^^

  15. drewZ berkata:

    Mendingan PSP 2000 donk… (udah stabil mesin maupun software nya)

    cuman beda di layar ama microphone doank…
    ga berguna amat kok tuh 2 fitur…
    microphone denger2 cuman buat dipake chat doank…(mending g chatting pake laptop ^^)
    parahnya PSP 3000 ga bisa maen game bajakan.. wew…..
    dan lagian masih barang baru dimana pasti bnyk bug, etc…

    dan keunggulan PSP 2000 yg udah gua uji: tahan banting (hahahaha)

  16. drewZ berkata:

    Mendingan PSP 2000 donk… (udah stabil mesin maupun software nya)

    cuman beda di layar ama microphone doank…
    ga berguna amat kok tuh 2 fitur…
    microphone denger2 cuman buat dipake chat doank…(mending g chatting pake laptop ^^)
    parahnya PSP 3000 ga bisa maen game bajakan.. wew…..
    dan lagian masih barang baru dimana pasti bnyk bug, etc…

    dan keunggulan PSP 2000 yg udah gua uji: tahan banting (hahahaha)

  17. arief berkata:

    hm..aku mau beli psp ne,tapi masi bingung antara 2000 atau 3000…kalau kk smua di posisi saya,gimana??

    harga yg ditawarkan ga mahal sih..sekitar 2.200.000 (psp dan charger)..

    mohon komen nya ^^

  18. arief berkata:

    hm..aku mau beli psp ne,tapi masi bingung antara 2000 atau 3000…kalau kk smua di posisi saya,gimana??

    harga yg ditawarkan ga mahal sih..sekitar 2.200.000 (psp dan charger)..

    mohon komen nya ^^

  19. animaster berkata:

    @arief
    Pendapat saya sama dengan komentar dari drewZ. Sampai saat ini, PSP-2000 merupakan pilihan yang lebih bijak.

  20. animaster berkata:

    @arief
    Pendapat saya sama dengan komentar dari drewZ. Sampai saat ini, PSP-2000 merupakan pilihan yang lebih bijak.

  21. arief berkata:

    hmm..makasi komennya ^^

    nanya lagi..kalau misalnya saya beli psp 3000 skarang..apakah mesin itu untuk ke depannya bisa baca game bajakan?? dgn cara diupgrade sistemnya gitu..

  22. arief berkata:

    hmm..makasi komennya ^^

    nanya lagi..kalau misalnya saya beli psp 3000 skarang..apakah mesin itu untuk ke depannya bisa baca game bajakan?? dgn cara diupgrade sistemnya gitu..

  23. animaster berkata:

    @arief
    Saya tidak bisa memprediksi apakah nantinya PSP-3000 dapat memainkan game b*j*k*n atau tidak. Kalau anda tetap ingin membeli PSP-3000, anda harus siap dengan resiko tersebut.

  24. animaster berkata:

    @arief
    Saya tidak bisa memprediksi apakah nantinya PSP-3000 dapat memainkan game b*j*k*n atau tidak. Kalau anda tetap ingin membeli PSP-3000, anda harus siap dengan resiko tersebut.

  25. is@an berkata:

    qu br belu psp 3 lalu yang 2000, klo beli psp 3000 gak deh, mending beli xbox 360 aj

  26. is@an berkata:

    qu br belu psp 3 lalu yang 2000, klo beli psp 3000 gak deh, mending beli xbox 360 aj

  27. rembol berkata:

    he PSP 3000 kan bisa buat telepon

    btw ada yang jualan meki 3000 ga … ckakak.

  28. nRa berkata:

    klo gitu lebih enak PSP-2000 donk, bisa maen game bajakan šŸ™‚
    btw, mo nanya neh … gimana caranya nginstal game bajakan diPSP-2000.
    klo udah tau caranya … ntar mo beli juga ah šŸ™‚

  29. nRa berkata:

    klo gitu lebih enak PSP-2000 donk, bisa maen game bajakan šŸ™‚
    btw, mo nanya neh … gimana caranya nginstal game bajakan diPSP-2000.
    klo udah tau caranya … ntar mo beli juga ah šŸ™‚

  30. animaster berkata:

    @nRa
    Game nya tidak perlu di-install koq. Cukup masukkan ke dalam folder ISO dalam Memory Stick PSP anda, dan pastikan PSP anda telah menggunakan custom firmware. Untuk memainkan game nya, melalui XMB pada PSP, masuk ke menu Game | Memory Stick, dan pilih game yang ingin anda mainkan. ^^

  31. animaster berkata:

    @nRa
    Game nya tidak perlu di-install koq. Cukup masukkan ke dalam folder ISO dalam Memory Stick PSP anda, dan pastikan PSP anda telah menggunakan custom firmware. Untuk memainkan game nya, melalui XMB pada PSP, masuk ke menu Game | Memory Stick, dan pilih game yang ingin anda mainkan. ^^

  32. yudhi berkata:

    Aku mau beli sony psp 3000,
    bisa buat telp ya, trus udah bisa bajakan blum?
    harganya berapa…………….
    Mending beli mana psp 3000 apa IPhone Apple

  33. yudhi berkata:

    Aku mau beli sony psp 3000,
    bisa buat telp ya, trus udah bisa bajakan blum?
    harganya berapa…………….
    Mending beli mana psp 3000 apa IPhone Apple

  34. chimp berkata:

    misi misi mau nanya
    kalo dibanding psp 2000 ma psp 3000 bgus mana sih ?
    aku sih maunya yg grafisnya manteb jadi gmana ?
    terus emg psp 3000 rb udah ada yang tipis ?
    dan bisa nelpon gt ?
    thx
    oh ya harga psp 3000 lengkap sekitar brp yah ? saran yah

  35. chimp berkata:

    misi misi mau nanya
    kalo dibanding psp 2000 ma psp 3000 bgus mana sih ?
    aku sih maunya yg grafisnya manteb jadi gmana ?
    terus emg psp 3000 rb udah ada yang tipis ?
    dan bisa nelpon gt ?
    thx
    oh ya harga psp 3000 lengkap sekitar brp yah ? saran yah

  36. animaster berkata:

    @yudhi, chimp
    Secara spesifikasi hardware, PSP-3000 lebih bagus dari PSP-2000 dalam hal: layar (display) dan dukungan microphone untuk telepon menggunakan SKYPE (VoIP). Namun dari sisi spesifikasi teknis, seperti CPU, GPU, RAM, dll, PSP-3000 sama dengan PSP-2000.
    Satu keunggulan PSP-2000 dari PSP-3000 adalah bisa memainkan game b*j*k*n. Oh ya, PSP-2000 yang dirilis terakhir (tepat sebelum PSP-3000 dirilis) ternyata tidak bisa di-install-i custom firmware = tidak bisa memainkan game b*j*k*n.

    Kalau soal harga … saya kurang tahu, karena saya sudah lama tidak mengecek harga PSP. Ada yang bisa membantu? ^^

  37. animaster berkata:

    @yudhi, chimp
    Secara spesifikasi hardware, PSP-3000 lebih bagus dari PSP-2000 dalam hal: layar (display) dan dukungan microphone untuk telepon menggunakan SKYPE (VoIP). Namun dari sisi spesifikasi teknis, seperti CPU, GPU, RAM, dll, PSP-3000 sama dengan PSP-2000.
    Satu keunggulan PSP-2000 dari PSP-3000 adalah bisa memainkan game b*j*k*n. Oh ya, PSP-2000 yang dirilis terakhir (tepat sebelum PSP-3000 dirilis) ternyata tidak bisa di-install-i custom firmware = tidak bisa memainkan game b*j*k*n.

    Kalau soal harga … saya kurang tahu, karena saya sudah lama tidak mengecek harga PSP. Ada yang bisa membantu? ^^

  38. joe berkata:

    harganya kira2 2600.000 kalo dibatam sih.

  39. joe berkata:

    harganya kira2 2600.000 kalo dibatam sih.

  40. hengki berkata:

    wa mau tanya.psp 3000 kapan bisa punya camera?berapa mp? berapa harga memory sticknya?dan kapan keluar game bajakannya? atas perhatiannya kami ucapkan terimah kasih.mohon cepat dibalas ya.

  41. hengki berkata:

    wa mau tanya.psp 3000 kapan bisa punya camera?berapa mp? berapa harga memory sticknya?dan kapan keluar game bajakannya? atas perhatiannya kami ucapkan terimah kasih.mohon cepat dibalas ya.

  42. animaster berkata:

    @hengki
    Kamera untuk PSP (1000, 2000, maupun 3000) sudah dijual secara terpisah, yaitu Go!Cam dengan resolusi 1,3 MP. Harga Memory Stick orisinil sekitar 400 – 700 rb untuk ukuran 8GB. Sampai saat ini PSP-3000 belum bisa menjalankan custom firmware untuk memainkan game b*j*k*n.

  43. animaster berkata:

    @hengki
    Kamera untuk PSP (1000, 2000, maupun 3000) sudah dijual secara terpisah, yaitu Go!Cam dengan resolusi 1,3 MP. Harga Memory Stick orisinil sekitar 400 – 700 rb untuk ukuran 8GB. Sampai saat ini PSP-3000 belum bisa menjalankan custom firmware untuk memainkan game b*j*k*n.

  44. yudhi berkata:

    Berapa harga PSP 3000
    Berapa Harga PSP Slim
    saya mau beli

  45. yudhi berkata:

    Berapa harga PSP 3000
    Berapa Harga PSP Slim
    saya mau beli

  46. animaster berkata:

    @yudhi
    Saya kurang tahu harga PSP-3000. Untuk harga PSP-2000 (slim), di Surabaya harganya sekitar Rp 3,2 – 3,5 juta tergantung paket penjualannya (Memory Stick, screen guard, dll) dan warna.

  47. animaster berkata:

    @yudhi
    Saya kurang tahu harga PSP-3000. Untuk harga PSP-2000 (slim), di Surabaya harganya sekitar Rp 3,2 – 3,5 juta tergantung paket penjualannya (Memory Stick, screen guard, dll) dan warna.

  48. hydedy berkata:

    psp slim second di surabaya macem2 harganya

    aku beli yang 1,5 juta-an.

    yang mo cari email di hydedy@gmail.com

  49. hydedy berkata:

    psp slim second di surabaya macem2 harganya

    aku beli yang 1,5 juta-an.

    yang mo cari email di hydedy@gmail.com

  50. yudhi berkata:

    kalo beli psp tapi secon ngeri ga ya… takutnya rusak gmana

  51. yudhi berkata:

    kalo beli psp tapi secon ngeri ga ya… takutnya rusak gmana

  52. Lucyfer berkata:

    misi
    numpang tanya
    saya juga mo beli psp ne
    kl dari komen2
    kayanya bagusan psp-2000 ya
    Hmm..
    pertanyaan saya adalah
    saat kita beli psp
    apakah langsung ud CFW??
    ato kita buka dolo n masih OFW trus ma
    orang tokonya jadiin CFW??
    kl pas buka bungkus da CFW
    ga ada jaminan kl itu barang baru donk??
    sapa tau refurbish??
    gimana bedainnya ya??
    n hal2 apa saja yang perlu saya perhatikan
    saat membeli psp
    yang perlu ditanyakan ke penjual gitu
    thx jawabannya

  53. Lucyfer berkata:

    misi
    numpang tanya
    saya juga mo beli psp ne
    kl dari komen2
    kayanya bagusan psp-2000 ya
    Hmm..
    pertanyaan saya adalah
    saat kita beli psp
    apakah langsung ud CFW??
    ato kita buka dolo n masih OFW trus ma
    orang tokonya jadiin CFW??
    kl pas buka bungkus da CFW
    ga ada jaminan kl itu barang baru donk??
    sapa tau refurbish??
    gimana bedainnya ya??
    n hal2 apa saja yang perlu saya perhatikan
    saat membeli psp
    yang perlu ditanyakan ke penjual gitu
    thx jawabannya

  54. animaster berkata:

    @Lucyfer
    Kalau anda mau membeli PSP, saya sarankan anda menanyakan hal-hal berikut:
    1. Apakah bisa memainkan game dari Memory Stick? (PSP-3000 masih belum bisa melakukan hal tersebut)
    2. Apa saja yang termasuk dalam paket penjualannya? Pada kisaran harga Rp 3 juta, seharusnya sudah termasuk Memory Stick 8 GB, screenguard, dan crystal case. Kalau beruntung, anda bisa mendapatkan bonus lain seperti earphone, kabel data, dll.
    3. Bagaimana sistem garansinya? Kerusakan / masalah macam apa yang di-cover oleh garansi tersebut?
    4. Cek fisik PSP-nya, apakah ada cacat pada permukaannya. Cek juga semua tombolnya apakah berfungsi dengan baik.

    Opsional:
    Kemungkinan besar Memory Stick yang disertakan dalam paket penjualan adalah Memory Stick palsu. Cara untuk mengeceknya adalah masukkan Memory Stick tersebut ke dalam PSP, lalu pilih menu Music / Video lalu tekan SEGITIGA, pilih Information. Kalau tertulis “MagicGate Supported“, berarti Memory Stick tersebut ASLI. Apabila tertulis “MagicGate Unknown” atau lainnya, berarti Memory Stick tersebut PALSU.
    Memang jarang sekali toko yang menjual PSP dengan paket penjualan Memory Stick asli, karena harganya mahal. Namun bila anda beruntung, anda bisa mendapatkan Memory Stick asli dalam paket penjualannya. ^^

  55. animaster berkata:

    @Lucyfer
    Kalau anda mau membeli PSP, saya sarankan anda menanyakan hal-hal berikut:
    1. Apakah bisa memainkan game dari Memory Stick? (PSP-3000 masih belum bisa melakukan hal tersebut)
    2. Apa saja yang termasuk dalam paket penjualannya? Pada kisaran harga Rp 3 juta, seharusnya sudah termasuk Memory Stick 8 GB, screenguard, dan crystal case. Kalau beruntung, anda bisa mendapatkan bonus lain seperti earphone, kabel data, dll.
    3. Bagaimana sistem garansinya? Kerusakan / masalah macam apa yang di-cover oleh garansi tersebut?
    4. Cek fisik PSP-nya, apakah ada cacat pada permukaannya. Cek juga semua tombolnya apakah berfungsi dengan baik.

    Opsional:
    Kemungkinan besar Memory Stick yang disertakan dalam paket penjualan adalah Memory Stick palsu. Cara untuk mengeceknya adalah masukkan Memory Stick tersebut ke dalam PSP, lalu pilih menu Music / Video lalu tekan SEGITIGA, pilih Information. Kalau tertulis “MagicGate Supported“, berarti Memory Stick tersebut ASLI. Apabila tertulis “MagicGate Unknown” atau lainnya, berarti Memory Stick tersebut PALSU.
    Memang jarang sekali toko yang menjual PSP dengan paket penjualan Memory Stick asli, karena harganya mahal. Namun bila anda beruntung, anda bisa mendapatkan Memory Stick asli dalam paket penjualannya. ^^

  56. Ani warsoni berkata:

    Saya beli psp 3000 yang bundle pack dari amerika lewat amazon.com yang harga-nya 200 dollar, saya hanya bayar 2,400,000 dan dapet 1 PSP 3000 (ada microphone-nya utk nelpon, ada software skype untuk nelpon dan lain2) saya juga dapet satu UMD (asli) ratchet and clank: size matters, satu UMD filem national treasures 2, satu memory card asli sony satu gigabyte, buku petunjuk PSP, buku petunjuk game ratchet and clank: size matters, dan quick start guide. Menurut saya lumayan juga tapi saya TIDAK lihat garis-garis di layar lcd, saya pun bisa main psp saya di matahari atau dari samping layar.

  57. Ani warsoni berkata:

    Saya beli psp 3000 yang bundle pack dari amerika lewat amazon.com yang harga-nya 200 dollar, saya hanya bayar 2,400,000 dan dapet 1 PSP 3000 (ada microphone-nya utk nelpon, ada software skype untuk nelpon dan lain2) saya juga dapet satu UMD (asli) ratchet and clank: size matters, satu UMD filem national treasures 2, satu memory card asli sony satu gigabyte, buku petunjuk PSP, buku petunjuk game ratchet and clank: size matters, dan quick start guide. Menurut saya lumayan juga tapi saya TIDAK lihat garis-garis di layar lcd, saya pun bisa main psp saya di matahari atau dari samping layar.

  58. animaster berkata:

    @Ani warsoni
    Terima kasih atas masukan informasinya. Semoga berguna bagi calon pembeli PSP-3000. ^^

  59. animaster berkata:

    @Ani warsoni
    Terima kasih atas masukan informasinya. Semoga berguna bagi calon pembeli PSP-3000. ^^

  60. Lucyfer berkata:

    @Animaster
    kl di daerah saya
    harga psp 2000 3.3 juta
    dapet antigores ma mmc 4gb
    trus kl saya mo minta tukar mmc 8gb
    n saya tawar 3 juta
    kira2 masuk akal tidak mas??
    bonus2 lainnya seperti kabel data n earphone
    bukannya sudah termasuk dalam kotak nya??
    jika mmc yang saya dapatkan ternyata MagicGate Unknown
    bagaimana??
    berfungsi sama ya??
    cuma saya dapatnya barang palsu saja??
    apakah game dengan format iso itu adalah game psx , psone atau ps2 yang dikonversi ke psp??
    jika saya ingin memainkannya apakah perlu menginstal emulatornya dahulu??
    kl saya upgrade manual , apakah aman??
    sorry kl tanya nya
    borongan , tapi
    tolong dijawab semua
    perlu jawaban ASAP
    soalnya bulan depan mo beli saya

  61. Lucyfer berkata:

    @Animaster
    kl di daerah saya
    harga psp 2000 3.3 juta
    dapet antigores ma mmc 4gb
    trus kl saya mo minta tukar mmc 8gb
    n saya tawar 3 juta
    kira2 masuk akal tidak mas??
    bonus2 lainnya seperti kabel data n earphone
    bukannya sudah termasuk dalam kotak nya??
    jika mmc yang saya dapatkan ternyata MagicGate Unknown
    bagaimana??
    berfungsi sama ya??
    cuma saya dapatnya barang palsu saja??
    apakah game dengan format iso itu adalah game psx , psone atau ps2 yang dikonversi ke psp??
    jika saya ingin memainkannya apakah perlu menginstal emulatornya dahulu??
    kl saya upgrade manual , apakah aman??
    sorry kl tanya nya
    borongan , tapi
    tolong dijawab semua
    perlu jawaban ASAP
    soalnya bulan depan mo beli saya

  62. animaster berkata:

    @Lucyfer
    Menurut saya, yang masuk akal apabila:
    Harga Rp 3,3 juta dengan Memory Stick (palsu) 8GB ATAU harga Rp 3-3,1 juta dengan Memory Stick (palsu) 4GB.
    Setahu saya, kabel data dan earphone tidak disertakan dalam paket penjualan PSP.
    Saya pernah mendengar rumor bahwa Memory Stick palsu (MagicGate Unknown) dapat merusak sistem PSP setelah dipakai beberapa saat. Saya sendiri tidak tahu apakah hal ini benar atau tidak.
    Game dengan format ISO tersebut berasal dari UMD (kaset game original PSP), bukan dari game PSX, PSOne, atau PS2.
    Panduan untuk memainkan game PSX pada PSP akan saya tulis dalam waktu dekat ini. Stay tuned ^^
    Upgrade firmware secara manual relatif aman apabila sesuai prosedur / panduan.

    Saran saya:
    Tawar harga PSP-2000 tersebut sampai kisaran Rp 2,8 juta, tanpa bonus Memory Stick. Lalu anda beli Memory Stick orisinil secara terpisah di gerai resmi Sony atau SanDisk. Pastikan anda mengecek Memory Stick tersebut pada PSP anda dan tertulis MagicGate Supported. Pastikan juga PSP tersebut sudah terinstall custom firmware.

  63. animaster berkata:

    @Lucyfer
    Menurut saya, yang masuk akal apabila:
    Harga Rp 3,3 juta dengan Memory Stick (palsu) 8GB ATAU harga Rp 3-3,1 juta dengan Memory Stick (palsu) 4GB.
    Setahu saya, kabel data dan earphone tidak disertakan dalam paket penjualan PSP.
    Saya pernah mendengar rumor bahwa Memory Stick palsu (MagicGate Unknown) dapat merusak sistem PSP setelah dipakai beberapa saat. Saya sendiri tidak tahu apakah hal ini benar atau tidak.
    Game dengan format ISO tersebut berasal dari UMD (kaset game original PSP), bukan dari game PSX, PSOne, atau PS2.
    Panduan untuk memainkan game PSX pada PSP akan saya tulis dalam waktu dekat ini. Stay tuned ^^
    Upgrade firmware secara manual relatif aman apabila sesuai prosedur / panduan.

    Saran saya:
    Tawar harga PSP-2000 tersebut sampai kisaran Rp 2,8 juta, tanpa bonus Memory Stick. Lalu anda beli Memory Stick orisinil secara terpisah di gerai resmi Sony atau SanDisk. Pastikan anda mengecek Memory Stick tersebut pada PSP anda dan tertulis MagicGate Supported. Pastikan juga PSP tersebut sudah terinstall custom firmware.

  64. Lucyfer berkata:

    mgkn ya mas tanpa mmc dapet 2.8 juta??
    masalahnya saya tidak tau gerai resmi sony di sini??
    n kl dari bentuk fisik
    bisa tidak diketahui asli atau palsunya??
    thx infonya mas..
    mantabh banget

  65. Lucyfer berkata:

    mgkn ya mas tanpa mmc dapet 2.8 juta??
    masalahnya saya tidak tau gerai resmi sony di sini??
    n kl dari bentuk fisik
    bisa tidak diketahui asli atau palsunya??
    thx infonya mas..
    mantabh banget

  66. animaster berkata:

    @Lucyfer
    Kalau dihitung secara teori sih sebenarnya itu harga yang masuk akal jika paket penjualannya tanpa Memory Stick. Gerai Sony resmi bisa anda lihat di situs resmi Sony Indonesia. Dilihat dari bentuk fisiknya, nyaris tidak ada perbedaan antara Memory Stick palsu dan orisinil.

  67. animaster berkata:

    @Lucyfer
    Kalau dihitung secara teori sih sebenarnya itu harga yang masuk akal jika paket penjualannya tanpa Memory Stick. Gerai Sony resmi bisa anda lihat di situs resmi Sony Indonesia. Dilihat dari bentuk fisiknya, nyaris tidak ada perbedaan antara Memory Stick palsu dan orisinil.

  68. Lucyfer berkata:

    @Animaster

    saya sudah beli tu
    harganya 3.450(warna matte bronze)
    dapet mmc 8gb ma antigores
    psp 2006 awalnya masih ori
    habis itu kayanya dia langsung
    pandora in jadi 5.00 m33-4
    ud bisa maen iso si
    apa benar yang 2006 tu ga bagus??
    kata orangnya si
    warna ini mank lebih mahal
    mgkn 3.350 dapet awalnya
    habis pas pertama saya tanya
    dia bilang 3.350 mentok
    tapi pas
    saya kembali lagi
    eee
    katanya harganya da nae 3.450
    dasar orangnya
    padahal masih di hari yang sama
    dapet memory stick palsu saya
    ck3
    gimana tanggapannya ??
    apakah menurut mas kemahalan??
    soalnya saya sudah tanya ke beberapa toko
    kisaran harganya
    3.5
    3.550
    3.7
    yang ini paling murah 3.450(tapi masih mahal menurut g)

  69. Lucyfer berkata:

    @Animaster

    saya sudah beli tu
    harganya 3.450(warna matte bronze)
    dapet mmc 8gb ma antigores
    psp 2006 awalnya masih ori
    habis itu kayanya dia langsung
    pandora in jadi 5.00 m33-4
    ud bisa maen iso si
    apa benar yang 2006 tu ga bagus??
    kata orangnya si
    warna ini mank lebih mahal
    mgkn 3.350 dapet awalnya
    habis pas pertama saya tanya
    dia bilang 3.350 mentok
    tapi pas
    saya kembali lagi
    eee
    katanya harganya da nae 3.450
    dasar orangnya
    padahal masih di hari yang sama
    dapet memory stick palsu saya
    ck3
    gimana tanggapannya ??
    apakah menurut mas kemahalan??
    soalnya saya sudah tanya ke beberapa toko
    kisaran harganya
    3.5
    3.550
    3.7
    yang ini paling murah 3.450(tapi masih mahal menurut g)

  70. animaster berkata:

    @Lucyfer
    Angka akhiran pada kode PSP itu melambangkan kode region (Asia, USA, Eropa, dll). PSP-2006 itu kode untuk PSP-2000 di daerah Asia (Hong Kong, Singapore, Malaysia). Di Indonesia memang biasanya mengimpor PSP dari sana.
    Pada PSP-2000 versi Jepang, kodenya adalah PSP-2000, sedangkan versi USA, kodenya adalah PSP-2001, dsb.
    Untuk harga PSP anda, saya rasa harga tersebut cukup wajar. Di Surabaya setahu saya harga untuk PSP-2000 warna Matte Bronze sekitar Rp 3,4 juta.

  71. animaster berkata:

    @Lucyfer
    Angka akhiran pada kode PSP itu melambangkan kode region (Asia, USA, Eropa, dll). PSP-2006 itu kode untuk PSP-2000 di daerah Asia (Hong Kong, Singapore, Malaysia). Di Indonesia memang biasanya mengimpor PSP dari sana.
    Pada PSP-2000 versi Jepang, kodenya adalah PSP-2000, sedangkan versi USA, kodenya adalah PSP-2001, dsb.
    Untuk harga PSP anda, saya rasa harga tersebut cukup wajar. Di Surabaya setahu saya harga untuk PSP-2000 warna Matte Bronze sekitar Rp 3,4 juta.

  72. eri berkata:

    numpang tanya
    kira2 psp 3000 psti bsa pkai kset bjakan gak ya???
    sya tinggal di cina di sni harganya kra2 1450yuan(Rp2465000)memory 8Gb,anti gores,earphone plus mika sma tas psp,gransi 1 thun.
    tpi dsini sya tanya bkal keluar gme bjakan skitar 2/3 blan lgi bner gak?
    klo di indo kra2 psp 3000 BRP?

  73. eri berkata:

    numpang tanya
    kira2 psp 3000 psti bsa pkai kset bjakan gak ya???
    sya tinggal di cina di sni harganya kra2 1450yuan(Rp2465000)memory 8Gb,anti gores,earphone plus mika sma tas psp,gransi 1 thun.
    tpi dsini sya tanya bkal keluar gme bjakan skitar 2/3 blan lgi bner gak?
    klo di indo kra2 psp 3000 BRP?

  74. animaster berkata:

    @eri
    Sampai saat ini belum ada informasi lebih lanjut mengenai kemungkinan PSP-3000 bisa memainkan game ISO. Saya masih belum dapat memperoleh informasi harga PSP-3000. Kebanyakan importir di sini enggan mengimpor PSP-3000 karena masih belum bisa memainkan game b*j*k*n.

  75. animaster berkata:

    @eri
    Sampai saat ini belum ada informasi lebih lanjut mengenai kemungkinan PSP-3000 bisa memainkan game ISO. Saya masih belum dapat memperoleh informasi harga PSP-3000. Kebanyakan importir di sini enggan mengimpor PSP-3000 karena masih belum bisa memainkan game b*j*k*n.

  76. Yona berkata:

    Mau tanya…
    saya mau beli psp 2000 yg slim.. tp skrg dimana2 psp yg slim lg kosong, ada nya psp yg tebal model lama..
    baeknya gimana ya??? mendingan saya tunggu psp slim dl ato saya langsung beli psp yg tebal???
    saya dgr2 katanya psp yg tebal udah ga dikeluarin yg baru sm sony, tp barang lama di perbaharui..
    trus kira2 harga psp slim yg baru skrg brp???
    sory kebanyakan tanya.. thanks before..

  77. Yona berkata:

    Mau tanya…
    saya mau beli psp 2000 yg slim.. tp skrg dimana2 psp yg slim lg kosong, ada nya psp yg tebal model lama..
    baeknya gimana ya??? mendingan saya tunggu psp slim dl ato saya langsung beli psp yg tebal???
    saya dgr2 katanya psp yg tebal udah ga dikeluarin yg baru sm sony, tp barang lama di perbaharui..
    trus kira2 harga psp slim yg baru skrg brp???
    sory kebanyakan tanya.. thanks before..

  78. animaster berkata:

    Salam kenal. Saran saya, sebaiknya anda tetap mencari PSP-2000 (slim), bukan PSP-1000 (fat) atau PSP-3000 (slim & brite). Harga rata-rata PSP-2000 baru di pasaran sekitar Rp 3 juta dengan berbagai paket penjualan (screen guard, pouch, case, memory stick).

  79. Udin penyok berkata:

    Mau tanya ni
    Apa wktu kita beli psp 2000 udah bisa main game bajakan?

  80. Udin penyok berkata:

    Mau tanya ni
    Apa wktu kita beli psp 2000 udah bisa main game bajakan?

  81. animaster berkata:

    Saya sendiri bingung untuk menjawab pertanyaan anda, karena jawabannya sangat relatif. Yang paling tepat, anda coba sendiri PSP-2000 tersebut di toko sebelum membeli.

  82. ding2 berkata:

    aq rencana bli psp..enaknya bli d sby/titip dr jepang??coz harganya beda jauh..
    D jepang yg psp2000 sekitar1,8jt
    Psp3000 2,1jt..
    Klo bli dr jepang psp2000/3000 bs maen game bajakan g y??

  83. ding2 berkata:

    aq rencana bli psp..enaknya bli d sby/titip dr jepang??coz harganya beda jauh..
    D jepang yg psp2000 sekitar1,8jt
    Psp3000 2,1jt..
    Klo bli dr jepang psp2000/3000 bs maen game bajakan g y??

  84. animaster berkata:

    Setahu saya, PSP-2000 yang dirilis pada masa-masa akhirnya (tepat sebelum PSP-3000 dirilis) itu ternyata motherboard-nya sudah diperbarui sehingga custom firmware (CFW) tidak dapat diinstal di sana. PSP-3000 memang sampai saat ini belum bisa menjalankan custom firmware. ^^

  85. Lucyfer berkata:

    @animaster

    Mas
    kl saya mo browsing dengan psp
    pakah ada browser khususnya??
    n apakah kl saya download file .iso
    n ternyata ber virus
    akan men damage psp nya atau mmc nya
    atau 2 2 nya??

  86. Lucyfer berkata:

    @animaster

    Mas
    kl saya mo browsing dengan psp
    pakah ada browser khususnya??
    n apakah kl saya download file .iso
    n ternyata ber virus
    akan men damage psp nya atau mmc nya
    atau 2 2 nya??

  87. animaster berkata:

    Anda bisa akses browser PSP melalui menu Networks | Internet Browser. Jika anda ingin mencoba-coba, silakan lihat artikel saya yang lain untuk memakai browser Opera Mini pada PSP.
    Setahu saya, sampai saat ini saya belum pernah mengalami kerusakan pada PSP yang diakibatkan oleh virus Windows pada Memory Stick. Agar aman, sebaiknya anda melakukan scanning virus terlebih dahulu sebelum memasukkan Memory Stick tersebut ke PSP.

  88. arka berkata:

    @animaster

    saya kan mau ulang tahun nih,truz ortu saya rencananya mau ngebeliin psp..
    nah,sebaiknya saya beli yg seri 2000 atau 3000 ya??
    setelah saya baca comment2 diatas,bagus yg 2000 ya??

    sebelum beli psp,aba yg sebaiknya di cek terlebih dahulu y??
    maklum,saya masih awam..

    truz masalah custom firmware,psp 3000 blm bisa pake ya??
    brarti ga bisa baca game bajakan ya??

  89. arka berkata:

    @animaster

    saya kan mau ulang tahun nih,truz ortu saya rencananya mau ngebeliin psp..
    nah,sebaiknya saya beli yg seri 2000 atau 3000 ya??
    setelah saya baca comment2 diatas,bagus yg 2000 ya??

    sebelum beli psp,aba yg sebaiknya di cek terlebih dahulu y??
    maklum,saya masih awam..

    truz masalah custom firmware,psp 3000 blm bisa pake ya??
    brarti ga bisa baca game bajakan ya??

  90. animaster berkata:

    Salam kenal. Ya, sampai saat ini PSP-3000 masih belum dapat memakai custom firmware, sehingga tidak dapat memainkan game b*j*k*n. Dari segi fitur, sebenarnya PSP-3000 lebih bagus dibandingkan PSP-2000, di antaranya adalah layar yang lebih bagus dan dukungan mic.
    Belakangan ini muncul rumor bahwa Sony akan mengumumkan versi PSP (kemungkinan bernama PSP 2 atau PSP Go) baru pada event E3 di Amrik sebentar lagi. Kalau anda mau bersabar, saran saya sebaiknya anda tunggu sampai event E3 berakhir.

  91. arka berkata:

    oke deh..
    makasih infonya..

    o iya,tau tempat beli psp (toko game) yg bagus ga di semarang??
    aq baru aja ngecek harga di salah satu toko di daerah jalan mataram,psp 2000 harganya 3,5 jt..,psp 3000 harganya 3,6 jt..
    Mahal ya??

    Masalahnya aq nglihat kondisinya,dosnya tuh udah ga bersegel,truz udah agak reyot2 gitu,berasa jadi kyk barang bekas gitu..
    gmana ya??

  92. arka berkata:

    oke deh..
    makasih infonya..

    o iya,tau tempat beli psp (toko game) yg bagus ga di semarang??
    aq baru aja ngecek harga di salah satu toko di daerah jalan mataram,psp 2000 harganya 3,5 jt..,psp 3000 harganya 3,6 jt..
    Mahal ya??

    Masalahnya aq nglihat kondisinya,dosnya tuh udah ga bersegel,truz udah agak reyot2 gitu,berasa jadi kyk barang bekas gitu..
    gmana ya??

  93. animaster berkata:

    Setahu saya di Surabaya harga PSP-2000 saat ini (6 Mei 2009) adalah sekitar Rp 2,8 juta, sedangkan untuk PSP-3000 saya tidak tahu harganya. ^^

  94. mastercard berkata:

    hahaha.. untung dulu gw beli PSP2000nya waktu bulan oktoberan pas harganya masih 2jt-an.. gw dulu dapet harga 2jt pas udah sama MS 4Gb Full Game, Tali PSP, Kalung PSP, ScreenGuard, dan Headset sebagai hadiah dari penjualnya..

  95. mastercard berkata:

    hahaha.. untung dulu gw beli PSP2000nya waktu bulan oktoberan pas harganya masih 2jt-an.. gw dulu dapet harga 2jt pas udah sama MS 4Gb Full Game, Tali PSP, Kalung PSP, ScreenGuard, dan Headset sebagai hadiah dari penjualnya..

  96. Anto berkata:

    Mas,mau tanya!harganya psp 3000 brpa y?trtama di daerah madiun!kl g y hrga psran.
    Trz psp 3rb kn g bsa maen g bjkan,trz hrus beli kasetnya y mas!5af q msh g tau apa2 tntng psp!trz hrgx brpa?

  97. Anto berkata:

    Mas,mau tanya!harganya psp 3000 brpa y?trtama di daerah madiun!kl g y hrga psran.
    Trz psp 3rb kn g bsa maen g bjkan,trz hrus beli kasetnya y mas!5af q msh g tau apa2 tntng psp!trz hrgx brpa?

  98. animaster berkata:

    Maaf, untuk harga PSP-3000 saya kurang tahu, karena di Surabaya sendiri agak jarang ada toko yang menjualnya. Ya, sampai saat ini PSP-3000 belum bisa memainkan game b*j*k*n, jadi untuk main gamenya anda harus membeli UMD (kaset PSP), yang dijual di kisaran harga Rp 80.000 – Rp 400.000, tergantung jenis gamenya.

  99. Xenz berkata:

    @animaster
    om saya pengen beli psp 1000 yg refurbished dari toko online yaitu duniapsp.com..
    Menurut om psp refurbished bagus?
    N blnja online aman??

  100. Xenz berkata:

    @animaster
    om saya pengen beli psp 1000 yg refurbished dari toko online yaitu duniapsp.com..
    Menurut om psp refurbished bagus?
    N blnja online aman??

  101. animaster berkata:

    Saya sarankan sebaiknya anda beli PSP-2000 atau PSP-3000 (hingga saat ini tidak bisa main b*j*k*n). PSP-1000 memiliki dimensi fisik yang lebih besar (dan lebih berat) serta jumlah RAM (memori) yang lebih kecil daripada PSP-2000 dan PSP-3000. Tentang masalah refurbished dan belanja online, saya tidak bisa berkomentar karena saya sendiri belum pernah mengalami/melakukannya. ^^

  102. Bayu berkata:

    maaf gan minta pendapatnnya mending beli PSP3000 skrng ap sabar dlu aj ya?mumpung masih murah hargannya nnti kalo udah bisa di hack pasti pada naik hargannya?!tp kalo beli sekarang ga ada kepastian di hack kapan.,kalo dari segi kualitas PSP3000 ga jauh beda ya sama PSP2000 jadi apa alasan sony repot2 launcing produk baru tapi kalo akhirnnya malah banyak yg nyebut produk ini”gagal”.

  103. Bayu berkata:

    maaf gan minta pendapatnnya mending beli PSP3000 skrng ap sabar dlu aj ya?mumpung masih murah hargannya nnti kalo udah bisa di hack pasti pada naik hargannya?!tp kalo beli sekarang ga ada kepastian di hack kapan.,kalo dari segi kualitas PSP3000 ga jauh beda ya sama PSP2000 jadi apa alasan sony repot2 launcing produk baru tapi kalo akhirnnya malah banyak yg nyebut produk ini”gagal”.

  104. animaster berkata:

    Salah satu alasan Sony merilis PSP-3000 adalah untuk “menandingi” rilis Nintendo DSi. Ya, masih belum ada kepastian kapan PSP-3000 bisa memakai custom firmware.
    BTW, saya juga mendengar rumor bahwa Sony akan merilis versi PSP baru pada ajang E3 nanti. Jadi saya sarankan anda untuk menunggu terlebih dahulu. ^^

  105. K-Che V-SqY berkata:

    kalo psp bagusan yg slim ato yang biasa ya (psp 2000)?

  106. K-Che V-SqY berkata:

    kalo psp bagusan yg slim ato yang biasa ya (psp 2000)?

  107. andreas berkata:

    gan, bagusan psp apa ya? 2000, slim, ato 3000 gan? thx

  108. andreas berkata:

    gan, bagusan psp apa ya? 2000, slim, ato 3000 gan? thx

  109. animaster berkata:

    PSP-1000 sering disebut PSP Fat/Phat, PSP-2000 sering disebut PSP Slim, dan PSP-3000 sering disebut juga PSP Slim & Brite atau singkatnya PSP Brite. Kalau maksud anda adalah mana yg lbh bagus antara PSP-2000 dan PSP-3000, maka hal itu tergantung dari sisi mana anda melihatnya.
    Dari segi fitur, PSP-3000 lebih unggul dibandingkan PSP-2000, tetapi PSP-3000 masih belum bisa memainkan game b*j*k*n. Harga keduanya hampir sama. ^^

  110. animaster berkata:

    Coba lihat komentar saya sebelumnya (tepat di atas komentar anda). ^^

  111. andreas berkata:

    thx gan šŸ™‚

  112. richard berkata:

    salam mas anime…

    saya punya rencana buat beli psp.
    dan kebetulan saya belum punya pengalaman sama sekali dalam console ini.

    kayaknya setelah saya pikir2, psp 3000 cukup menjanjikan.

    masalah bisa main game bajakan nya, stelah saya cek di bursa game.com, kok di sana ada di tulis dala paketnya disertai dengan memory 8 gb dan di isi kurang lebih 8-10 game, itu berarti selain melalui umd, game sudah bisa di mainkan melalui memory card dong.

    terus mengenai event e3 nya, apakah sudah ada hasilnya? udah bisa main game b*j*k*n belum ?

    thx yah sebelumnya

  113. richard berkata:

    salam mas anime…

    saya punya rencana buat beli psp.
    dan kebetulan saya belum punya pengalaman sama sekali dalam console ini.

    kayaknya setelah saya pikir2, psp 3000 cukup menjanjikan.

    masalah bisa main game bajakan nya, stelah saya cek di bursa game.com, kok di sana ada di tulis dala paketnya disertai dengan memory 8 gb dan di isi kurang lebih 8-10 game, itu berarti selain melalui umd, game sudah bisa di mainkan melalui memory card dong.

    terus mengenai event e3 nya, apakah sudah ada hasilnya? udah bisa main game b*j*k*n belum ?

    thx yah sebelumnya

  114. vinda berkata:

    mau nanya mas..
    psp refurbish kualitasnya bagus gag?

  115. vinda berkata:

    mau nanya mas..
    psp refurbish kualitasnya bagus gag?

  116. animaster berkata:

    Sejauh yang saya tahu, PSP-3000 hingga saat ini belum bisa memainkan game b*j*k*n. Even E3 baru dimulai tanggal 28 Mei 2009 (waktu Amrik). Tunggu saja info selanjutnya. ^^

  117. animaster berkata:

    Untuk PSP refurbished, anda harus mengecek banyak hal sebelum membelinya. Coba anda baca komentar-komentar saya sebelumnya (sekitar komentar nomor 28 itu ada sedikit tips membeli PSP). ^^

  118. Boby berkata:

    hm…

    tp di situs ‘disitu.com’ katanya psp 3000 uda finally bisa di hacked juga
    pada november mendatang tgl 28 dengan menggunakan Lite Blue Tool semacam battery psp…

    cek aja sendiri…

  119. Boby berkata:

    hm…

    tp di situs ‘disitu.com’ katanya psp 3000 uda finally bisa di hacked juga
    pada november mendatang tgl 28 dengan menggunakan Lite Blue Tool semacam battery psp…

    cek aja sendiri…

  120. animaster berkata:

    Artikel tersebut ditulis tanggal 19 November 2008, dan tanggal rilis Datel Lite Blue Tool tersebut adalah 28 November 2008. Baterai ini ternyata tidak berfungsi sesuai dengan iklannya (membuat PSP-3000 masuk ke service mode), silakan baca lebih lanjut di sini.
    Yang pasti, PSP-3000 masih belum bisa di-hack menggunakan perangkat tersebut. ^^

    UPDATE: PSP-2000 dengan motheboard TA-088v3 yang sebelumnya tidak bisa menjalankan custom firmware, kini mulai mendapatkan “titik terang”. Silakan baca di sini. ^^

  121. gadielz berkata:

    Gimana tmn2 sl kedatangan psp2 nya??

    sudah ada kabat terbaru lg kah??

    ap sampai sekarang psp-3000 msh blm bs memainkan game bjkn??

    kl saya mau beli psp yang paling bagus msh jatuh di psp-2000??

  122. gadielz berkata:

    Gimana tmn2 sl kedatangan psp2 nya??

    sudah ada kabat terbaru lg kah??

    ap sampai sekarang psp-3000 msh blm bs memainkan game bjkn??

    kl saya mau beli psp yang paling bagus msh jatuh di psp-2000??

  123. animaster berkata:

    Tentang rumor seri PSP terbaru, silakan baca di artikel ini.

  124. Danil berkata:

    psp 3000 bisa install game gk?…

  125. Danil berkata:

    psp 3000 bisa install game gk?…

  126. abbas berkata:

    gw mo tanya nih..
    klo beli psp-2000 di jepang bisa ga pakai kaset indonesia
    trus yg penting bisa ga pake b*j*k*n..
    sebelumnya makasih niy…

  127. abbas berkata:

    gw mo tanya nih..
    klo beli psp-2000 di jepang bisa ga pakai kaset indonesia
    trus yg penting bisa ga pake b*j*k*n..
    sebelumnya makasih niy…

  128. Gallant berkata:

    Mau tanya, gw maw bli PSP nieh hari jumat besok…, lebih baik psp 2000 apa psp 3000, tolong jelasin perbedaanya dan funsinya juga… Ama harganya sekalian, ^^

  129. Gallant berkata:

    Mau tanya, gw maw bli PSP nieh hari jumat besok…, lebih baik psp 2000 apa psp 3000, tolong jelasin perbedaanya dan funsinya juga… Ama harganya sekalian, ^^

  130. pamungkas berkata:

    btw toko PSP yang lengkap di semarang dimana ya?? untuk cari casing originalnya PSP fat koq susah banget.. mohon bantuannya…tq

  131. pamungkas berkata:

    btw toko PSP yang lengkap di semarang dimana ya?? untuk cari casing originalnya PSP fat koq susah banget.. mohon bantuannya…tq

  132. arka berkata:

    mas2..

    jadinya psp 3000 udah bisa baca game bajakan blm??
    udah kebelet pengen beli nih..

  133. arka berkata:

    mas2..

    jadinya psp 3000 udah bisa baca game bajakan blm??
    udah kebelet pengen beli nih..

  134. Shien berkata:

    PSP 300x sudah bisa game bjkn^^ untuk keterangan lebih lanjut mengenai PSP dan informasi PSP mengenai rekondisi datang ke http://saisanwstreet.blogspot.com

    semoga membantu^^

  135. Shien berkata:

    PSP 300x sudah bisa game bjkn^^ untuk keterangan lebih lanjut mengenai PSP dan informasi PSP mengenai rekondisi datang ke http://saisanwstreet.blogspot.com

    semoga membantu^^

  136. rembol berkata:

    he PSP 3000 kan bisa buat teleponbtw ada yang jualan meki 3000 ga … ckakak.

  137. maaf bukan email sebenar nya berkata:

    sekarang PSP 3000 yg baru sudah tak bisa maen bajakan lagi karena udah OFW 5.03 keatas utk bisa maen game tsb harus OFW =<5.03,kalo pun ada kebanyakan refurbisha to rekond…

Tinggalkan Balasan

