Nikmatnya Koneksi INHERENT Untuk Distribusi Linux

Beberapa saat lalu, kampus saya melakukan kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia melalui ikatan kerja sama jaringan, yang disebut INHERENT. Apa itu INHERENT? Berikut adalah penjelasan singkat mengenai INHERENT, dikutip dari situs DIKTI (Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi):

“Inherent adalah jaringan komunikasi data tertutup antar perguruan tinggi di Indonesia. Pada tahap awal (2006) telah terbangun interkoneksi 32 localnode yang berada di perguruan-perguruan tinggi di ibu-ibu kota propinsi di Indonesia serta kantor Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.”

INHERENT selama ini digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas yang melibatkan beberapa perguruan tinggi, seperti video conference, e-learning, dll.

Beberapa hari lalu, kampus saya mulai tergabung ke dalam jaringan tersebut. Imbasnya? Saya kini bisa mengunduh update paket-paket Ubuntu saya dengan kecepatan tinggi via mirror Kambing (UI) dan Kebo (ITS) yang juga telah tergabung dalam INHERENT. Selain itu, saya juga bisa mengunduh CD image beberapa distro Linux yang ingin saya coba, dengan lebih cepat. 😀

Lihat juga post saya mengenai mirror repositori lokal untuk Ubuntu.

Jaringan INHERENT di Indonesia

Luas: Jaringan INHERENT di Indonesia

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Activity, Linux, Networking, Self dan tag , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Nikmatnya Koneksi INHERENT Untuk Distribusi Linux

  1. adi@horizon berkata:

    oooooooooh dimataram juga ada inherent to,
    besok gw priksa dech, he…hee kalo bener lumayhan buat ngunduh iso linux ubuntu 8.10 yg gw idam-idamkan
    thank’s bro for the information

  2. adi@horizon berkata:

    oooooooooh dimataram juga ada inherent to,
    besok gw priksa dech, he…hee kalo bener lumayhan buat ngunduh iso linux ubuntu 8.10 yg gw idam-idamkan
    thank’s bro for the information

  3. animaster berkata:

    @adi-horizon
    Salam kenal.

  4. animaster berkata:

    @adi-horizon
    Salam kenal.

  5. Ping balik: Dengan Jaringan Inherent DIKTI, Penyebaran dan Penggunaan GNU/Linux FOSS Lebih cepat dan Merata di Indonesia « Catatan Bytescode

Tinggalkan Balasan

