Tanggal Rilis PSP-3000 Diumumkan

Desain Baru PSP-3000

Desain Baru PSP-3000

Bagi yang belum tahu, pada even GCDC di Leipzig lalu, Sony mengumumkan bahwa mereka akan merilis model ketiga dari seri PSP, yaitu PSP-3000 atau lebih dikenal dengan sebutan: PSP Slim & Brite. Perbedaan yang paling mencolok antara PSP-2000 (PSP Slim) dan PSP-3000 adalah tambahan dukungan microphone (terletak di sebelah logo PSP di bagian bawah) dan layar LCD yang lebih bagus.

Berdasarkan keterangan pers yang dirilis oleh Sony Jepang kemarin, PSP-3000 akan dirilis di Jepang pada tanggal 16 Oktober 2008 dengan harga 19800 Yen (USD 183). Sistem PSP baru ini akan dijual dengan 3 pilihan warna, yaitu: Piano Black, Pearl White, dan Mystical Silver. Selain itu, PSP ini juga akan dibundel dengan beberapa game, antara lain:

  • Mobile Suit Gundam: Gundam VS Gundam (20 November) – 24840 Yen
  • Patapon 2 (27 November) – 23800 Yen
  • Dissidia: Final Fantasy (18 Desember) – 25890 Yen

Berikut adalah 3 pilihan warna awal yang tersedia:

3 Pilihan Warna PSP-3000

3 Pilihan Warna PSP-3000

Tertarik membelinya? Saya juga, walaupun sudah saya sudah memiliki PSP-2000. ^^

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Gaming, Technology dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

69 Balasan ke Tanggal Rilis PSP-3000 Diumumkan

  1. n0e berkata:

    kapan masuk indonesia nih?

  2. n0e berkata:

    kapan masuk indonesia nih?

  3. animaster berkata:

    @n0e
    Kemungkinan sih 1 atau 2 minggu setelah perilisan resminya, PSP Slim & Brite akan mulai dijumpai di toko-toko game Indonesia. Tetapi yang pasti harganya lebih mahal daripada PSP-2000. ^^

  4. animaster berkata:

    @n0e
    Kemungkinan sih 1 atau 2 minggu setelah perilisan resminya, PSP Slim & Brite akan mulai dijumpai di toko-toko game Indonesia. Tetapi yang pasti harganya lebih mahal daripada PSP-2000. ^^

  5. Yossi berkata:

    Tidak ada fitur baru yang signifikan……jadi……Hidup PSP-1000!!!

  6. Yossi berkata:

    Tidak ada fitur baru yang signifikan……jadi……Hidup PSP-1000!!!

  7. Dimas berkata:

    Kalo mau beli, cari dimana ya?

  8. Dimas berkata:

    Kalo mau beli, cari dimana ya?

  9. animaster berkata:

    @Yossi
    Secara hardware, memang tidak ada pengembangan yang signifikan. Bahkan saya rasa PSP baru ini lebih baik diberi nama “PSP-2500”, bukan PSP-3000. ^^;

    @Dimas
    Biasa sih dijual di toko-toko game dan elektronik. Kalau di Surabaya, bisa dicari di Hartono Elektronik, Pasar Atum lantai 4, dan Tunjungan Center.

  10. animaster berkata:

    @Yossi
    Secara hardware, memang tidak ada pengembangan yang signifikan. Bahkan saya rasa PSP baru ini lebih baik diberi nama “PSP-2500”, bukan PSP-3000. ^^;

    @Dimas
    Biasa sih dijual di toko-toko game dan elektronik. Kalau di Surabaya, bisa dicari di Hartono Elektronik, Pasar Atum lantai 4, dan Tunjungan Center.

  11. Ping balik: Pre-order PSP-3000 via Amazon Jepang! « Animaster Talks - Hidup di Era Digital

  12. airie berkata:

    saya tertarik akan microphone yang telah dikembangkan…
    apa akan ad game yang bisa menggunakan microphone itu..!?!?
    nah seandainya ad..perkembangan ini bisa menjadi pertarungan seimbang dengan competitor sony NDS!!!

  13. airie berkata:

    saya tertarik akan microphone yang telah dikembangkan…
    apa akan ad game yang bisa menggunakan microphone itu..!?!?
    nah seandainya ad..perkembangan ini bisa menjadi pertarungan seimbang dengan competitor sony NDS!!!

  14. animaster berkata:

    @airie
    Sementara ini, saya rasa Sony belum berniat untuk membuat game yang menggunakan teknologi microphone tersebut. Alasannya? Tentu saja kembali ke masalah kompatibilitas dengan versi PSP yang lama (PSP-1000 dan PSP-2000) yang belum memiliki microphone. ^^

  15. animaster berkata:

    @airie
    Sementara ini, saya rasa Sony belum berniat untuk membuat game yang menggunakan teknologi microphone tersebut. Alasannya? Tentu saja kembali ke masalah kompatibilitas dengan versi PSP yang lama (PSP-1000 dan PSP-2000) yang belum memiliki microphone. ^^

  16. Ping balik: PSP-3000 Versi Gundam vs Gundam « Animaster Talks - Hidup di Era Digital

  17. Ping balik: Nintendo akan Rilis DSi « Animaster Talks - Hidup di Era Digital

  18. Ping balik: Perbandingan PSP-3000 vs DSi « Animaster Talks - Hidup di Era Digital

  19. Suri berkata:

    Jadi klo dipikir2 ga beda jauh donk ama PS2000
    Kira2 klo diliat dari segi perbaikan dari pendahulu sebelumnya bagusan NDSi apa PS 3000 yah?

    Trus denger2 katanya blom bisa maen game bajakan, apa bener?

  20. Suri berkata:

    Jadi klo dipikir2 ga beda jauh donk ama PS2000
    Kira2 klo diliat dari segi perbaikan dari pendahulu sebelumnya bagusan NDSi apa PS 3000 yah?

    Trus denger2 katanya blom bisa maen game bajakan, apa bener?

  21. animaster berkata:

    @Suri
    Kalau ditinjau dari perbaikan dibandingkan versi sebelumnya, NDSi membawa lebih banyak fitur baru dibandingkan PSP-3000. Dual kamera, slot kartu SD, dukungan file multimedia adalah beberapa di antara kemampuan baru DSi. Tetapi fitur baru yang ditawarkan PSP-3000 (menurut saya) lebih berguna bagi gamer. Dengan layar baru yang lebih tajam, kaya warna, dan tidak memantulkan cahaya, PSP-3000 tetap nyaman dimainkan di lingkungan outdoor.

    Ya, karena keduanya masih baru dirilis dan membawa sejumlah perubahan pada spesifikasi hardware-nya, kelihatannya DSi dan PSP-3000 belum bisa memainkan game dengan format ROM (DSi) atau ISO (PSP). ^^

  22. animaster berkata:

    @Suri
    Kalau ditinjau dari perbaikan dibandingkan versi sebelumnya, NDSi membawa lebih banyak fitur baru dibandingkan PSP-3000. Dual kamera, slot kartu SD, dukungan file multimedia adalah beberapa di antara kemampuan baru DSi. Tetapi fitur baru yang ditawarkan PSP-3000 (menurut saya) lebih berguna bagi gamer. Dengan layar baru yang lebih tajam, kaya warna, dan tidak memantulkan cahaya, PSP-3000 tetap nyaman dimainkan di lingkungan outdoor.

    Ya, karena keduanya masih baru dirilis dan membawa sejumlah perubahan pada spesifikasi hardware-nya, kelihatannya DSi dan PSP-3000 belum bisa memainkan game dengan format ROM (DSi) atau ISO (PSP). ^^

  23. reefphien berkata:

    spesifikasi lengkapnya psp 3000 n NDSi???

  24. reefphien berkata:

    spesifikasi lengkapnya psp 3000 n NDSi???

  25. animaster berkata:

    @reefphien
    Anda bisa baca artikelnya di sini.

  26. animaster berkata:

    @reefphien
    Anda bisa baca artikelnya di sini.

  27. okii berkata:

    sampe sekarang mo akhir oktober blm nongol2 juga psp 3000 di indonesia…yah… karena fiturnya ga beda jauh ma yang psp 2000, beli yang 2000 aja dehhhh

  28. okii berkata:

    sampe sekarang mo akhir oktober blm nongol2 juga psp 3000 di indonesia…yah… karena fiturnya ga beda jauh ma yang psp 2000, beli yang 2000 aja dehhhh

  29. Ping balik: Beli PSP-3000: Sekarang atau Nanti? « Animaster Talks - Hidup di Era Digital

  30. Suri berkata:

    Wah thanks berat buat animaster..
    pak kalau boelh tny sedikit nih. Kira2 kalau saya beli PS3 atau PSP di ameerika bisa dimainkan gak ya di indo?
    Setahu saya yg beda sih tipe coloka listrik dan voltase nya, namun kalau perbedaannya hanya itu saja kan masih bisa diatasin. Namun dikhawatirkan tidak bisa dimainkan dengan game di Indonesia walaupun original.
    Sebab selisihnya lumayan jauh, utk PS3 bisa selisih 2jutaan dengan harga SONY CENTRE asli amerika itu.
    Thanks..

  31. Suri berkata:

    Wah thanks berat buat animaster..
    pak kalau boelh tny sedikit nih. Kira2 kalau saya beli PS3 atau PSP di ameerika bisa dimainkan gak ya di indo?
    Setahu saya yg beda sih tipe coloka listrik dan voltase nya, namun kalau perbedaannya hanya itu saja kan masih bisa diatasin. Namun dikhawatirkan tidak bisa dimainkan dengan game di Indonesia walaupun original.
    Sebab selisihnya lumayan jauh, utk PS3 bisa selisih 2jutaan dengan harga SONY CENTRE asli amerika itu.
    Thanks..

  32. animaster berkata:

    @Suri
    Setahu saya, untuk PSP dan PS3, Sony menetapkan sistem region (daerah), yang dibagi menjadi 3 jenis yaitu: Asia, USA, dan Eropa. Game original yang dijual di Indonesia kemungkinan besar termasuk region Asia, jadi tidak bisa dimainkan oleh PSP atau PS3 yang anda beli di Amerika.

  33. animaster berkata:

    @Suri
    Setahu saya, untuk PSP dan PS3, Sony menetapkan sistem region (daerah), yang dibagi menjadi 3 jenis yaitu: Asia, USA, dan Eropa. Game original yang dijual di Indonesia kemungkinan besar termasuk region Asia, jadi tidak bisa dimainkan oleh PSP atau PS3 yang anda beli di Amerika.

  34. joshua berkata:

    kenapa psp-2000 gak di tukerin ma psp-3000 di toko ato tuker tambah …………..?
    bisagak yaaaa…….?
    dr joshua

  35. joshua berkata:

    kenapa psp-2000 gak di tukerin ma psp-3000 di toko ato tuker tambah …………..?
    bisagak yaaaa…….?
    dr joshua

  36. animaster berkata:

    @joshua
    Salam kenal. Wah kalau bisa, saya juga mau tukar tambah sih … dengan catatan PSP-3000 sudah bisa memainkan game b*j*k*n. ^^

  37. animaster berkata:

    @joshua
    Salam kenal. Wah kalau bisa, saya juga mau tukar tambah sih … dengan catatan PSP-3000 sudah bisa memainkan game b*j*k*n. ^^

  38. suri berkata:

    Pak animaster, PSP yg dijual kan ada versi japan dan US, itu maksudnya bukannya mereka juga supply dr Luar negeri trus dijual ke indo?
    Saya akhir2 ini berencana mau beli PSP lewat amazone, krn kebetulan ada keluarga mau pulang dr sana.
    Kalau di kota saya mahal sekali bisa hampir 3jt, di amazone br 2jt. (mayan jg 1jt pikir2).
    Tapi saya mau tny2 dulu kira2 bgmn mnrt anda? sebab selama ini saya palingan beli elektronik dr malay dan SG dna bisa dipake di indo, klo amrik lom pernah.

  39. suri berkata:

    Pak animaster, PSP yg dijual kan ada versi japan dan US, itu maksudnya bukannya mereka juga supply dr Luar negeri trus dijual ke indo?
    Saya akhir2 ini berencana mau beli PSP lewat amazone, krn kebetulan ada keluarga mau pulang dr sana.
    Kalau di kota saya mahal sekali bisa hampir 3jt, di amazone br 2jt. (mayan jg 1jt pikir2).
    Tapi saya mau tny2 dulu kira2 bgmn mnrt anda? sebab selama ini saya palingan beli elektronik dr malay dan SG dna bisa dipake di indo, klo amrik lom pernah.

  40. animaster berkata:

    @suri
    Setahu saya, PSP yang dijual di Indonesia (juga Singapura dan Malaysia) itu yang versi Asia (PSP-2006 atau PSP-3006). Jika anda berencana menggunakan Custom Firmware dan memainkan game b*j*k*n, maka PSP dan game dari region manapun tidak masalah, karena anda dapat memainkan semuanya. Tetapi jika anda berencana memakai Official Firmware dan memainkan game original, maka anda harus memperhitungkan region PSP anda, seperti yang telah saya jelaskan di atas.
    PSP milik saya sendiri adalah PSP-2006 dan saya tidak pernah bermasalah dalam memainkan game Jepang, Amerika, maupun Eropa, karena saya menggunakan Custom Firmware. ^^

  41. animaster berkata:

    @suri
    Setahu saya, PSP yang dijual di Indonesia (juga Singapura dan Malaysia) itu yang versi Asia (PSP-2006 atau PSP-3006). Jika anda berencana menggunakan Custom Firmware dan memainkan game b*j*k*n, maka PSP dan game dari region manapun tidak masalah, karena anda dapat memainkan semuanya. Tetapi jika anda berencana memakai Official Firmware dan memainkan game original, maka anda harus memperhitungkan region PSP anda, seperti yang telah saya jelaskan di atas.
    PSP milik saya sendiri adalah PSP-2006 dan saya tidak pernah bermasalah dalam memainkan game Jepang, Amerika, maupun Eropa, karena saya menggunakan Custom Firmware. ^^

  42. Ping balik: DSI « Vincentz23’s Blog

  43. Ping balik: DSI vs PSP 3000 « Vincentz23’s Blog

  44. monchicchi berkata:

    yahhh…. apa daya kalo tak mampu beli psp-3000 mending upgrade aja dari psp-2000 frimware nya ke versi 5.0
    selama masih bisa di pakai (psp-1000/psp-2000) ngapain beli psp-3000???
    toh game nya masih belum begitu bagus di psp…

  45. monchicchi berkata:

    yahhh…. apa daya kalo tak mampu beli psp-3000 mending upgrade aja dari psp-2000 frimware nya ke versi 5.0
    selama masih bisa di pakai (psp-1000/psp-2000) ngapain beli psp-3000???
    toh game nya masih belum begitu bagus di psp…

  46. animaster berkata:

    @monchicchi
    Salam kenal. Ya, menurut saya, hampir tidak ada alasan untuk membeli PSP-3000, terutama apabila anda sudah memiliki PSP-2000. ^^

  47. banker berkata:

    Tolong tanya kalau saya punya PSP tipe 2006 ,dengan official firmware 4.1 , apakah bisa digunakan untuk main game b*j*k*n ?

  48. banker berkata:

    Tolong tanya kalau saya punya PSP tipe 2006 ,dengan official firmware 4.1 , apakah bisa digunakan untuk main game b*j*k*n ?

  49. koko berkata:

    Salam Kenal,
    Saya berencana mau abeli PSP-3000,kebetulan saya lagi ada di Jepang.tapi saya ngga tau persis,Apakah PSP yang saya beli nanti bisa dimainkan di Indonesia,dan kalo saya ngedownload game file(ISO Or CSO)via internet,apa bisa kebaca dan dimainkan.Kira2 rugi ngga beli PSP-3000 sekarang?

    Saya juga berencana mo beli PS3.Di Indonesia bisa diUnlock ngga?berapa biaya Unlockan nya?
    thanks b4

  50. koko berkata:

    Salam Kenal,
    Saya berencana mau abeli PSP-3000,kebetulan saya lagi ada di Jepang.tapi saya ngga tau persis,Apakah PSP yang saya beli nanti bisa dimainkan di Indonesia,dan kalo saya ngedownload game file(ISO Or CSO)via internet,apa bisa kebaca dan dimainkan.Kira2 rugi ngga beli PSP-3000 sekarang?

    Saya juga berencana mo beli PS3.Di Indonesia bisa diUnlock ngga?berapa biaya Unlockan nya?
    thanks b4

  51. animaster berkata:

    Salam kenal juga. ^^
    Yang pasti hingga saat ini PSP-3000 masih belum dapat memainkan game selain dari UMD atau PlayStation Store (PSN). Jika anda mengunduh game dari internet (berupa ISO/CSO), pasti game tersebut tidak bisa dimainkan pada PSP-3000. Informasi lebih lanjut bisa anda lihat pada artikel saya yang lain.
    Tentang PS3, maaf saya tidak bisa membantu, karena saya sendiri belum memiliki mesinnya. ^^ Ada yang bisa membantu?

  52. animaster berkata:

    Salam kenal. Untuk PSP tipe apapun dengan official firmware, anda tidak bisa memainkan game b*j*k*n. ^^

  53. riri211 berkata:

    Mas animaster, gimana caranya supaya PSP-2000ku bisa dipasang Custom Firmware? Tolong bantuannya.

  54. riri211 berkata:

    Mas animaster, gimana caranya supaya PSP-2000ku bisa dipasang Custom Firmware? Tolong bantuannya.

  55. animaster berkata:

    Silakan coba cek di artikel ini. Mungkin anda bisa memberikan detail lebih lanjut mengenai PSP anda, seperti versi firmware apa yg anda gunakan, kapan anda membelinya, dll. ^^

  56. melia berkata:

    knapa ya harga PSP 2000 lebih mahal dari PSP 3000 ? okt 2008, aku beli PSP 2000 harganya masih murah, skrg mo beli lagi udah naek drastis pdahal khan udah ada versi barunya (dari rm 700 jadi rm 1200).
    bagusnya beli type yg mana ?
    PSP bisa di upgrade pake mmc 16 GB g ?
    bisa dimasukin antivirus g ? coz aku suka online pake PSP

  57. melia berkata:

    knapa ya harga PSP 2000 lebih mahal dari PSP 3000 ? okt 2008, aku beli PSP 2000 harganya masih murah, skrg mo beli lagi udah naek drastis pdahal khan udah ada versi barunya (dari rm 700 jadi rm 1200).
    bagusnya beli type yg mana ?
    PSP bisa di upgrade pake mmc 16 GB g ?
    bisa dimasukin antivirus g ? coz aku suka online pake PSP

  58. animaster berkata:

    Harga PSP-2000 naik drastis karena:

    Krisis global – mengakibatkan kacaunya kurs valas dunia
    Produksi PSP-2000 sudah dihentikan dan PSP-3000 belum bisa memainkan game b*j*k*n – mengakibatkan permintaan terhadap PSP-2000 meningkat

    Kalau anda ingin membeli PSP baru, saya sarankan kepada anda untuk menunggu hingga even game E3 di Amerika selesai. Ada sebuah rumor bahwa Sony akan mengumumkan seri PSP baru pada even tersebut.
    Secara teoritis, PSP mendukung Memory Stick PRO Duo hingga 16 GB, tetapi saya sendiri belum pernah mencobanya. PSP saya sendiri hanya menggunakan MS PRO Duo 8 GB.
    Tentang antivirus, anda tidak perlu kuatir. Sistem PSP berbeda dengan PC yang menggunakan Windows dan rentan terhadap virus saat anda online. Setahu saya, belum ada (tidak akan ada?) virus yang bisa menyerang PSP anda karena anda online.
    Saya sendiri suka ber-internet menggunakan PSP karena layar lebarnya yang nyaman untuk membuka halaman situs web. ^^

  59. roni berkata:

    salam kenal animaster, g beli psp 3006 nitip sodara d hongkong, cm g agak kesel jg ni kl d itung2 biaya + pajak td aj g bli d sni, kesel ny blm bs d maenin game b*j*k*n, mgkn anda ato tmen2 ada yg mao tuker guling ma psp gw, paling ga punya anda psp 2000 yg udah bs maen game iso n ga brmslh, psp g br 2 hr yg lalu loh.. (brminat tlp g “roni” k 0216328908 ato sms k 08998941490 – 02199884733)

  60. Shien berkata:

    PSP 3006 uda bisa maen game b*j*k*n tapi tep aza PSP 2000 lebih mahal daripada PSP 3000 (_ _”)

  61. Shien berkata:

    PSP 3006 uda bisa maen game b*j*k*n tapi tep aza PSP 2000 lebih mahal daripada PSP 3000 (_ _”)

  62. buge ara berkata:

    kalau aku punya duit,dah kubeli selusin tuh!!ha..ha..ha….

  63. buge ara berkata:

    kalau aku punya duit,dah kubeli selusin tuh!!ha..ha..ha….

Tinggalkan Balasan

