Tips Mempercepat OpenOffice

Kemampuan OpenOffice memang tidak perlu diragukan lagi. Fitur yang dimiliki OpenOffice tidak kalah lengkap dibandingkan aplikasi sejenis yang komersial. Tetapi mungkin banyak di antara para pemakai OpenOffice yang merasa terganggu dengan performa aplikasi OpenOffice ini (termasuk saya ^^;), mulai dari waktu startup lambat hingga kurang responsifnya aplikasi. Berikut ini adalah tips kecil untuk mempercepat kinerja OpenOffice sehingga aplikasi akan berjalan dengan lebih mulus. Syaratnya, komputer atau laptop anda minimal memiliki RAM (memori) sebesar 256 MB. Lalu?

Jalankan salah satu aplikasi OpenOffice, misalnya OpenOffice Writer. Masuk ke menu Tools | Options | Memory. Pada form isian yang disediakan di sana, saya memasukkan nilai-nilai berikut:

Open Office - Tweak 1
Memory: Tweak penggunaan memori untuk mempercepat OpenOffice

Anda bisa juga mencentang “Enable systray Quickstarter” agar aplikasi OpenOffice bisa dibuka dengan lebih cepat. Satu-satunya efek samping dari opsi ini adalah waktu booting ke dalam desktop akan sedikit lebih lama, karena OpenOffice akan di-load ke memori pada saat itu. Anda akan melihat logo OpenOffice pada tray anda.

Open Office - Quickstarter
Quickstart: Ikon OpenOffice pada system tray di Ubuntu 7.10 Gutsy saya

Selamat mencoba dan rasakan pertambahan kecepatannya! ^^;

Sumber: Majalah Linux Online Baliwae

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Linux dan tag , , , , . Tandai permalink.

8 Balasan ke Tips Mempercepat OpenOffice

  1. hasanuddin berkata:

    mas, kok gambarnya tidak kelihatan, hanya terlihat tulisan “Open Office – Tweak 1” dan “Open Office -Quickstarter”?

  2. hasanuddin berkata:

    mas, kok gambarnya tidak kelihatan, hanya terlihat tulisan “Open Office – Tweak 1” dan “Open Office -Quickstarter”?

  3. animaster berkata:

    @hasanuddin
    Maaf, beberapa saat lalu account image hosting saya bermasalah. Sekarang anda sudah bisa melihat gambar-gambarnya khan? ^^

  4. animaster berkata:

    @hasanuddin
    Maaf, beberapa saat lalu account image hosting saya bermasalah. Sekarang anda sudah bisa melihat gambar-gambarnya khan? ^^

  5. opotho berkata:

    mas punyaku ga bisa di centang “Enable systray Quickstarter” nya kenapa ya ? saya pake open office 2.2.1 mandriva 2008

  6. opotho berkata:

    mas punyaku ga bisa di centang “Enable systray Quickstarter” nya kenapa ya ? saya pake open office 2.2.1 mandriva 2008

  7. animaster berkata:

    @opotho
    Mungkin RAM anda di bawah 196 MB atau memang OpenOffice 2.2.1 tidak lagi mendukung fitur ini. Saya akan mencobanya di Ubuntu 8.04, nanti saya akan konfirmasikan hal tersebut.

  8. animaster berkata:

    @opotho
    Mungkin RAM anda di bawah 196 MB atau memang OpenOffice 2.2.1 tidak lagi mendukung fitur ini. Saya akan mencobanya di Ubuntu 8.04, nanti saya akan konfirmasikan hal tersebut.

Tinggalkan Balasan

