Shimada Michiru tentang Kualitas Animasi Shugo Chara

Selama ini, mungkin di antara anda para penggemar Shugo Chara pernah berpikir bahwa anime ini memiliki kualitas animasi yang bagus karena ditunjang dengan budget tinggi. Nah, baru-baru ini, penulis skenario Shugo Chara, Shimada Michiru menulis sebuah posting di blognya untuk memberikan respon terhadap hal tersebut.

Michiru mengatakan bahwa budget proyek anime Shugo Chara ternyata tidak berbeda dengan budget proyek anime lain pada umumnya. Yang membuat Shugo Chara berbeda adalah waktu penulisan skenarionya. Umumnya, skenario sebuah episode anime diselesaikan 3 atau 4 bulan sebelum penayangannya, sementara pada Shugo Chara, skenario tiap episode selalu diselesaikan 6 bulan sebelumnya.

Dengan demikian, para animator dapat menggarap animasi dengan durasi waktu yang lebih panjang, dan hasilnya dicapai dengan kerja keras dan determinasi mereka, walaupun budget yang tersedia tidak lebih banyak daripada anime lain pada umumnya.

Shugo Chara episode 43

Animasi Kualitas Tinggi: Shugo Chara episode 43

Khususnya pada episode 43, di mana terdapat sekitar 8000 keyframe, dan jumlah itu kira-kira sama dengan produksi sebuah produksi movie (sekitar 2 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan anime pada umumnya). Menurut Michiru, hal tersebut tidak lepas dari hasil jerih payah para staf.

Namun dengan penulisan skenario 6 bulan sebelum penayangan, berarti juga ada gap 6 bulan antara versi anime dan manga-nya. Hal ini menimbulkan beberapa masalah, contohnya ada episode yang sudah dirancang untuk edisi natal, tetapi akhirnya diundur menjadi tahun baru, dan mereka harus mengganti sebagian dari scene yang telah dirancang.

Jadi, bisa kita simpulkan bahwa salah satu kemungkinan penyebab anime yang memiliki budget tinggi tetapi kualitas animasinya di bawah rata-rata adalah waktu pembuatan animasi yang relatif pendek, sehingga para animator tergesa-gesa dalam mengejar deadline penayangan.

Oh ya, setelah episode 51 nanti, staf animasi Shugo Chara akan diganti total. Entah apa alasannya … tapi yang pasti … viva Shugo Chara! ^^

Iklan

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Anime, Internet, Technology dan tag , , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Shimada Michiru tentang Kualitas Animasi Shugo Chara

  1. top10anime berkata:

    wuih.. informasi yang mak nyus..
    salam kenal boss

  2. top10anime berkata:

    wuih.. informasi yang mak nyus..
    salam kenal boss

  3. animaster berkata:

    @top10anime
    Salam kenal juga. ^^

  4. animaster berkata:

    @top10anime
    Salam kenal juga. ^^

  5. Bek berkata:

    waah. emang kualitas gambarnysa shugo chara bagus banget kok ! love shugo chara !

  6. Bek berkata:

    waah. emang kualitas gambarnysa shugo chara bagus banget kok ! love shugo chara !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s