Akhirnya Lulus Sidang TA!

Sebenarnya tulisan ini lebih sesuai apabila saya menuliskannya 3 hari yang lalu, sebab sidang TA saya telah dilaksanakan 4 hari lalu. ^^;

Sebenarnya, 1-2 hari menjelang sidang, saya merasa sangat tertekan. Saya ingin melakukan banyak hal, tetapi tertahan dengan alasan “masih belum sidang”. Pada saat-saat tersebut, saya juga lebih banyak chatting dengan para pembimbing saya untuk meminta tip dan trik agar bisa menjalani sidang TA ini dengan baik.

Akhirnya, pada hari Rabu, 11 Juni 2008, pukul 12 siang tepat, sidang saya dimulai. Perasaan tegang, cemas, gelisah, dll campur aduk menjadi satu. Pembimbing saya sudah datang, dan 1 dari 3 penguji sudah duduk. Saya disuruh memulai presentasi, walaupun 2 orang penguji saya yang lain belum datang. Kira-kira 5 menit setelah saya presentasi, kedua penguji saya datang. Mereka duduk menatap saya sambil sesekali membaca buku saya.

Presentasi saya akhirnya berakhir 10 menit kemudian, dan tibalah saatnya melakukan pengujian. Tetapi sebelum saya mengajak pembimbing dan penguji saya untuk turun ke lantai 2 untuk pengujian, ketua penguji saya menginterupsi, dan menanyakan sesuatu. Saya lupa pertanyaannya, tetapi yang pasti saya cukup terkejut dengan interupsi tersebut, tetapi syukurlah saya mampu menjawabnya dengan tenang.

Selama pengujian, saya berusaha menjelaskan mengenai step-by-step jalannya aplikasi yang saya buat. Ketua penguji saya malah menyuruh saya menggambarkan prosesnya dalam selembar kertas. Beliau juga menanyakan mengenai contoh rumus yang saya pakai dalam aplikasi tersebut. Saya katakan padanya bahwa saya sudah menyiapkan contoh perhitungannya. Lalu beliau pun mengakhiri sesi pengujian dan mengajak kami untuk kembali ke ruang sidang untuk memulai sesi tanya jawab.

Begitu sesi tanya jawab dimulai, saya langsung ke arah whiteboard dan menuliskan contoh perhitungan dari rumus yang saya pakai. Ketua penguji saya memeperhatikan saya dengan seksama, sambil menanyakan beberapa hal yang ia anggap kurang jelas. Lalu ketua penguji saya mulai menanyakan mengenai hal-hal yang saya jelaskan tetapi tidak ada dalam buku. Ouch! Saya cuma bisa senyum-senyum sambil berkata: “Ya pak, nanti saya tambahkan ke dalam buku.”

Selain itu ketua penguji saya, yang memang terkenal cukup kritis menanyakan mengenai ketidakkonsistenan antara pemakaian rumus untuk input dan output. Nah bagian ini saya tidak bisa menjawab pertanyaannya. ^^

Setelah kira-kira 30-45 menit, sesi tanya jawab selesai dan saya disuruh keluar ruangan sidang karena pembimbing dan penguji akan mendiskusikan kelulusan saya. Ketika itu, saya merasa … cukup plong, karena “fase kritis” sudah terlewati. ^^; Teman-teman saya sudah menunggu di luar, dan mereka langsung menghampiri saya. 5 menit setelah itu, saya dipanggil masuk kembali ke ruang sidang untuk mendengar vonis sidang. Hasilnya? Saya LULUS!! Woo-hoo!!!

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para pembimbing, penguji, keluarga, dan teman-teman yang telah membantu saya selama ini hingga saya bisa menyelesaikan sidang ini dengan baik. Arigatou, minna-san! ^^

Iklan

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Activity, Self dan tag . Tandai permalink.