Bluetooth Applet Pada Ubuntu 7.10 Gutsy

Bluetooth Applet
Si Gigi Biru: Bluetooth Applet untuk membantu konfigurasi Bluetooth

Bagi anda yang telah melakukan instalasi Ubuntu 7.10 Gutsy Gibbon pada notebook yang memiliki fitur Bluetooth, tentunya anda pernah melihat ikon Bluetooth pada system tray anda. Ini adalah tanda bahwa fitur Bluetooth anda telah aktif. Lalu bagaimana caranya membuat koneksi antara notebook dengan perangkat Bluetooth lain yang anda miliki?

Konfigurasi Bluetooth Applet
Ikon: Tanda bahwa Bluetooth telah aktif

Pertama, kita akan melakukan konfigurasi terhadap perangkat Bluetooth yang terdapat pada notebook.

  1. Klik kanan pada ikon Bluetooth yang ada pada system tray. Pilih Preferences.
  2. Pada Mode of Operation, pilih mode 2 yaitu Visible and connectable for other devices, agar Bluetooth pada notebook anda bisa dideteksi oleh perangkat Bluetooth yang lain.
  3. Pada slider Make adapter invisible after, anda dapat menggeser slider untuk mengatur berapa lama Bluetooth pada notebook anda bisa terdeteksi.
  4. Isi Adapter Name dengan nama yang akan anda pakai untuk “memperkenalkan” Bluetooth notebook pada perangkat lain.
  5. Pada Class of device, pilih Laptop computer.
  6. Bonded devices berisi perangkat-perangkat Bluetooth yang sudah pernah melakukan koneksi ke perangkat Bluetooth pada notebook anda.

Konfigurasi Bluetooth Applet
Sederhana: Pilihan konfigurasi Bluetooth pada Bluetooth Applet

Selesai dengan konfigurasi, sekarang kita coba melakukan koneksi ke perangkat Bluetooth lain. Kali ini, saya mencoba melakukan koneksi ke Nokia N70 milik seorang teman saya. Saya meng-klik kanan pada ikon Bluetooth di system tray, dan saya pilih Browse Device …. Window Browse Devices akan tampil. Pastikan perangkat Bluetooth yang ingin anda koneksikan telah aktif. Pilih perangkat Bluetooth yang akan anda koneksikan, lalu klik Connect. Muncul sebuah pesan kesalahan “obex://[00:0c:5a:02:5d:7f]” is not a valid location“. Hmm … obex merupakan singkatan dari “Object Exchange”. Apakah mungkin protokol obex Bluetooth belum didukung pada Gutsy?

Setelah melakukan Googling, secara mengejutkan, saya memperoleh solusi yang cukup cepat dan tepat terhadap masalah ini pada Ubuntu Forums. Bagaimana solusinya? Ternyata kita perlu melakukan instalasi paket gnome-vfs-obexftp. Ketikkan perintah berikut pada terminal:

sudo apt-get install gnome-vfs-obexftp

Lakukan lagi koneksi ke perangkat dengan Browse Device …, dan VOILA! Anda sukses melakukan koneksi dengan perangkat Bluetooth. ^^

Iklan

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Linux, Networking dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s