Pengalaman Kunjungan ke SCOMDEX 2007

Hari Sabtu kemarin, saya akhirnya pergi ke SCOMDEX 2007. Saat itu, cuaca mendung sedang menghampiri daerah Gedung Jatim Expo, tempat penyelenggaraan pameran ini. Setelah terjebak kemacetan selama kurang lebih setengah jam, akhirnya kami masuk ke kompleks Jatim Expo. Kami memilih untuk tidak parkir di lapangan parkir, karena takut nantinya hujan turun. Kami pun masuk ke parkir basement.

Sesampainya di tempat parkir basement ini, kesan pertama saya adalah …. semrawut. Hampir semua mobil parkir secara serampangan. OK … setelah memarkirkan mobil, kami pun menuju ke pintu masuk hall tempat pameran berlangsung. Saya melihat ada pameran (atau lomba?) DOMO, Audition AyoDance, dan DoTA di dekat pintu masuk. Setelah membeli tiket masuk yang cukup murah (Rp 2.000), kami pun masuk ke dalam ruangan pameran.

Megah dan cukup dingin. Itulah deskripsi singkat saya saat berada di dalam pameran. Ruang yang dipakai oleh SCOMDEX 2007 ini sekitar 50% lebih besar daripada gedung AJBS, tempat biasanya pameran komputer digelar di Surabaya. Di samping itu, AC yang digunakan juga lebih sejuk dibandingkan dengan di AJBS. Hmm … panitia SCOMDEX 2007 rupanya membuat pilihan tepat dengan menyelenggarakannya di gedung Jatim Expo – meskipun tempat parkirnya cukup memprihatinkan.

Sebagian besar partisipan SCOMDEX 2007 adalah “muka lama”. Retailer besar macam Bandung Komputer, M&C, dan toko-toko komputer di Hi-Tech Mall kembali turut serta dalam pameran ini. Kebanyakan dari stan SCOMDEX 2007 ini menjual laptop, dengan berbagai spesifikasi dan harga untuk berbagai kelas konsumen. Brand ternama macam Fujitsu, Sony, Toshiba, HP-Compaq, Acer, Lenovo, dan brand lokal macam Zyrex, A-Note, serta Axioo juga turut meramaikan persaingan penjualan laptop.

Ada pula beberapa stan yang tampaknya tampil sebagai “newcomer” dalam pameran ini – atau paling tidak, saya tidak pernah melihatnya dalam pameran-pameran sebelumnya. Para pendatang baru ini antara lain: Dynamis, yang dalam pameran ini menjual produk-produk laptop Fujitsu, dan Altec Lansing (nama stannya lupa) yang menurut saya cukup jarang mengikuti pameran.

Bagi yang mempertimbangkan untuk membeli storage eksternal, ada penawaran menarik dalam pameran ini. Beberapa toko menjual HDD eksternal Western Digital (WD), lengkap dengan enclosure-nya (Element). Untuk kapasitas 160 GB, produk ini ditawarkan seharga Rp 990.000, sedangkan untuk kapasitas 120 GB …. saya lupa harganya. ^^;

Tujuan utama saya ke SCOMDEX 2007 ini adalah mencari printer, tetapi bukan printer biasa, melainkan printer modifikasi. Bagi anda yang tidak tahu, printer modifikasi – biasa disebut printer infus – adalah printer yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa, sehingga printer tersebut menggunakan semacam selang infus yang dihubungkan dengan botol-botol tinta yang sudah disediakan. Dengan kata lain, printer tersebut tidak lagi menggunakan cartridge, melainkan menggunakan botol tinta (4 warna: hitam, merah, hijau, biru) sebagai sumbernya.

Beberapa penawaran pun mulai saya pertimbangkan. Salah satu yang menarik adalah printer Epson C58 dan C90 modifikasi. Tapi ada yang aneh …. mengapa harga C58 lebih murah daripada C90, padahal C90 unggul segala-galanya dibandingkan C58. Setelah mencaritahu lebih lanjut, ternyata penyebabnya adalah: C58 sudah tidak lagi diproduksi dan stok C90 saat ini sedang melimpah. Hmmm …. tampaknya ini waktu yang tepat untuk membeli C90!

Setelah kurang lebih berjalan sekitar 1 jam, kami akhirnya memutuskan untuk mengakhiri “kunjungan” ini. Di akhir kunjungan ini, kami sempat menyaksikan ketangguhan 2 buah kartu grafis ATI Radeon HD2900 yang memakai fitur “CrossFire” yang sedang menjalankan aplikasi benchmark 3DMark05. Wow! Tampilannya sungguh halus dan framerate-nya pun tinggi. Saya jadi teringat dengan kartu grafis lama saya, ATI Radeon 9800 Pro yang hanya mampu menjalankan aplikasi 3DMark05 itu dengan framerate sekitar 3-5 fps. -_-; Anyway, akhirnya kami pun pulang dari pameran tersebut.

Iklan

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Self, Technology. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s