Instalasi Ubuntu Sukses … Lalu?

Instalasi Ubuntu yang anda lakukan telah berjalan dengan lancar. Setelah itu, umumnya ada beberapa hal yang biasanya anda lakukan terlebih dahulu sebelum mulai menggunakan Ubuntu untuk bekerja. Nah, baru-baru ini saya melakukan instalasi ulang laptop saya. Berikut adalah hal-hal yang saya lakukan setelah sukses dengan instalasi Ubuntu 7.10 Gutsy Gibbon:

Konfigurasi Synaptic Package Manager (APT)

  • Menyalin isi file sources.list asli ke file backup sources.list.backup.
    sudo cp /etc/apt/sources.list /etc/apt/sources.list.backup
  • Mengganti isi file sources.list dengan repositori lokal (server Indonesia).
    sudo gedit /etc/apt/sources.list
  • Saya sendiri menggunakan server Kambing milik UI sebagai repositori, karena kampus saya berada dalam jaringan INHERENT.

Melakukan update menggunakan APT

  • Melakukan update daftar paket yang tersedia dan update-nya.
    sudo apt-get update
  • Melakukan update untuk seluruh paket yang telah terinstalasi (bisa memakan waktu cukup lama, tergantung update yang tersedia dan koneksi internet anda).
    sudo apt-get dist-upgrade

Konfigurasi Compiz Fusion

  • Melalui menu System | Administration | Restricted Drivers Manager, saya mengaktifkan “NVIDIA accelerated graphics driver (latest cards)“.
  • Instalasi tool konfigurasi Compiz Fusion, yaitu “Compiz Config Settings Manager”.
    sudo apt-get install compizconfig-settings-manager
  • Melalui menu System | Administration | Advanced Desktop Effects Settings, saya mengaktifkan efek-efek berikut:
    • Accessibility: Enhanced Desktop Zoom, Negative
    • Desktop: Desktop Cube, Expo, Rotate Cube, Viewport Switcher
    • Effects: Animations, Fading Windows, Window Decoration
    • Extras: Window Previews
    • Image Loading: JPEG, PNG, SVG, Text
    • Utility: Dbus, Regex Matching, Resize Info, Video Playback, Workarounds
    • Window Management: Application Switcher, Extra WM Actions, Move Window, Place Window, Scale, Shift Switcher, Snapping Windows
    • Uncategorized: Resize Window

Instalasi aplikasi pendukung

  • Aplikasi yang menurut saya cukup penting adalah: WINE, AptOnCD, Amarok, MPlayer, VLC
    sudo apt-get install wine aptoncd amarok mplayer vlc

Bagaimana dengan anda? Apa saja yang biasanya anda lakukan setelah melakukan instalasi Ubuntu?

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Linux, Self dan tag , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Instalasi Ubuntu Sukses … Lalu?

  1. Wah, bagus sekali ini mas.
    Saya sebelumnya fedora-user. Tapi berhubung pengen coba ubuntu, seharian ini install ubuntu di komputer (untungnya ada dvd-repository).

    Kayaknya seru nih. Apa yang mas tulis disini, sedikit banyak saya lakukan juga di ubuntu saya.
    Salam kenal.

  2. Wah, bagus sekali ini mas.
    Saya sebelumnya fedora-user. Tapi berhubung pengen coba ubuntu, seharian ini install ubuntu di komputer (untungnya ada dvd-repository).

    Kayaknya seru nih. Apa yang mas tulis disini, sedikit banyak saya lakukan juga di ubuntu saya.
    Salam kenal.

  3. animaster berkata:

    @Leonardo Situmorang
    Salam kenal juga. Saya turut senang, artikel saya bisa membantu anda.

  4. animaster berkata:

    @Leonardo Situmorang
    Salam kenal juga. Saya turut senang, artikel saya bisa membantu anda.

Tinggalkan Balasan

